Drama Korea merupakan hiburan yang begitu diminati berbagai kalangan mulai dari orang tua hingga para remaja. Cerita yang menarik, aktor dan aktris yang menawan secara visual maupun akting, membuat drama Korea menjadi incaran untuk menghibur diri.

Menyelipkan kisah slice of life hingga kehaluan yang terasa nyata, banyak drama Korea yang meraih rating tinggi dari para penontonnya. Sebut saja Crash Landing on You, Goblin, Descendants of The Sun, Reply Series, dan Hospital Playlist.

Selain aktor dan ceritanya, yang menarik adalah durasi drama Korea. Berbicara tentang durasi, kali ini Popbela telah merangkum drama Korea dengan rating tinggi yang memiliki durasi 30 menit per episodenya. Berikut 10 rekomendasi drama Korea rating tinggi berdurasi 30 menit per episode berdasar MyDramaList.

1. While You Were Sleeping (2017)

https://www.youtube.com/embed/8--Jj-iA0TY

Rating: 8.7/10 (32 episode)

While You WereSleeping dibintangi Lee Jong Suk, Bae Suzy dan Jung Haein, drama ini menjadi primadona saat penayangannya. Mengusung genre drama romantis dan fantasi, While You Were Sleeping bercerita tentang Nam Hong Joo (Bae Suzy) yang mempunyai kemampuan spesial, yaitu dia bisa memprediksi kejadian di masa depan lewat mimpi.

Nam Hong Joo biasanya melihat peristiwa malang yang akan menimpa seseorang. Lalu datanglah Jung Jae Chan (Lee Jong Suk) seorang jaksa muda yang berusaha mencegah mimpi yang dialami Nam Hong Joo menjadi kenyataan. Tapi seiring berjalannya waktu, dia pun akan memiliki kemampuan unik tersebut.

Lalu mereka bertemu juga dengan Han Woo Tak (Jung Hae In) yang berstatus sebagai polisi muda. Ia ternyata juga bisa melihat masa depan setelah mengalami insiden kecelakaan. Mereka pun bekerja sama memecahkan misteri dan mencegah peristiwa nahas.

Hati-hati, drama ini bisa membuatmu terserang second lead syndrome!

2. Children of Nobody (2018)

https://www.youtube.com/embed/RvKrBGuFsFs

Rating: 8.6/10 (32 episode)

Children of Nobody mengisahkan Cha Woo- Kyung (Kim Sun-A) yang bekerja sebagai konselor anak. Hidupnya amat sempurna, ia amat menikmati pekerjaannya dan menikah dengan pria yang penyayang dan baik, serta tengah mengandung anak keduanya.

Lalu, suatu kecelakaan mengubah hidup Cha Woo-Kyung yang membuatnya menghadapi berbagai insiden dan mencoba untuk menggali kebenaran. Sementara itu, Kang Ji-hun (Lee Yi-Kyung) bekerja sebagai seorang detektif, yang berpedoman bahwa penjahat harus dihukum sepenuhnya oleh penegak hukum.

Namun, ia sendiri juga menahan rasa sakit di dalam dirinya dari masa lalunya yang dia sembunyikan. Masa lalu pahit apa yang disembunyikan oleh Kang Ji-hun? Lalu insiden apa yang mengubah Cha Woo-Kyung? Ayo, segera tonton, ya, Bela.

3. 365: Repeat the Year (2020)

https://www.youtube.com/embed/XOqOBJpqVX0

Rating: 8.6/10 (24 Episode)

Dibintangi oleh Nam Ji Hyun, Lee Joon Hyuk dan Kim Jee Soo, 365: Repeat The Year menceritakan perjalanan waktu dan misteri di baliknya. Ini berkisah tentang sepuluh orang yang mendapatkan kesempatan untuk kembali ke masa satu tahun, tetapi situasi misterius yang tak terduga mulai muncul ketika nasib mereka diubah atau diatur ulang.

Ji Hyung Joo (Lee Joon Hyuk) adalah seorang detektif di divisi kejahatan kekerasan. Dia dulunya adalah bagian dari polisi lalu lintas, tetapi dipromosikan ketika dia menangkap seorang buronan dan sudah berjalan selama tujuh tahun. Dia adalah individu berbakat yang selalu tahu cara bersantai.

Meskipun pada awalnya dia senang memiliki kesempatan untuk kembali ke masa satu tahun dan "mengatur ulang" hidupnya, namun ia mulai mencari kebenaran di balik itu semua ketika serangkaian peristiwa misterius menimpa sekelompok orang yang dia ajak kembali ke masa lalu.

