Bersepeda kembali mulai banyak dilirik menjadi gaya hidup sehat, sejak memasuki era pandemi. Berbagai merek sepeda pun menjadi sasaran masyarakat untuk memilikinya. Salah satu sepeda yang booming beberapa waktu lalu adalah Brompton.

Mereka yang memilikinya akan terlihat ‘wah’ karena sepeda tersebut memiliki harga yang tak main-main. Bukan sekadar sepeda lipat biasa, Brompton memiliki alasan tersendiri mengapa harganya fantastis.

Seperti yang diketahui para pesepeda, harga standarnya sepeda Brompton saja bisa dimulai dari Rp33 juta hingga Rp34 juta. Saat mereka sedang populer kemarin, harganya tembus Rp40 juta hingga Rp60 juta.

Mengapa harga sepeda Brompton bisa mahal? Bagaimana dengan kelebihannya? Berikut penjelasannya.

1. Hand made, Brompton hasilkan sepeda yang presisi dan rapi

Pernah tembus Rp60 Juta, Ini Mengapa Sepeda Brompton Bisa Mahalid.brompton.com

Sepeda asal Inggris ini memiliki alasan utama yang membuatnya mahal, yaitu hand made atau buatan tangan. Para pencinta sepeda pun mengakui hal ini. Rangka sepeda Brompton dibuat dengan tangan di Inggris, oleh pekerja Inggris yang pasti harga jasanya pun sudah mahal.

Mereka juga menggunakan materi yang lebih ringan dan lebih kuat dari pengelasan, tetapi juga lebih sulit dan melelahkan. Karena dibuat dengan tenaga profesional, maka sepeda Brompton sendiri dikenal presisi dan rapi untuk jenis sepeda lipat.

2. Lipatan unik si penambah biaya namun terbukti nyaman

Pernah tembus Rp60 Juta, Ini Mengapa Sepeda Brompton Bisa Mahalid.brompton.com

Tak hanya dibuat dengan tangan, Brompton juga memiliki lipatan unik. Merupakan sepeda lipat, komponen Brompton disatukan dengan cara yang unik dan berbeda dari sepeda lipat lainnya. Karena itu, perlu menambahkan banyak komponen khusus dan tabung bingkai, yang semuanya akan meningkatkan biaya produksi secara substansial. Bukan suatu kebetulan bahwa merek-merek yang lebih murah tidak terlipat dengan kompak atau tepat.

3. Penelitian dan pengembangan dengan teknologi tinggi

Pernah tembus Rp60 Juta, Ini Mengapa Sepeda Brompton Bisa Mahalid.brompton.com

Brompton memang buatan tangan, tapi mereka juga menggunakan teknologi untuk memberikan sepeda berkualitas untuk konsumen. Brompton memiliki tim internal tersendiri yang besar yang terus meningkatkan sepeda, aksesori dan proses produksi.

Mereka juga menggunakan berbagai teknologi terkemuka mulai dari pembuatan prototipe cepat dengan printer 3D hingga memastikan presisi menggunakan mesin CAM industri otomotif.

4. Fashion bike yang elegan dan trendy

Pernah tembus Rp60 Juta, Ini Mengapa Sepeda Brompton Bisa Mahalid.brompton.com

Berbicara Brompton tak akan lepas dari desainnya yang elegan, sporty, classy dan trendy. Brompton merupakan fashion bike dengan desain yang dibuat secara matang, penuh pertimbangan untuk menghasilkan desain yang premium, modis, futuristis, serta menawan.

Mereka memiliki warna-warna menarik yang membuatmu jatuh cinta. Ini juga hadir di varian original, electric (smart E-bike), dan superlight serta tak ketinggalan untuk Brompton special edition lainnya.

