Warga Indonesia kembali dikejutkan dengan penemuan bangkai hewan misterius. Tepatnya di Natuna, kepulauan Riau, warga setempat dikejutkan dengan ditemukannya bangkai hewan yang diduga adalah hewan legenda dalam kepercayaan Hindu bernama Gajah Mina. 

Salah seorang warganet, Hendri Chang Hui Fu, mengunggah video tersebut pada media sosial Facebook dengan caption "Semoga Semua Mahluk Hidup Selalu Bahagi.... Gajah Mina terdampar Di Laut Natuna." Penemuan tersebut pun ramai diperbincangkan warganet.

https://www.youtube.com/embed/L-pskCGHWYU

Hewan Mitologi Hindu

Heboh Temuan Diduga Bangkai Gajah Mina di Natuna, Ini Legendanyaflickr.com/kadekmasakazu

Gajah Mina adalah hewan legenda, yang menjadi hewan mitologi dalam kepercayaan Hindu dan dipercaya menjadi simbol istimewa. Dalam Lontar Yama Tattwa, salah satu naskah tradisional Bali, yang berisikan upacara agama Hindu yakni Ngaben.

Dalam naskah tersebut ditulis bahwa Gajah Mina memiliki kepala berbentuk gajah dan berekor ikan. Selain itu, Gajah Mina juga merupakan salah satu dari tujuh makhluk mitologi Hindu dengan sebutan ‘Makara’, yang kerap ada dalam ukiran candi atau pura.

Bentuk dan ukuran Gajah Mina

Heboh Temuan Diduga Bangkai Gajah Mina di Natuna, Ini Legendanyacryptidz.fandom.com

Bagi kamu yang penasaran dengan Gajah Mina, hewan ini memiliki bentuk unik yaitu berkepala gajah dengan gading dan badannya seperti ikan. Ada sejumlah versi terkait ukuran dari Gajah Mina, namun diyakini memiliki ukuran yang super besar. Bahkan ukurannya dipercaya mencapai paus dewasa. Hewan ini juga dipercaya memiliki sedikit bulu dan telinga yang lebar.

Namun menurut peneliti Peneliti mamalia laut dari Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Sekar Mira mengatakan, sebenarnya bangkai hewan yang ada dalam video itu merupakan bangkai paus baleen, dengan kondisi memiliki rahang bawah terpisah dan berbentuk dua bagian menyerupai gading pada gajah.

Heboh Temuan Diduga Bangkai Gajah Mina di Natuna, Ini Legendanyaakurat.co

Simbol penyelamat dunia

Heboh Temuan Diduga Bangkai Gajah Mina di Natuna, Ini Legendanyatrepelin.com

Gajah Mina menjadi simbol kekuatan dari Raja Lautan yakni Dewa Baruna. Gajah Mina yang disebut juga Makara, memiliki hubungan dengan sebuah cerita tentang penyelamatan dunia yang dilakukan oleh Avatara Wisnu atau Matsya yang memiliki wujud ikan berkepala gajah.

Diduga pernah terdampar di Kepulauan Riau setelah bencana tsunami Aceh

Heboh Temuan Diduga Bangkai Gajah Mina di Natuna, Ini Legendanyabatamnews.co.id/ruzi

Dua pekan usai bencana tsunami di Aceh tahun 2004 silam, warga pantai Dungun, Kecamatan Lingga Utara, Kepulauan Riau juga dikejutkan dengan sebuah bangkai monster laut. Bangkai tersebut diduga pula sebagai Gajah Mina. Namun, hingga kini, belum ada hasil ilmiah terkait hewan tersebut. 

Kini tulangnya telah dipajang di Museum Linggam Cahaya di Daik, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Bangkai berukuran panjang 12 meter tersebut kini telah diteliti oleh bagian mamalia laut Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Itu dia kisah menarik dari Gajah Mina yang sempat heboh diperbincangkan dan ditemukan di Natuna, Kepulauan Riau.

Baca Juga: 7 Fakta Kelam Human Zoo, Kebun 'Binatang' Manusia Zaman Kolonial

Baca Juga: Hampir Mustahil Ditemukan, Ini 11 Hewan Paling Langka di Dunia

Baca Juga: 10 Hewan Raksasa Ini Bikin Pengidap Megalophobia Merinding