4. Thirty But Seventeen (2018)

https://www.youtube.com/embed/LdOmkZpd3x0

Rating: 8.5/10 (32 episode)

Dipenuhi pemeran visual, Thirty But Seventeen menjadi salah satu drama yang direkomendasikan untukmu. Drama yang ringan dan sesekali bisa membuatmu tertawa hingga larut sedih.

Berkisah tentang Woo Seo Ri (Shin Hye Sun), seorang ahli biola berusia 17 tahun yang akan belajar di Jerman, dalam perjalanan ke sebuah tempat, ia mengalami kecelakaan bus dan mengalami koma saat bangun 13 tahun kemudian. Secara mental dia masih berusia 17 tahun, sementara secara fisik dia sekarang berusia 30 tahun.

Karena trauma yang dialami 13 tahun sebelumnya, Gong Woo Jin (Yang Se Jong) tidak ingin menjalin hubungan dengan orang lain. ia merasa menjadi seorang yang bertanggung jawab atas kecelakaan seorang temannya.

Mereka memiliki kesamaan di mana hidupnya ‘berhenti’ ketika mereka berusia 17 tahun. Oleh suatu hal, kedunya dipertemukan dan saling bekerja sama untuk mencoba dan membuka pintu kebahagiaan yang pernah mereka pikir telah tertutup bagi mereka.

5. Angel’s Last Mission: Love (2019)

https://www.youtube.com/embed/wQhnRxaSb3U

Rating: 8.5/10 (32 episode)

Masih diperankan oleh Shin Hye Sun, di Angel’s Last Mission: Love ia berperan sebagai balerina profesional, Lee Yeon Seo, yang harus kehilangan penglihatannya dan melepas mimpinya karena insiden setelah ia perform.

Ia seorang yang sinis dan arogan, setelah kematian mendadak orangtuanya, dia tidak memercayai siapapun dan mencintai siapapun. Ini karena ada banyak orang yang mengintai di sekitarnya dan uang warisannya.

Suatu hari ia bersama sekretaris kepercayaan ayahnya yang selama ini merawatnya mengalami kecelakan yang membuat keduanya hampir kehilangan nyawa. Sang sekretaris benar-benar tewas dalam kecelakaan tersebut, tapi Lee Yeon Seo dengan beruntung ditolong oleh seorang malaikat, Kim Dan.

Karena itu, Kim Dan pun tak bisa pulang ke surga dan harus menyelesaikan misi untuk menemukan cinta sejati sang balerina berbakat yang arogan yang telah ia tolong itu. Bagaimana perjalanan hidup Lee Yeon Seo dan Kim Dan?

6. Splash Splash Love (2015)

https://www.youtube.com/embed/N701Sv9nHhk

Rating: 8.5/10 (2 episode)

Splash Splash Love juga turut dalam daftar karena mendapat rating yang cukup tinggi. Bercerita tentang Dan Bi, seorang siswa SMA yang benci pada matematika. Suatu hari ia mengambil ujian KSAT untuk kuliah, namun memilih kabur ke taman bermain.

Hujan pun datang, ia tidak sengaja masuk ke dalam suatu kubangan air yang membawanya ke masa lalu, tepatnya di Kerajaan Joseon, yang menderita kekeringan parah. Dia bertemu Raja Leedo yang ingin belajar matematika dan menjadi pengajarnya.

Di era itu, Dan Bi membantu Raja membuat banyak sejarah hingga keduanya jatuh cinta. Penasaran bagaimana keseruan Dan Bi?

7. I’m Not a Robot (2017)

https://www.youtube.com/embed/6gVPM3dGVoU

Rating: 8.5/10 (32 Episode)

Drama ini bercerita tentang Kim Min Kyu (oleh Yoo Seung Ho), seorang jenius sekaligus pemegang saham utama dari KM Financial, perusahaan keuangan terbesar di Korea. Min Kyu diceritakan memiliki 'alergi' dengan sesama manusia. Ia bisa terkena ruam saat bersentuhan dengan manusia, alhasil ia pun tidak pernah berpacaran selama hidupnya.

Min Kyu memesan sebuah robot kepada profesor Hong Baek Kyung (Uhm Ki Joon) untuk menjadi pelayannya. Profesor Hong merancang sebuah robot bernama Aji-3 yang ternyata mirip sang mantan, Jo Ji Ah (Chae Soo Bin).

Mengetahui wajahnya dibuat menjadi robot, Ji Ah pun marah. Namun, suatu ketika, Aji-3 mengalami kerusakan di hari ia harus di antar. Profesor Hong pun meminta Ji Ah untuk berpura-pura menjadi Aji-3 dengan iming-iming sejumlah uang.

