Buat kamu yang suka mengikuti informasi para blogger dalam dan luar negeri, mungkin nama Chiara Ferragni sudah nggak asing buat kamu. Fashion blogger berusia 29 tahun berkebangsaan Italia tersebut dinobatkan sebagai the most successful blogger in the world! Hal tersebut mengantarkan blog yang selama ini dia urus yaitu The Blonde Salad menjadi fashion blog paling populer di dunia. Nggak tanggung-tanggung, kesuksesannya bahkan dijadikan sebagai bahan studi kasus di Harvard Business School. Memang apa yang telah dilakukan Ferragni selama ini?

Wow! Harvard Business School Adakan Studi Kasus Khusus tentang Blogger Satu Ini

Pada tahun 2009, Chiara yang hobi selfie dengan kostum yang dia punya mulai membuat blog yang dibantu oleh teman yang lalu menjadi pacar sekaligus rekan bisnisnya, Riccardo Pozzoli. Dengan selera fashion yang baik, akhirnya Chiara mencoba untuk meluncurkan lini sepatunya yang diberi nama Chiara Ferragni Collection.

Wow! Harvard Business School Adakan Studi Kasus Khusus tentang Blogger Satu Ini

Blog The Blonde Salad perlahan berubah menjadi situs berharga jutaan euro, diikuti dengan jumlah follower Chiara di sosial media yang menyentuh 6 juta orang. Situs yang juga berfungsi sebagai media bisnis Chiara ini dijadikan sebagai objek penelitian studi kasus di Harvard, meliputi bagaimana bisnisnya bekerja dan koleksi sepatu yang dia jual.

Wow! Harvard Business School Adakan Studi Kasus Khusus tentang Blogger Satu Ini

Dalam 25 halaman hasil studi kasus dari Harvard Business School yang dijual seharga 14 dolar, kamu bisa menemukan banyak tips dan cara yang tim Chiara tempuh untuk mendapatkan profit secara mandiri. Mereka memilih menolak ketika mendapat tawaran menjadi model dengan bayaran tinggi dan bertahan mengibarkan brand The Blonde Salad hingga akhirnya high-end brand lain menyadari pengaruh yang mereka ciptakan.

Wow! Harvard Business School Adakan Studi Kasus Khusus tentang Blogger Satu Ini

Setiap blogger memiliki konsep sendiri dalam mengemas konten mereka. Namun setelah kemunculan Chiara dengan penghasilan menyentuh 8 juta euro atau sekitar 113 milyar rupiah, profesi blogger dinilai sangat menjanjikan. Chiara telah membuktikan bahwa hobi yang ditekuni dengan sungguh-sungguh akan menjadi ladang bisnis yang subur.

Gimana Bela, tertarik untuk menjadi blogger seperti Chiara?

 

BACA JUGA: Rahasia Sukses Cindy Karmoko, Super Blogger yang Berhasil dalam Dunia Mode Internasional