Sudah dua tahun terhitung sejak meninggalnya legenda pemain basket, Kobe Bryant dan anaknya, Gianna ‘Gigi’ Bryant, di pegunungan Calabasas, California, Amerika Serikat. Tepat 26 Januari 2020 lalu, kabar duka itu menghampiri dunia internasional. Situs yang menjadi tempat kecelakaan helikopter Kobe Bryant pun, tak sepi dikunjungi penggemar untuk berziarah.

Kini, setelah dua tahun berlalu, salah seorang penggemar membawa sebuah patung perunggu Kobe Bryant dan Gigi Bryant ke lokasi tersebut. Patung seberat 150 pon itu menjadi tugu peringatan di lokasi tragis tersebut, guna mengenang sang legenda beserta semua korban yang juga meninggal. Berikut beberapa fakta lain terkait patung perunggu Kobe dan Gigi Bryant.

1. Dibawa penggemar, melalui jalan setapak yang curam

Kenang Kobe Bryant & Gigi, Sebuah Patung Hadir di Lokasi Kecelakaanca-times.brightspotcdn.com

Seorang penggemar bernama Dan Medina, membawa patung yang dipahatnya ke atas puncak Calabasas sebelum fajar menyingsing. Patung perunggu Kobe dan Gianna "Gigi" Bryant seberat 150 pon itu dibawa melalui jalan setapak yang curam dan sempit.

Berjalan di tanah setapak yang terkikis dan tidak bisa melihat bukit yang menanjak, Medina akhirnya berhasil mencapai puncak dan meletakkan di lokasi terjadinya kecelakaan maut tersebut. Ia menempatkan patung peringatan formal namun sementara, di lokasi keramat dan emosional itu.

Medina sebenarnya hampir tidak berhasil mencapai lokasi. Patung perunggu itu begitu berat sehingga pegangan gerobaknya patah. Ia bahkan harus membuat lakban darurat, agar tetap bisa melalui jalan setapak, dari tempat parkir ke puncak ngarai.

2. Merupakan patung versi kecil

Kenang Kobe Bryant & Gigi, Sebuah Patung Hadir di Lokasi KecelakaanGetty/Patrick T. Fallon/AFP

Patung perunggu yang ia bawa ke lokasi tersebut adalah versi kecil dari patung yang ia buat. Pematung West Hills tersebut, membuat patung Kobe dan Gigi Bryant versi besar dan kecil. Alasan ia membuat itu karena ia pikir, penggemar membutuhkan sesuatu yang lebih permanen selain bunga, kaus, dan topi. Ia berharap versi seukurannya akan menemukan rumah di pusat kota LA, di mana beberapa perunggu besarnya sudah menghiasi daerah tersebut.

3. Turut menuliskan nama-nama korban lainnya

Kenang Kobe Bryant & Gigi, Sebuah Patung Hadir di Lokasi KecelakaanGetty/Patrick T. Fallon/AFP

Patung yang Medina ciptakan, menggambarkan Bryant dalam seragam Lakers dengan lengannya di sekitar Gigi, yang juga memakai seragam basketnya sambil memegang bola. Di dasarnya, Medina mencantumkan nama semua orang yang tewas dalam kecelakaan helikopter. Mereka adalah Christina Mauser, Payton dan Sarah Chester, John, Keri dan Alyssa Altobelli, serta pilot Ara Zobayan.

"Pahlawan datang dan pergi, tetapi legenda selamanya," bunyi tulisan di patung tersebut.

4. Akan ditempatkan dari matahari terbit hingga terbenam

Kenang Kobe Bryant & Gigi, Sebuah Patung Hadir di Lokasi Kecelakaanktla.com

Patung itu tak selamanya ditempatkan di lokasi tersebut dan akan menyapa para penggemar, penduduk setempat, serta pengunjung lainnya untuk mengenang mereka yang pergi pada 26 Januari 2020.

Patung ini direncanakan akan berdiri sejak matahari terbit hingga terbenam. Medina tahu menempatkannya di sana secara permanen akan membutuhkan izin dan banyak hal lainnya lagi.

“Saya ingin mengikuti hukum, menghormati penduduk setempat, menghormati Pegunungan Santa Monica,” katanya.

Kenang Kobe Bryant & Gigi, Sebuah Patung Hadir di Lokasi Kecelakaanca-times.brightspotcdn.com

Beberapa penggemar yang juga turut datang, sebagian besar duduk dalam keheningan di tempat yang tenang. Beberapa menitikkan air mata, dan yang lain mengingat kenangan sang legenda. Penggemar juga mengatakan patung tersebut menjadi sesuatu yang istimewa untuk dilihat.

“Itu luar biasa. Itu adalah sesuatu yang istimewa untuk dilihat. Bagaimana mereka bisa sampai di sini?” kata Walter Garcia, 33, saat berbelok di tikungan dan melihat patung dengan bunga, topi, dan kaus di bawahnya dengan latar belakang nomor punggung Bryant, di lereng bukit yang ditandai dengan bebatuan.

Brandon Zamora, 23, berdiri di depan patung itu, dan mengatakan bahwa pendakian selama 20 menit di jalan setapak pada peringatan kedua, adalah yang setidaknya bisa ia lakukan untuk Bryant, yang sudah melakukan begitu banyak untuk Los Angeles.

“Dia lebih dari seorang pemain bola basket. Dia memberikan 100% pada semua yang dia lakukan. Dia memenangkan Oscar, seorang pemimpin bisnis dan di atas segalanya menjadi contoh bagi para ayah di mana pun,” kata Zamora.

Itulah beberapa fakta dari patung memoriam Kobe Bryant dan Gigi Bryant beserta semua korban dari kecelakaan mau di Calabasas. 

Baca Juga: Pernah Raih Piala Oscar, Ini 8 Perjalanan Karier Kobe Bryant

Baca Juga: Diduga Karena Kabut Tebal, Ini Kronologi Kecelakaan Kobe Bryant

Baca Juga: Ungkapan Kesedihan Istri Kobe Bryant Kenang Mendiang Suami & Anaknya