Muda dan berprestasi merupakan gambaran yang pas untuk sosok perempuan yang satu ini. Yap! Putri Indahsari Tanjung atau kerap disapa Putri Tanjung. Bagaimana tidak, perempuan kelahiran Jakarta, 22 September 1996 (23 tahun) ini berhasil dipilih menjadi satu dari tujuh orang dari kalangan milenial yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi staf khusus kepresidenan. 

Berasal dari kalangan milenial dan atas pencapaiannya dalam dunia bisnislah akhirnya Putri bisa ikut bergabung menjadi staf khusus kepresidenan. Kamu penasaran nggak sih apa saja yang Putri Tanjung lakukan saat menjabat menjadi staf khusus kepresidenan? Yuk simak pembahasannya di bawah ini, Bela.

Putri Tanjung tetap aktif kegiatan sosial

Putri Tanjung: Pengusaha Muda Pejuang Industri KreatifPopbela.com/Nabila Damaan

Seperti kamu tahu Putri Tanjung merupakan Founder dan CEO di Creativepreneur dan Chief Bussiness Officer of Kreavi. Dan pada akhir November lalu ia terpilih menjadi salah satu staf khusus kepresidenan dari kalangan milenial. 

Namun, di kala kesibukannya tersebut Putri Tanjung masih bisa menyempatkan waktu untuk mengikuti berbagai kegiatan sosial, seperti pada tim Popbela.com temui belum lama ini, Putri Tanjung hadir dalam acara peluncurun sebuah outlet eyewear di kawasan Bintaro. Dalam acara tersebut terdapat sebuah aksi di mana setiap pembelian satu kacamata sama dengan memberikan satu kacamata kepada anak-anak yang membutuhkan.

"Jadi aksi ini nggak cuma berlaku hanya karena grand opening aja, tapi aksi ini berlaku secara terus menerus, mau kalian beli besok atau tahun depan aksi ini masih tetap berlaku," ujar Putri Tanjung.

Kegiatan staf khusus kepresidenan

Putri Tanjung: Pengusaha Muda Pejuang Industri Kreatifinstagram.com/putri_tanjung

Setelah resmi menjadi staf khusus kepresidenan dari generasi milenial pada 21 November 2019 lalu, banyak anak-anak muda, khususnya perempuan yang bertanya-tanya apa saja sih yang dilakukan dara berusia 23 tahun ini kala menjadi staf khusus kepresidenan?

Disatu kesempatan, tim Popbela.com mewawancarai Putri Tanjung perihal kegiatan selama menjadi staf khusus kepresidenan. Putri mengatakah bahwa ketujuh staf kepresidenan yang dipilih dari kalangan milenial itu memiliki peran yang berbeda-beda. Putri Tanjung sendiri berfokus pada industri kreatif dan juga kewirausahaan. 

"Karena latar belakang aku kan dari dunia entrepreneur, jadi aku berfokus pada kegiatan yang dijalankan oleh Presiden Joko Widodo yang berkaitan dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM),  dan industri kreatif," ujar Putri Tanjung.

Putri Tanjung juga menambahkan bahwa ia mendukung setiap program yang sedang, atau akan dijalankan oleh pemerintah dengan  memberikan kontribusi berupa ide-ide, advice, serta inovasi. "Dan kita (ketujuh staf khusus milenial) juga menyalurkan aspirasi-aspirasi anak muda ke istana," lanjut Putri Tanjung.

Bapak adalah anutan Putri Tanjung

Putri Tanjung: Pengusaha Muda Pejuang Industri Kreatifinstagram.com/putritanjung

Butuh perjuangan yang tidak mudah bagi Putri Tanjung untuk bisa sampai berada di posisinya yang sekarang. Jatuh bangun merasakan menjadi seorang pengusaha dari usianya yang masih belia, dan sampai akhirnya di usianya yang ke-17 tahun ia berhasil mendirikan EO (Event Organizer) miliknya sendiri.

Sukses membangun bisnis di usia muda ternyata bapak (Chairil Tanjung) adalah anutan sekaligus mentor dalam membangun bisnis tersebut. 

"Awal aku ingin menjadi pengusaha itu karena bapak. Bapak pernah bilang kalau semua orang tuh punya hak untuk sukses. Kamu kan anak pengusaha nah jadi dia memastikan aku bisa nggak nih sukses menjadi pengusaha," ujar Putri Tanjung.

Bukan hanya sosok Bapak, Putri Tanjung juga mengakui bahwa banyak anak-anak muda yang baru merintis usaha dengan kegigihan mereka mampu membuat Putri termotivasi, lho Bela.

Pesan dari Putri Tanjung untuk kalangan milenial

Putri Tanjung: Pengusaha Muda Pejuang Industri Kreatifinstagram.com/putri_tanjung

Kesuksesan Putri Tanjung mendirikan bisnis di usia muda dan berhasil menjadi staf khusus kepresidenan mampu membuat perempuan milenial termotivasi untuk menjadi creativepreuner seperti dirinya. Namun, mereka tentu memiliki kendalanya masing-masing. Lalu, apa sih pesan yang Putri Tanjung berikan untuk para anak muda yang sedang ataupun mau menjadi creativepreneur seperti dirinya?

Putri Tanjung mengatakan anak muda harus dimulai dari mengubah mindsetnya terlebih dahulu. Intinya anak muda yang ingin merintis bisnis pertama harus berani mengambil risiko, harus menikmati proses yang kadang membuat kita merasa capek, dan jangan pernah lelah untuk belajar.

"Dari dulu itu visi misi aku adalah ingin mendorong kreativitas, inovasi, dan entrepreneur mindset di seluruh anak-anak muda di Indonesia, itulah yang sedang aku dan teman-teman aku perjuangkan di industri kreatif Tanah Air," ujar Putri Tanjung.

Waw, keren ya Bela? kamu yang tertarik dengan dunia bisnis patut nih meniru perjuangan perempuan muda yang satu ini.

Baca Juga: Jadi Staf Khusus Presiden, Prestasi Putri Tanjung ini menginspirasi