Agama adalah sebuah kepercayaan yang dianut oleh hampir seluruh masyarakat dunia. Agama sendiri merupakan keyakinan, yang berasal dari sistem budaya dan pandangan dunia, yang menghubungkan setiap manusia dengan tatanan kehidupan. Terdapat kurang lebih 4.200 agama di dunia saat ini menurut beberapa perhitungan.

Berbagai agama tersebut memiliki pengikut yang jumlahnya beragam. Berikut ini ada 8 agama terbesar di dunia dengan pemeluk terbanyak dikutip dari Adherents.com versi 2020. Penasaran siapa yang menjadi yang pertama? Mari kita hitung mundur dari artikel di bawah ini!

8. Bahá’í (7 Juta Pengikut)

8 Agama Terbesar di Dunia dengan Pemeluk Terbanyakwikipedia.com

Di urutan ke 8 yaitu agama Bahá’í dengan 7 juta pengikut. Didirikan oleh Mirza Husayn Ali (Bahaullah) di tahun 1900 M, agama ini bermula di Iran. Para pengikut dari agama ini dikenal dengan sebutan Bahai dan Babis.

7. Yudaisme (14 Juta Pengikut)

8 Agama Terbesar di Dunia dengan Pemeluk Terbanyakpixabay.com/siddur

Yudaisme atau agama Yahudi, adalah agama asli bangsa Yahudi dan juga menjadi agama tertua. Pada tahun 1300 SM, agama ini didirikan oleh Abraham beserta keturunannya yang sekarang dinamakan orang Yahudi. Mereka hanya percaya pada satu Tuhan. Para pengikut dari agama ini disebut sebagai orang Yahudi yang terpisah menjadi majelis trombin Konservatif, Ortodoks, dan Liberal.

6. Sikhisme (30 Juta Pengikut)

8 Agama Terbesar di Dunia dengan Pemeluk Terbanyaklontar.id

Didirikan pada 1469-1539 M oleh Guru Nanak di negara bagian Punjab, India. Sikhisme adalah agama Dharma terbesar ketiga yang diikuti oleh pengikut dengan sebutan 'Sikh', yang identik dengan penggunaan turban bagi laki-laki. Kitab suci dari agama ini adalah Guru Granth Sahib yang pada awalnya ditulis dalam naskah Gurmukhi.

5. Agama Tradisional Tionghoa (394 Juta Pengikut)

8 Agama Terbesar di Dunia dengan Pemeluk Terbanyakwikipedia.com

Agama Tradisional Tionghoa yang berpengikut sebesar 5,50% populasi dunia ini menduduki posisi ke lima sebagai agama terbesar di dunia. Kepercayaan ini ialah tradisi kepercayaan rakyat yang dipercayai oleh kebanyakan bangsa Tionghoa dari suku Han.

Kepercayaan ini tidak mempunyai kitab suci resmi dan sering merupakan perpaduan antara beberapa kepercayaan atau filsafat seperti Konfusianisme, Taoisme, dan Buddhisme. Dalam kepercayaan ini, ada dua ritual penghormatan penting yang dilakukan yaitu penghormatan pada leluhur dan penghormatan pada dewa-dewi.

4. Buddha (521 Juta Pengikut)

8 Agama Terbesar di Dunia dengan Pemeluk Terbanyakpexels.com/suraphatnuea-on

Berpengikut hingga setengah miliar orang, agama Buddha menjadi agama terbesar ke empat dengan pemeluk terbanyak.  Pada tahun 600 SM, Siddharta Gautama yang dikenal sebagai Buddha, mendirikan agama ini. Sebagai agama Dharma yang sama seperti Hindu, ajaran dari agama ini didasari oleh kehidupan setelah kematian, karma, dan reinkarnasi. Kitab suci dari agama ini sendiri adalah Tripitaka yang berarti Tiga Keranjang.

3. Hindu (1,15 Miliar Pengikut)

8 Agama Terbesar di Dunia dengan Pemeluk Terbanyakpexels.com/artembali

Di posisi ke tiga ada agama Hindu yang memiliki pengikut sebanyak 15% populasi dunia. Pengikut agama ini dominan bertempat tinggal di Asia Selatan terutama India dan Nepal. Di Indonesia sendiri, daerah Bali lah yang masyarakatnya dominan beragama Hindu. Agama ini menjadi agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga saat ini.

2. Islam (1,8 Miliar Pengikut)

8 Agama Terbesar di Dunia dengan Pemeluk Terbanyakpixabay.com/chzaib

Agama Islam mendominasi kepercayaan penduduk dunia sekitar 24,2% dengan jumlah 1,8 miliar pengikut. Didirikan oleh Nabi Muhammad pada tahun 610 M, agama Islam diikuti oleh muslim yang memercayai Allah, Muhammad sebagai Rasul Allah, Sunnah, dan Alquran sebagai kitabnya. Komunitas muslim sendiri terdiri dari dua kelompok, yakni Syiah dan Sunni.

1. Kristen (2,5 Miliar Pengikut)

8 Agama Terbesar di Dunia dengan Pemeluk Terbanyakpixabay.com/congerdesign

Agama pertama yang paling banyak pemeluknya adalah agama Kristen dengan 2,5 miliar orang. Kristen mendominasi 33,5% penduduk bumi. Agama Kristen berfokus pada ajaran Yesus Kristus sebagai pedoman kehidupan. Kini agama Kristen telah terbagi dalam kelompok dan denominasi. Tiga jenis komunitas terbesarnya yaitu Ortodoksi Timur, Katolik Roma, dan Protestan.

Itu dia 8 agama besar di dunia dengan pemeluk terbanyak. Mana yang membuat kamu penasaran?

Baca Juga: Selain Islam, Inilah 5 Agama yang Menjalankan Ibadah Puasa

Baca Juga: Sebelum Kristen dan Islam, Ini 8 Agama Tertua di Dunia

Baca Juga: Inilah 6 Film Bertema Agama yang Pernah Timbulkan Kontroversi