Rumah tanpa adanya tanaman hias mungkin akan terasa hampa. Mulai dari tanaman berbunga, berdaun, merambat, hingga yang memiliki manfaat menyegarkan udara, menjadi penyegar pandangan saat di rumah.

Tapi hati-hati, Bela, karena tak semua tanaman hias cocok untuk ada di rumahmu. Baik itu karena ukuran maupun bahaya yang mengintai. Di antaranya adalah beberapa tanaman hias ini yang dapat sebabkan alergi entah itu gatal, bersin, sesak nafas, iritasi, maupun gejala lainnya.

Untuk mencegah kamu memilih tanaman hias yang salah dan berdampak kurang baik bagi kesehatanmu, simak 10 tanaman hias yang dapat sebabkan alergi berikut ini, ya!

1. Krisan

Hati-Hati! 10 Tanaman Hias Ini Malah Bisa Sebabkan Alergipixabay.com

Bunga krisan yang cantik selalu menjadi primadona tanaman hias di rumah. Eits, tapi tunggu dulu, di balik kecantikkannya, ternyata bunga krisan juga berpotensi menyebabkan alergi. Pasalnya, bunga tersebut mudah berdebu dan menghasilkan banyak serbuk sari yang mudah terbawa angin. Jurnal Allergy mengatakan kalau krisan merupakan penyebab utama alergi pada karyawan yang bekerja di rumah kaca.

2. Aster

Hati-Hati! 10 Tanaman Hias Ini Malah Bisa Sebabkan Alergietsy.com

Bunga warna-warni asal Tiongkok ini sangat indah dipajang di rumah, bahkan bisa tumbuh dan mekar di berbagai musim. Tapi sayangnya, bunga ini juga tergolong dalam tanaman hias yang menyebabkan alergi. Penyebabnya adalah adanya senyawa penyebab iritasi dalam getah bunga aster. Kamu yang memiliki kulit sensitif disarankan untuk tidak menanamnya, ya, karena getahnya bisa menyebabkan dermatitis atau sejenis ruam kulit.

3. Iris

Hati-Hati! 10 Tanaman Hias Ini Malah Bisa Sebabkan Alergiwhiteflowerfarm.com

Memiliki arti pelangi dalam bahasa Yunani, tanaman iris juga bermanfaat menyerap zat polutan yang dapat menjernihkan air. Namun, karena ia masuk dalam daftar ini maka pastinya tanaman satu ini berpotensi menyebabkan alergi. Senyawa irisin yang terdapat dalam tanaman ini dapat memicu gatal, kemerahan, bahkan menyebabkan sensasi panas menyengat jika bersentuhan pada kulitmu. Wah, harus hati-hati, nih!

4. Hyacinthus

Hati-Hati! 10 Tanaman Hias Ini Malah Bisa Sebabkan Alergigardenia.net

Kamu pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak menanam tanaman cantik berbentuk lonceng satu ini. Karena meski indah dan harum, tanaman asal dataran Mediterania dan Afrika ini bisa menimbulkan alergi pada kulit.  

Di dalam tanaman berbunga abadi ini, terdapat kristal oksalat yang mampu melukai permukaan kulit. Kristal tersebut mudah diterbangkan oleh angin, sehingga ruam sangat mungkin muncul secara tiba-tiba pada kulit yang sensitif.

5. Palem

Hati-Hati! 10 Tanaman Hias Ini Malah Bisa Sebabkan Alergiwhiteflowerfarm.com

Tanaman palem memang indah untuk menambah kesan tropis mediterania di rumah. Namun, kamu harus benar-benar berhati-hati dalam merawatnya. Tanaman palem atau Arecaceae berpotensi menyebabkan alergi, tepatnya tanaman palem jantan sebab mereka mengeluarkan serbuk sari.

Jika kamu ingin menjadikan tanaman palem sebagai tanaman hias indoor sebaiknya pilih tanaman palem betina saja, ya. Jenis ini tidak menyebabkan alergi dan daunnya lebih halus dan ramping sehingga bebas jamur serta tidak menarik debu.

