Kondisi negara Myanmar akhir-akhir ini memang dalam keadaan tidak kondusif. Sejak militer Myanmar melakukan kudeta pada pemerintah, setiap harinya ada protes atau demonstrasi yang dilakukan rakyat negara tersebut. Tak hanya rakyat biasa, kalangan artis pun juga turun tangan dalam proter atau demonstrasi tersebut. Salah satunya adalah aktor Paing Takhon.

Paing Takhon kini harus mendekam dipenjara setelah ditangkap oleh militer Myanmar karena dianggap menentang. Dikutip dari AFP, Paing Takhon yang populer sebagai biksu ganteng ditangkap militer Myanmar pada Kamis (8/4/2021). Penangkapan tersebut terkait aksi militer Myanmar yang gencar memburu 100 artis yang menentang mereka.

Berikut fakta-fakta mengenai Paing Takhon.

1. Ditangkap saat sedang sakit keras

Ditangkap Militer Myamnar, Ini Fakta Paing Takhon Si Aquaman dari Asiainstagram.com/interline2018

Saudara perempuan Paing Takhon, Thi Thi Lwin menceritakan penangkapan saudaranya dalam sebuah unggahan di Facebook. Ia mengatakan bahwa sang aktor ditangkap saat berada di rumah ibunya di North Dagon, Yangon, Myanmar. Saat itu Paing sedang dalam kondisi sakit yang serius.

"Sekitar 50 tentara naik delapan truk militer datang, mereka menangkapnya tanpa kekerasan. Kami tidak tahu ke mana dia dibawa," tulisnya.

Sebelumnya dalam unggahan Paing Takhon sendiri di akun media sosial, ia mengatakan kondisi kesehatannya sedang tidak baik dan berdoa semoga kesehatannya dipulihkan dan negaranya diberi kedamaian.

"Aku sedang tidak dalam kondisi sehat selama beberapa hari ini. Aku selalu berdoa kepada Budha untuk kesehatanku dan terjadinya perdamaian di Myanmar sesegera mungkin," tulis Paing.

2. Aktif dalam demonstrasi dan influencer

Ditangkap Militer Myamnar, Ini Fakta Paing Takhon Si Aquaman dari Asiainstagram.com/khine.khinewin

Paing Takhon menjadi salah satu selebritas yang paling berpengaruh di Myanmar. Di Instagram, ia bahkan memiliki pengikut sebanyak 1,2 juta orang. Aktor berusia 24 tahun ini memang salah satu selebritas yang lantang menyuarakan penentangan aksi kudeta di Myanmar. Tak hanya menyuarakan melalui media sosial, Paing juga turun langsung ke jalan ikut berdemonstrasi.

Melalui akun Instagramnya, Paing Takhon pernah memperlihatkan momen saat dia ikut berdemo menentang aksi militer Myanmar. Terlihat Paing memakai tracksuit dan memegang megaphone.

"Bantu kami menghentikan kejahatan terhadap kemanusiaan," tulisnya dalam sebuah unggahan di Instagramnya pada Februari 2021. 

Namun, kini akun Instagramnya telah hilang. Ia bahkan sempat menulis dalam unggahan Facebooknya pada PBB untuk meminta bantuan.

"Saya dengan tulus meminta ini kepada semua PBB, tolong menghukum ini. Harap bertindak sebagai tanggapan atas peristiwa tragis ini. Tolong minta mereka untuk segera melepaskan orang-orang segera," tulis Paing Takhon di Facebooknya pada 5 Maret 2021.

Ditangkap Militer Myamnar, Ini Fakta Paing Takhon Si Aquaman dari Asiainstagram.com/khine.khinewin

3. Viral saat jadi biksu ganteng

Ditangkap Militer Myamnar, Ini Fakta Paing Takhon Si Aquaman dari Asiainstagram.com/paingtakhonfanclubmyanmar

Paing Takhon viral di media sosial saat tampil dengan balutan jubah biksu dan rambut plontos di awal tahun 2021 lalu. Warganet Tanah Air pun terpana akan visualnya.