5. Praktis dan minimalis

Pernah tembus Rp60 Juta, Ini Mengapa Sepeda Brompton Bisa Mahal

Meski memiliki fitur dan utilitas yang beragam, Brompton hadir dengan spesifikasi yang praktis untuk digunakan. Bentuknya juga minimalis dan pengguna bisa merawatnya dengan mudah. Sepeda ini sangat ringkas namun tetap kokoh.

6. Dirancang penuh ketelitian

Pernah tembus Rp60 Juta, Ini Mengapa Sepeda Brompton Bisa Mahalid.brompton.com

Dirancang dengan penuh ketelitian, ini pula yang memberikan kenyamanan saat ia sedang dipakai. Kenyamanan pengalaman bersepeda didapatkan dari rancangan yang penuh pertimbangan para desainer ternama. Mulai dari ukuran hingga jenis material sangatlah diperhatikan demi kepuasan pengguna.

7. Material ringan dan banyak fitur

Pernah tembus Rp60 Juta, Ini Mengapa Sepeda Brompton Bisa Mahalid.brompton.com

Material yang digunakan dalam pembuatan sepeda Brompton bukanlah sembarang bahan. Rangkaian sepeda Brompton disematkan dengan bahan baja ringan atau titanium, sehingga sepeda ini dapat dijinjing.

Brompton juga memiliki roda kecil dan penanganan responsif yang memungkinkan pengguna memulai dengan cepat dari stasioner, melewati lubang dan rintangan jalan lainnya. Posisi berkendara juga diperhatikan, karena dibuat dengan tegak sehingga memungkinkan pengendara untuk sepenuhnya menyadari lalu lintas di sekitar mereka.

Untuk bersepeda di malam hari, berbagai opsi pencahayaan dapat dipilih di sepeda ini, mulai dari bertenaga baterai hingga hub-dinamo untuk memastikan pengguna memiliki penglihatan yang cukup saat berkendara.

8. Portabilitas tinggi, mudah dibawa

Pernah tembus Rp60 Juta, Ini Mengapa Sepeda Brompton Bisa Mahalid.brompton.com

Tentu harga mahalnya karena dilengkapi dengan fitur portabilitas tinggi yang membuatnya mudah dibawa dan mudah dilipat. Bahkan sepeda mewah ini dapat dilipat hanya dalam waktu kurang dari dua menit. Hasil lipatan uniknya yang kecil memungkinkannya untuk dimasukkan ke bawah meja, mobil, kereta, atau pesawat sekalipun.

Desainnya yang cerdas memastikan bahwa bagian-bagian yang kotor disimpan dengan rapi. Sepeda lipat dapat diangkat menggunakan pegangan pada sadel atau ditarik dengan mudah menggunakan setang.

9. Anti maling dengan keamanan standar dunia

Pernah tembus Rp60 Juta, Ini Mengapa Sepeda Brompton Bisa Mahalid.brompton.com

Komponen sepeda Brompton dirancang dan diproduksi sesuai dengan standar dunia. Mereka dapat dilipat seminimalis mungkin yang membuatnya mudah tersimpan dengan baik di dekatmu dan tempat yang kecil sekalipun.

Pernah tembus Rp60 Juta, Ini Mengapa Sepeda Brompton Bisa Mahalid.brompton.com

Satu alasan lainnya yang membuatnya sempat amat mahal adalah saat itu sepeda Brompton masih pre-order, sedangkan permintaan tinggi dan mengalami keterlambatan pengiriman. Inilah yang membuat harganya menembus hingga Rp60 juta. Namun, kini harganya telah turun menjadi Rp33 juta karena persediaan stok yang banyak dipasaran serta terhalang pandemi.

Itulah alasan mengapa harga sepeda Brompton bisa mahal, kamu tertarik memilikinya, Bela?

Baca Juga: 5 Artis Ini Jatuh Dari Sepeda, Ada yang Gara-Gara Lawan Begal!

Baca Juga: Paling Dicari, Ini Perbandingan Sepeda Pacific VS United

Baca Juga: Awas, Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Membeli Sepeda Lipat