6. Kuping Gajah

Hati-Hati! 10 Tanaman Hias Ini Malah Bisa Sebabkan Alergifleurdirect.nl

Berikutnya ada tanaman Anthurium atau kuping gajah. Tanaman yang masih satu keluarga dengan aglonema ini, memiliki senyawa yang cukup mengkhawatirkan di daun dan batangnya. Daun dan batang dari kuping gajah mengandung kalsium oksalat yang apabila terkena kulit dan mulut karena dapat menyebabkan gatal-gatal hingga pembengkakan. Jadi, kamu harus hati-hati jika berada di dekatnya.

7. Bonsai

Hati-Hati! 10 Tanaman Hias Ini Malah Bisa Sebabkan Alergistonelantern.com

Sepintas tanaman bonsai biasa-biasa saja malah terlihat unik. Meski benar, namun kali ini kamu harus lebih berhati-hati untuk memilihnya sebagai tanaman hias di rumahmu. Ada satu jenis bonsai yang perlu dihindari, yakni bonsai Juniper.

Mengutip dari Allergy & Asthma Network, bonsai juniper menghasilkan serbuk sari yang dapat menyebabkan gejala mirip flu yang parah. Terlebih jika serbuk sari juniper terbang ke mana-mana. Maka dari itu, kamu disarankan untuk memilih jenis lain yang lebih aman.

8. Adas Sowa

Hati-Hati! 10 Tanaman Hias Ini Malah Bisa Sebabkan Alergipinterest.com/shopie allen

Adas sowa atau Dill merupakan tanaman yang mengeluarkan bau yang cukup menyengat. Tanaman dengan bunga berwarna kuning ini mudah ditemukan di Pulau Jawa. Bunga adas sowa ternyata banyak dijadikan sebagai bumbu dapur dan pelengkap masakan bahkan obat.

Tapi perlu diketahui, tanaman ini juga dapat memancing reaksi alergi yang disebabkan oleh cairan yang ada di dalamnya. Cairan tersebut dapat menyebabkan gatal dan kemerahan pada kulit.

9. Ficus

Hati-Hati! 10 Tanaman Hias Ini Malah Bisa Sebabkan Alergiflickr.com/endenizen

Genus dari semua pepohonan Ara ini memang umum dijadikan tanaman hias indoor. Tapi, getah pada daunnya akan menciptakan alergen kuat apabila bereaksi dengan debu. Kamu yang alergi terhadap lateks sebaiknya menjauhinya. Hal ini karena ficus memiliki kemiripan struktur dengan protein lateks. Jenisnya yang bisa kamu hindari adalah pohon beringin ataupun pohon karet.

10. Oleander

Hati-Hati! 10 Tanaman Hias Ini Malah Bisa Sebabkan Alergifashion-kitchen.com

Meski cantik, tanaman oleander bukanlah tanaman yang cocok kamu letakkan di dalam ruangan terlebih kamu yang memiliki hewan peliharaan. Menurut Canadian Biodiversity Information Facility, tumbuhan ini sangat beracun dan bahkan satu daun pun bisa mematikan bagi manusia atau hewan peliharaan.

Tanaman oleander mengandung senyawa kimia yang mematikan. Senyawa ini dapat menyebabkan efek yang kuat pada jaringan jantung, hingga berujung pada kematian jika dimakan. Nah, kamu yang pernah percaya pada opini bahwa bunga ini bisa menyembuhkan COVID-19 jangan dipercaya, ya, karna bukannya menyembuhkan namun malah membahayakan.

Itu dia 10 jenis tanaman hias yang bisa sebabkan alergi dan berbahaya. Daripada bersin-bersin diduga COVID-19, tapi justru karena salah pilih tanaman yang beralergi, jangan sampai salah pilih lagi, ya, Bela.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias yang Tidak Mudah Mati dan Minim Perawatan

Baca Juga: Cara Menyimpan Tanaman di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Baking Soda untuk Tanaman yang Wajib Kamu Ketahui