Comeback yang ditunggu-tunggu akhirnya datang! Salah satu boy group besutan YG Entertainment generasi 2, BIGBANG, akhirnya comeback pada 5 April tengah malam waktu Korea Selatan, dengan lagu terbaru mereka “Still Life.”

Hiatus selama 4 tahun, akhirnya V.I.P bisa menikmati kembali karya dari idola mereka. Lirik dan video musiknya pun benar-benar emosional menggambarkan perjalanan karier mereka. Kedua member pun turut dalam menulis lirik untuk lagu tersebut.

Berikut beberapa fakta comeback BIGBANG “Still Life”.

1. Comeback BIGBANG setelah 4 tahun

BIGBANG Comeback Dengan Still Life, Ini Fakta-Faktanyainstagram.com/yg_ent_official

Pada 7 Februari 2022, YG Entertainment secara resmi mengumumkan, “BIGBANG akan merilis lagu baru musim semi ini”. Terbukti, pada 4 April 2022 waktu Indonesia atau 5 April 2022 waktu Korea, BIGBANG merilis single comeback mereka dengan judul “Still Life”.

Comeback ini benar-benar mengobati rasa rindu V.I.P pada BIGBANG yang telah hiatus selama 4 tahun. Comeback terakhir mereka pada tahun 2018 dengan perilisan "Flower Road", setelahnya mereka harus hiatus karena para member melaksanakan wajib militer.

2. Comeback dengan formasi baru

BIGBANG Comeback Dengan Still Life, Ini Fakta-Faktanyatwitter.com/diorpopstar

Comeback kali ini juga dengan formasi baru, yaitu 4 member karena Seungri memutuskan untuk keluar dari grup pada 2019 lalu. Kini member yang tersisa hanya, T.O.P yang juga sudah tidak bersama lagi di YG Entertainment, G-Dragon, Taeyang, dan Daesung.

3. Judulnya menggambarkan 4 musim

BIGBANG Comeback Dengan Still Life, Ini Fakta-Faktanyainstagram.com/yg_ent_official

“Still Life” dalam versi Korea memiliki judul yang berbeda, menjadi “Spring Summer Autumn Winter”. Judul dalam bahasa Korea tersebut mengandung makna bahwa setelah melewati empat musim dingin, mereka akan kembali pada hari yang berbunga.

4. Makna lagu tentang perjalanan karier yang emosional

BIGBANG Comeback Dengan Still Life, Ini Fakta-Faktanyainstagram.com/yg_ent_official

Lagu ini akan menjadi ungkapan perasaan BIGBANG secara emosional tentang segala hal-hal buruk dan baik yang terjadi dalam perjalanan karier mereka sebagai sebuah grup. “Still Life” juga merupakan lagu yang akan mewakili kisah masa lalu para member dan ungkapan perasaan tulus dari para member.

Pada salah satu foto poster yang telah dirilis, terlihat gambar empat warna dari jenis bunga aster atau daisy yang secara filosofis melambangkan perasaan cinta sejati dan harapan. Empat warna bunga aster dalam poster lagu "Still Life" ini juga melambangkan, putih untuk kemurnian, merah muda untuk kekaguman, kuning keceriaan, dan merah sebagai cinta.

BIGBANG Comeback Dengan Still Life, Ini Fakta-Faktanyainstagram.com/yg_ent_official

Liriknya amat menggambarkan kerinduan para personel BIGBANG dengan hari-hari penuh cinta dan kejayaan di masa lalu. Seperti yang diketahui, mereka salah satu boy group populer di era generasi 2 yang banyak meraih penghargaan.

Namun, waktu terus berjalan seperti empat musim yang terus bergantian. Mereka harus tetap menjalani hidup terlepas dengan ujian apapun yang dihadapi. Sampai akhirnya akan datang suatu masa yang kembali indah bagi BIGBANG dan V.I.P. Masa indah itulah yang digambarkan seperti keindahan musim semi, panas, gugur, dan salju.

5. Ditulis GD dan T.O.P

BIGBANG Comeback Dengan Still Life, Ini Fakta-Faktanyainstagram.com/yg_ent_official

Sebagai rilisan pertama grup ini dalam hampir empat tahun, "Still Life" adalah lagu yang berkesan dengan suara band yang organik dan hangat yang menampilkan melodi abadi yang dipasangkan dengan lirik yang indah.

Ini menangkap aliran waktu sepanjang musim, di mana anggota BIGBANG mengenang masa muda mereka. G-Dragon dan T.O.P sama-sama berpartisipasi dalam menyusun dan menulis lirik untuk lagu tersebut.