Ji Ah pun akhirnya setuju, lantas bagaiman kehidupan Ji Ah sebagai robot? Akankah ia ketahuan? Bagaimana nasib Min Kyu? So, langsung saja ditonton, ya, Bela.

8. Doctor John (2019)

https://www.youtube.com/embed/BAx5W5vMTzM

Rating: 8.5/10 (32 episode)

Dibintangi Ji Sung, Doctor John adalah drama medis tentang dokter yang berspesialisasi dalam manajemen nyeri. Drama ini menggambarkan pencarian para dokter untuk penyebab rasa sakit misterius pasien mereka yang cukup mendebarkan, seperti seorang detektif yang memburu pelaku di balik kejahatan yang belum terpecahkan.

Cha Yo Han (Ji Sung) adalah seorang ahli anestesi jenius, yang juga profesor termuda di sekolah kedokterannya. Ia diberi julukan "10 Detik," karena kemampuannya untuk mendiagnosis pasiennya dalam 10 detik.

Kang Shi Young (Lee Se Young) adalah ahli anestesi legendaris, yang selalu menjadi yang teratas di kelasnya di seluruh sekolah kedokteran. Dokter mewarisi keterampilannya dari ibunya yang berkepala dingin dan rasional, serta rasa empati, keterampilan mendengarkan, dan sikap hangatnya dari sang ayah.

9. Extraordinary You (2019)

https://www.youtube.com/embed/Fqj4UJfHW6w

Rating: 8.4/10 (32 Episode)

“Haru-ya” satu kata yang walaupun dibaca bisa terdengar suaranya. Extraordinary You menjadi drama yang banyak dibincangkan pada 2019 lalu. Drama ini membuka sisi lain dari Kim Hye Yoon yang ceria setelah perannya yang menyebalkan di drama Sky Castle.

Drama ini juga membuatmu terserang second lead syndrome dan membelah penonton menjadi dua kubu. Extraordinary You berkisah tentang Eun Dan Oh adalah seorang siswa SMA berusia 17 tahun dari keluarga kaya yang menderita penyakit jantung seumur hidup dan sedang sekarat. Ia bertunangan dengan Baek Kyung (Lee Jae Wook) yang dingin.

Namun, suatu ketika ia menyadari bahwa dirinya adalah karakter dalam webtoon Korea dan semua tindakannya ditentukan sebelumnya oleh artis yang menggambarnya. Lebih buruk lagi, dia menemukan dia hanya karakter pendukung.

Dengan pemahaman barunya tentang dunia yang dia huni, dia bertekad untuk menemukan cinta sejati dalam alur ceritanya sendiri dan menghindari rencana penulis untuk karakternya. Ia pun bertemu dengan karakter tambahan lain bernama Haru (Rowoon SF9). Bagaimana kisah Eun Dan Oh selanjutnya?

10. Come and Hug me (2018)

https://www.youtube.com/embed/dAMUccfP5d4

Rating: 8.4/10 (32 episode)

Kamu yang masing ter-Kiyong-Kiyong, bisa menonton drama Jang Kiyong satu ini. Beradu akting dengan Jin Ki Joo, Come and Hug Me mengisahkan kisah cinta tragis yang berlangsung selama 12 tahun.

Yoon Na Moo (Jang Kiyong) dan Gil Nak Won (Jin Ki Joo) merupakan teman masa kecil dan merupakan cinta pertama satu sama lain. Mereka terpaksa berpisah ketika ayah Na Moo, Yoon Hee Jae, seorang pembunuh berantai psikopat, membunuh orang tua Nak Won.

9 tahun kemudian Yoon Na Moo dikenal sebagai Chae Do Jin, seorang detektif pemula yang bersemangat dan baik hati yang ingin menebus kesalahan atau dosa ayahnya. Sementara, Gil Nak Won berganti nama menjadi Han Jae Yi, seorang calon aktris yang mengikuti jejak ibunya.

Dia menderita gangguan panik tetapi masih memiliki pandangan hidup yang baik. Namun, kesedihan masa lalu mereka muncul kembali dan pertemuan singkat mereka berakhir sebelum dimulai.

Tiga tahun kemudian, Jae Yi telah menjadi aktris populer dan Do Jin menjadi detektif berpengalaman. Ketika nasib mereka terhubung sekali lagi, akankah cinta mereka terbukti lebih kuat dari masa lalu mereka?

Itulah 10 rekomendasi drama Korea rating tinggi, yang berdurasi 30 menit per episode. Siap nonton maraton?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Komedi Ringan Hanya 30 Menit per Episode

Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Episode Pendek dengan Rating Tinggi

Baca Juga: Ada 'Police University', Ini 11 Drama Korea Terbaik Bertema Kepolisian