Penampilannya itu bukan karena sedang menjalani syuting atau pemotretan, melainkan karena dirinya ingin menjadi biksu. Ia memutuskan jadi biksu selama 10 hari dan menyatakan bahwa menjalani kehidupan seorang biksu merupakan resolusinya di Tahun Baru.

4. Karier dunia hiburan

Ditangkap Militer Myamnar, Ini Fakta Paing Takhon Si Aquaman dari Asiainstagram.com/cute.asian.models

Paing Takhon merupakan seorang model, aktor, sekaligus penyanyi asal Myanmar. Tak hanya terkenal di Myanmar, popularitasnya juga sampai ke negara Filipina dan Thailand. Paing memulai kariernya pada tahun 2014, saat itu, ia muncul di publik dengan menjadi juru bicara ponsel merk OPPO.

Namanya semakin dikenal setelah ia membintangi film Midnight Traveller pada tahun 2017. Bahkan, ia menjadi model Myanmar pertama yang tampil di acara Victoria's Secret.

5. Duta pariwisata Myanmar dan prestasinya

Ditangkap Militer Myamnar, Ini Fakta Paing Takhon Si Aquaman dari Asiainstagram.com/erena20110810

Pada tahun 2020, Paing Takhon sempat didapuk menjadi Duta Pariwisata Myanmar untuk Thailand oleh Asosiasi Pemasaran Pariwisata Myanmar bersama dengan Federasi Pariwisata Myanmar. 

Di tahun yang sama pula, ia mendapatkan peringkat nomor 10 sebagai "100 Wajah Paling Tampan di tahun 2020" oleh TC Candler. Sebelumnya, di tahun 2019, Paing masuk dalam salah satu dari 10 aktor terpopuler di Myanmar oleh Myanmar Times.

6. Menjadi brand ambassador

Ditangkap Militer Myamnar, Ini Fakta Paing Takhon Si Aquaman dari Asiainstagram.com/paingtakhonfanclubmyanmar

Memiliki tubuh atletis dan wajah menawan, Paing Takhon dipilih menjadi brand ambassador dari beberapa produk ternama antara lain menjadi wajah Pond's Myanmar pada tahun 2014.

Di tahun 2019 ia menjadi model dari sejumlah brand yakni OPPO Myanmar, Telenor Myanmar, dan Sunkist Myanmar. Dalam sebuah kesempatan, ia pernah berfoto bersama Chelsea Islan yang juga sama-sama menjadi brand ambassador OPPO.

7. Dikenal sebagai ‘Aquaman dari Asia’

Ditangkap Militer Myamnar, Ini Fakta Paing Takhon Si Aquaman dari Asiainstagram.com/paingtakhonfanclubmyanmar

Paing Takhon kerap tampil dengan rambut gondrong dan perut berotot sixpack. Tubuhnya pun dipenuhi tato. Jika dilihat sekilas, penampilannya mirip Aquaman yang diperankan Jason Momoa. Hal itu pun membuat dirinya dikenal sebagai ‘Aquaman dari Asia’.

8. Merintis karier sembari berkuliah

Ditangkap Militer Myamnar, Ini Fakta Paing Takhon Si Aquaman dari Asiainstagram.com/interline2018

Pria kelahiran 17 September 1996 ini lahir dan besar di Myanmar. Selain merintis karier sebagai model dan aktor,ia juga sembaru berkuliah di University of Distance Education dan mengambil jurusan psikologi.

Itulah fakta-fakta dari Paing Takhon, aktor dan biksu ganteng yang ditangkap oleh militer Myanmar. Semoga permasalahan di Myanmar dapat terselesaikan dengan baik dan Paing dapat kembali bersama keluarganya dengan kondisi yang baik. 

Baca Juga: Kyal Sin, Sosok Perempuan Tangguh yang Tewas di Tengah Demo Myanmar

Baca Juga: Mengenal Inggit Garnasih, Perempuan Tangguh di Balik Sosok Soekarno

Baca Juga: Sosok Marie Thomas, Dokter Perempuan yang Muncul di Google Doodle