6. Makna mendalam dari musik videonya

BIGBANG Comeback Dengan Still Life, Ini Fakta-Faktanya

Dibuka dengan Taeyang yang berada di sebuah kapal terdampar, musik videonya penuh warna tapi sudah membuat penggemar meresa emosional. Di kapal itu, Taeyang duduk seorang diri sambil menatap langit, di mana kapal tersebut juga dipenuhi bunga berwarna kuning. Ini bak menggambarkan kehidupannya yang sedikit berbunga karena pernikahannya dengan Min Hyo Rin.

Beralih ke adegan selanjutnya bagian Daesung di sebuah lorong gedung. Ia melihat sudut-sudut ruangan sambil mengenang masa lalu yang indah. Daesung kemudian duduk di sebuah kursi dengan tiga kursi lain yang kosong, menggambarkan tiga anggota BIGBANG yang lain. Ia bak harus menerima kenyataan bahwa BIGBANG hanya menyisakan empat personel.

BIGBANG Comeback Dengan Still Life, Ini Fakta-Faktanyatwitter.com/diorpopstar

Di bagian G-Dragon, ia muncul sambil memegang payung berwarna pelangi. Lirik yang dilantunkannya menggambarkan bahwa perjalanan yang dilalui berujung dengan akhir bahagia, seperti munculnya pelangi setelah hujan.

Bagiannya juga seperti mengisahkan betapa sulitnya sang leader menerima kenyataan bahwa BIGBANG harus hiatus. Hal itu digambarkan dengan adegan G-Dragon duduk di kursi sutradara di belakang panggung, hingga akhirnya, kursi tersebut menua dan ditinggalkan.

BIGBANG Comeback Dengan Still Life, Ini Fakta-Faktanyatwitter.com/diorpopstar

Berbeda dari tiga member lainnya, T.O.P berada di bulan seorang diri dengan pakaian serba putih dan mengenakan topeng dan terlihat seperti berada di musim salju. Ia kemudian membuka topeng itu, berdiam diri sambil menunjukkan tatapan sendu.

Namun, musik video itu masih meninggalkan pertanyaan pada beberapa penggemar, apakah ini menjadi sebuah salam perpisahan dari BIGBANG. Adegan yang semakin membuat penasaran adalah ketika G-Dragon meninggalkan kursi sutradaranya di akhir video klip.

Kemudian, jam di hadapan Daesung tidak memiliki jarum seiring dengan latar video yang menjadi hitam putih. Ditambah lagi, ada adegan empat kursi kosong dan empat bunga berjejer. Meski begitu, dari liriknya, BIGBANG berjanji untuk kembali lagi bersama penggemar di masa yang indah seperti dahulu kala.

7. Direncanakan akan tampil di Coachella 2022

BIGBANG Comeback Dengan Still Life, Ini Fakta-Faktanyatwitter.com/ygent_official

Awalnya, comeback BIGBANG direncanakan berlangsung di festival musik Coachella 2022. Mereka dijadwalkan tampil pada 10 dan 17 April. Namun, Coachella ditunda karena wabah virus corona. Sehingga rencana comeback BIGBANG turut tertunda.

8. Dapat antusiasme yang besar, BIGBANG dan “Still Life” dapat sejumlah prestasi

https://www.youtube.com/embed/eN5mG_yMDiM

Single ini mendapatkan berbagai rekor sejak dirilis pada Senin malam kemarin. Bahkan, satu jam sebelum dirilis, “Still Life” sudah dinobatkan sebagai single terlaris 2022 di China. Allkpop melaporkan “Still Life” menjadi lagu paling laris di platform QQ Music, platform streaming musik terbesar di Tiongkok, setelah terjual lebih dari 200 ribu kopi dalam satu jam.

“Still Life” juga langsung masuk chart utama Melon di posisi 26 per data tanggal 5 April jam 1 pagi kst. Sejam kemudian jam 2 pagi kst melesat 14 tangga ke posisi 12. Dalam waktu 3 jam mereka memasuki Top 10 di tangga lagu Melon 24 Hits, dan menjadi grup tercepat untuk masuk dalam tangga lagu tersebut.

Setelah perilisannya, single ini puncaki iTunes Song Chart di 32 negara termasuk Argentina, Indonesia, dan Finlandia. Single “Still Life” juga puncaki Worldwide iTunes Song Chart, serta menempati posisi ke-3 European ITunes Song chart.

Itulah beberapa fakta dari comeback BIGBANG “Still Life” yang emosional mengenang kejayaan masa muda. Bagaimana pendapatmu, Bela?

Baca Juga: Hampir Bunuh Diri, 7 Pengakuan T.O.P 'BIGBANG' Usai Hiatus Panjang

Baca Juga: Dijuluki Grup Kriminal, Deretan Kontroversi Ini Pernah Menimpa BIGBANG

Baca Juga: Segera Comeback, Ini Deretan Lagu BIGBANG Paling Populer Sejak Debut