Sebuah riset menunjukkan millennial dan gen-Z di perkotaan rata-rata menempuh pendidikan selama sebelas tahun, artinya mereka berhasil menuntaskan program wajib belajar yang digaungkan pemerintah, yakni wajib belajar 12 tahun. Namun, sayangnya para millennial dan gen-Z yang berada di pedesaan rata-rata hanya mampu menempuh pendidikan selama 9 tahun, artinya tingkat pendidikan terakhir mereka hanya sampai di jenjang SMP.

Padahal, pendidikan menjadi salah satu fondasi penting yang dapat membantu seseorang untuk berhasil dalam karier dan pekerjaan.

Melalui panel The Future of Work and Education yang dilaksanakan dalam perhelatan Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, pengisi acara kali ini memberikan bocoran-bocoran standar perekrutan karyawan di perusahaan. 

Dunia pekerjaan semakin dinamis

#IMGS 2022: Yuk, Ketahui Inilah Proses Rekut Karyawan Bank MandiriDok. IDN Media

Mengenai standard requirement, tentunya hal ini merupakan hal yang dinamis. Dikatakan dinamis karena saat ini jenis pekerjaan semakin berevolusi seiring dengan berjalannya waktu, tak terkecuali saat pandemi COVID-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Alexandra Askandar, selaku Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Sebagai bagian dari BUMN, proses perekrutan karyawan baru adalah proses yang cukup krusial. Untuk itu, Bank Mandiri ataupun perusahaan BUMN lainnya harus memastikan mencari kandidat yang sesuai dengan kebutuhan dari satu posisi dengan bakat yang dimiliki.

"Menurut riset, ada asosiasi yang sangat antara employment dengan skill dan attitude yang masuk ke dalam kategori self-leadership," ujar Alexandara.

Mengedepankan akhlak

#IMGS 2022: Yuk, Ketahui Inilah Proses Rekut Karyawan Bank MandiriPopbela.com/NabilaDamaan

Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Alexandra Askandar, mengungkap rahasia rekrutmen pekerja di Badan Usaha Milik Negara. Salah satu yang kini jadi pertimbangan adalah core values atau akhlak. Inilah yang menjadikan pembeda BUMN dengan perusahaan lainnya.

"Itu menjadi karakteristik utama dari perekrutan kita di BUMN," kata Alexandra dalam sesi Visionary Leaders by IDN Times di Indonesia Millennial and Gen Z Summit 2022, Kamis (29/9/2022).

"Kita memastikan bahwa internalisasi dari core values akhlak ini ada dalam setiap proses rekruitmen, karena kami yakin, antara kesesuaian values dari perusaahan dengan values dari para kandidat itu menjadi kunci dalam engagement juga para talent ini bekerja di BUMN," ungkap Alexadra.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, yakni pada 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

Baca Juga: #IMGS2022: Hal Positif dari Kepemimpinan Perempuan ala Alina Darmadi

Baca Juga: #IMGS 2022: Lewat Collabonation, IM3 Bebaskan Musisi untuk Berkarya

Baca Juga: #IMGS 2022: Lewat Collabonation, IM3 Bebaskan Musisi untuk Berkarya