12 Contoh Surat Rekomendasi Kerja, Beasiswa dan Organisasi yang Benar

Ini lho, tips dan contohnya!

12 Contoh Surat Rekomendasi Kerja, Beasiswa dan Organisasi yang Benar

Surat rekomendasi kerap kali penting saat akan melamar kerja atau mengurus dokumen. Surat rekomendasi sendiri ialah surat yang menyatakan penilaian terhadap kapabilitas maupun kinerja seseorang berdasarkan fakta-fakta yang ada. Surat ini banyak digunakan untuk menambah nilai positif dari diri seseorang melalui penilaian dari atasan, kepala perusahaan, maupun dosen. 

Lantas bagaimana, sih, membuat surat rekomendasi yang baik dan benar? Simak penjelasan dan contohnya di bawah ini ya!

Struktur penulisan surat

Surat ini memiliki struktur penulisan tersendiri dan hampir mirip dengan surat keterangan kerja. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun naskah rekomendasi yaitu sebagai berikut.

1. Kepala surat

Dalam kepala surat terdapat kop surat beserta dengan alamat lengkap. Judul yang ditulis dengan huruf kapital serta nomor surat pada bagian bawah judul.

2. Isi surat

Isi surat berisikan penyataan kesungguhan pihak yang menerangkan, seperti:

a. Identitas, yang meliputi nama; tempat/tanggal lahir; alamat; dan lainnya.

b. Penjelasan tentang kepribadian dari seseorang yang diterangkan

c. Penutup

d. Kaki Surat, terdiri atas, tempat dan tanggal dikeluarkannya surat; identitas; jabatan penanggungjawab; tanda tangan dan nama jelas; NIP; nomor anggota; dan cap stempel.

Surat rekomendasi dapat ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sesuai dengan keperluan.

Macam-macam surat rekomendasi

1. Rekomendasi audit

Surat ini diperoleh dari auditor yang sudah mempertimbangan terhadap suatu kondisi tertentu. Pendapat tersebut mencerminkan pengetahuan dan penilaian auditor dalam kegiatan audit.

2. Rekomendasi kerja

Surat rekomendasi kerja biasa digunakan untuk dokumen pelengkap CV. Tujuannya agar perusahaan yang dilamar mengetahui kinerja kalian dari perusahaan sebelumnya.

3. Rekomendasi penelitian

Surat ini merupakan naskah dinas dari instansi atau pejabat yang berwenang. Biasanya, rekomendasi tersebut berisi tentang berbagai macam catatan, keterangan serta persetujuan terhadap usulan penelitian. 

4. Rekomendasi beasiswa

Surat rekomendasi beasiswa biasanya dibuat oleh dosen, universitas, atau organisasi. Surat ini dipakai oleh seseorang yang sedang melamar beasiswa. Tentunya berisikan identitas dan keterangan bahwa mahasiswa tersebut aktif dalam perkuliahan atau kegiatan. Selain itu, dapat juga berisikan penilaian baik akademik maupun non akademik.

5. Rekomendasi magang

Setelah masa magang/ internship selesai, maka perusahaan akan memberikan surat keterangan magang. Dalam surat tersebut tertera penjelasan bahwa mahasiswa telah menyelesaikan masa magang atau tugasnya. Selain itu, juga berisikan penilaian selama kegiatan berlangsung.

6. Rekomendasi pembuatan visa

Beberapa negara memberlakukan visa bagi para wisatawan maupun warga negara lain yang berkunjung. Dalam membuat visa, beberapa kedutaan mensyaratkan adanya surat keterangan kelakuan baik, surat keterangan kesehatan terlebih dalam masa pandemi COVID-19 atau surat rekomendasi kerja dari perusahaan. 

Surat ini bertujuan sebagai bukti konkret, bahwa kamu telah memiliki pekerjaan di negara asal dan berjanji akan pulang serta tidak mencari kerja di negara tujuan. Biasanya isinya adalah identitas karyawan, jabatan, gaji, juga pernyataan perusahaan yang menjamin bahwa karyawannya akan pulang tepat waktu.

7. Rekomendasi pindah tugas

Surat ini ditujukan kepada pihak di bagian atau perusahaan lain. Surat rekomendasi pindah tugas berisikan identitas karyawan yang pindah tugaskan beserta dengan alasan dan penjelasannya.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here