Kabar gembira nih untuk para penggemar Disney! Disney telah mengumumkan tanggal rilis resmi dari 8 judul utama mereka. Disney mengumumkan serangkaian rilis baru dan yang akan datang di panel D23 Expo 2022, konvensi klub penggemar resmi mereka yang berlangsung akhir pekan lalu di Anaheim, California. 

Menyusul film live-action The Little Mermaid, Disney berbagi sekilas tentang rencana masa depan mereka, salah satunya adalah mereka mengatakan tengah melangsungkan produksi film live-action Putri Salju.

Namun, sebelum itu mereka turut pula mengumumkan pembatalan Rogue Squadron salah satu seri film Star Wars terbaru dari sutradara Patty Jenkins, dari kalender rilisnya. Penundaan ini disinyalir karena Jenkins merasa kurang cocok dengan naskah yang diberikan eksekutif Lucasfilm.

Lantas, apa saja sih proyek yang Disney dan Pixar umumkan di D23 Expo 2022? Simak terus artikel berikut ini, yuk!

Next Goal Wins (21 April 2023)

Disney Mengumumkan 8 Tanggal Rilis Baru, Termasuk Mufasa & Snow Whitetheplaylist.net

Disney juga memasang bendera untuk Next Goal Wins dari Searchlight Pictures, sebuah komedi olahraga inspirasional yang disutradarai oleh Taika Waititi.

Film ini didasarkan pada film dokumenter 2014 dengan nama yang sama oleh Mike Brett dan Steve Jamison tentang upaya pelatih Belanda-Amerika Thomas Rongen untuk memimpin tim nasional sepak bola Samoa Amerika, yang dianggap sebagai tim sepak bola terlemah di dunia, untuk lolos ke FIFA 2014.

Elemental (16 Juni 2023)

Disney Mengumumkan 8 Tanggal Rilis Baru, Termasuk Mufasa & Snow Whiteign.com

Sutradara The Good Dinosaur, Pete Sohn sedang menangani Elemental, sebuah film Pixar baru yang akan datang pada Juni 2023. Di panel D23, ditampilkan trailer pertama untuk film tersebut. 

Film ini berlatar di kota besar dan mengikuti Ember, karakter yang berapi-api, dan Wade, karakter air dingin, saat mereka menemukan kesamaan mereka meskipun ada perbedaan.

Leah Lewis akan memerankan Ember, sementara Mamoudou Athie akan memerankan Wade. Dalam tampilan eksklusif di showcase, Pixar menunjukkan adegan keduanya belajar sedikit tentang satu sama lain saat mereka berjalan melalui Element City.

Haunted Mansion (11 Agustus 2023)

Disney Mengumumkan 8 Tanggal Rilis Baru, Termasuk Mufasa & Snow Whiteimdb.com

Disney juga mengungkapkan detail dari remake Haunted Mansion yang rencananya akan rilis di tahun 2023. Menampilkan pemeran baru seperti Winona Ryder, Dan Levy dan Hasan Minaj, juga  pemain bertabur bintang, termasuk Rosario Dawson, Owen Wilson, LaKeith Stanfield, Jared Leto, Tiffany Haddish, Ryder, Jamie Lee Curtis, Levy, Minaj dan Danny DeVito.

Mengisahkan tentang seorang ibu tunggal bersama putranya yang berusia 9 tahun baru saja menempati rumah baru. Ketika Gabbie merasa adanya kejanggalan di dalam rumah barunya, ia menyewa pemandu wisata, seorang paranormal, seorang pendeta, dan seorang sejarawan untuk membantu mengusir hantu di dalam rumah besar mereka yang baru dibeli. 

Film ini akan menampilkan referensi klasik untuk perjalanan Disneyland klasik, termasuk munculnya karakter Hatbox Ghost, yang diperankan Jared Leto, dan jangan lupakan Madame Leota.

Wish (22 November 2023)

Disney Mengumumkan 8 Tanggal Rilis Baru, Termasuk Mufasa & Snow Whitethemarysue.com

Disney mengumumkan Wish, film original baru yang akan datang tahun depan. Film ini dirancang untuk merayakan 100 tahun penceritaan Disney dengan karakter dan lagu asli yang terinspirasi oleh warisan Disney. Film ini akan mengeksplorasi bagaimana "bintang harapan" muncul yang terjadi di kerajaan dongeng yang ada jauh sebelum dunia Disney lainnya, disebut Kingdom of Wishes.

Wish akan dibintangi oleh Ariana DeBose sebagai Asha, disutradarai oleh Chris Buck dan Fawn Veerasunthorn, diproduksi oleh Peter Del Vecho dan Juan Pablo Reyes, dan menampilkan semua lagu baru oleh Julia Michaels.

Elio (1 Maret 2024)

Disney Mengumumkan 8 Tanggal Rilis Baru, Termasuk Mufasa & Snow WhiteDisney/Pixar

Elio adalah film sci-fi baru dari Pixar. Elio menceritakan kisah anak laki-laki berusia 11 tahun, yang berjuang untuk menyesuaikan diri sampai dia tiba-tiba disorot oleh alien dan dipilih menjadi duta galaksi bumi. Dia kemudian harus membuktikan bahwa bagian terbaik dari menjadi manusia adalah menjadi diri sendiri. Film ini akan dibintangi oleh America Ferrera sebagai Olga Solis dan Yonas Kibreab sebagai Elio.

Snow White (22 Maret 2024)

Disney Mengumumkan 8 Tanggal Rilis Baru, Termasuk Mufasa & Snow Whiteimdb.com

Proyek yang terlibat adalah bagian dari live-action baru Disney. Putri Salju akan menjadi pandangan baru tentang Snow White and the Seven Dwarfs yang rilis di tahun 1937–film fitur pertama Disney yang dirilis, menjadi film animasi berdurasi penuh pertama di dunia, serta merupakan melahirkan Putri Disney pertama.

Fans disuguhi tampilan pertama live-action Disney Snow White di D23 Expo pada hari Jumat, mengungkapkan Rachel Zegler dalam peran putri Disney pertama, Snow White.

Melansir Variety, teaser berdurasi 30 detik itu diperlihatkan secara eksklusif kepada pengunjung di ruangan dan tidak dirilis secara online, dibuka dengan pertanyaan ikonik Ratu Jahat (Gal Gadot) ke cermin ajaibnya, “Cermin ajaib di dinding, siapa yang paling cantik?" Putri Salju mengenakan kostum khasnya, yang berakhir dengan dia menjatuhkan apel beracun.

Marc Webb mengarahkan film Snow White yang akan datang, dengan komposer dari film Aladdin 2019. Bersama Zegler dan Gadot, film ini juga dibintangi oleh Andrew Burnap, sebagai kekasih Putri Salju, sementara aktor Martin Klebba memerankan Grumpy, salah satu dari tujuh kurcaci.

Inside Out 2 (14 Juni 2024)

Disney Mengumumkan 8 Tanggal Rilis Baru, Termasuk Mufasa & Snow Whitereuters.com

Apa yang akan terjadi di dalam isi kepala Riley? Yes, Inside Out 2 menjadi salah satu judul dari delapan yang diumumkan malam itu. Amy Poehler–pengisi suara untuk karakter Joy muncul di panggung di D23 Expo untuk membantu mengumumkannya.

Inside Out 2 akan mengajak penontonnya mengikuti isi kepala dan emosi di dalam kepala Riley remaja saat pubertas mulai menyerang. Di sekuel keduanya ini, kita akan melihat bagaimana Riley melalui cobaan dalam hidup di fase terbarunya. 

Film ini sangat awal dalam produksi, tetapi akan keluar pada musim panas 2024. Meskipun Bill Hader dan Mindy Kaling tidak akan mengulangi peran mereka masing-masing sebagai Fear dan Disgust, tetapi Amy Poehler akan kembali sebagai Joy.

Mufasa: The Lion King (5 Juli 2024)

Disney Mengumumkan 8 Tanggal Rilis Baru, Termasuk Mufasa & Snow Whitereddit.com

Mufasa: The Lion King, akan disajikan dalam animasi CGI fotorealistik, disutradarai oleh Barry Jenkins . Ini akan menjadi prekuel yang mengikuti kisah asal ayah Simba, menampilkan aktor kembali John Kani sebagai Rafiki, Seth Rogen sebagai Pumbaa, dan Billy Eichner sebagai Timon. Film ini akan menggunakan gaya animasi yang sama dari live-action Lion King 2019.

Di tampilan pertama film tersebut menunjukan Pride Rock yang ikonik dipasangkan dengan musik yang dapat dikenali. Kemudian terlihat bayi Mufasa hanyut dalam banjir. Jenkins mengatakan Mufasa: The Lion King adalah asal Mufasa, salah satu raja terbesar di Pridelands.

Peter Pan & Wendy

Disney Mengumumkan 8 Tanggal Rilis Baru, Termasuk Mufasa & Snow Whiteimdb.com

Selain kedelapan judul di atas, Disney juga menampilkan tampilan pertama film Peter Pan & Wendy. Sebuah film aksi yang menceritakan kembali kisah anak-anak yang pergi ke Neverland dan bertemu Peter Pan.

Pemeran yang sudah diumumkan sebelumnya termasuk pendatang baru seperti Alexander Molony sebagai Peter Pan dan Ever Anderson sebagai Wendy. Di sisi penjahat kita memiliki Jude Law sebagai Kapten Hook, Jim Gaffigan sebagai Mr. Smee, dan melengkapi para pemainnya adalah Yara Shahidi sebagai Tinker Bell dan Alyssa Wapanatahk sebagai Tiger Lily.

Peter Pan & Wendy adaptasi live-action terbaru dari Disney bersama dengan film-film seperti The Lion King dan Pinnochio. Peter Pan & Wendy akan hadir di Disney+ pada tahun 2023.

Wah, menarik ya Bela. Nggak sabar menantikan Mufasa: The Lion King dan Snow White, nih. Dikabarkan kisah-kisah menarik dari Studio Disney akan terus menemani sepanjang tahun 2022-2024, lho. Kalau kamu paling menunggu film apa Bela?

Baca Juga: Mirip Banget, Ini 15 Potret Princess Disney Versi Dunia Nyata 

Baca Juga: Disney Ajak Marvel Fans Olahraga 'Tingkat Dewa' ala Thor! 

Baca Juga: 5 Fasilitas Disneyland Paling Unik di Berbagai Negara