Bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi adalah impian setiap orang. Bahkan, banyak orang rela pergi merantau ke kota lain bahkan ke luar negeri untuk menuntut ilmu. Meski sama-sama tinggal mandiri, hidup di luar negeri punya tantangan yang lebih kompleks dibanding merantau di dalam negeri. Hal tersebut juga berlaku bagi para seleb yang pernah kuliah di luar sana, lho. DIlansir dari Berkuliah.com, inilah tantangan yang akan kamu hadapi saat belajar di luar negeri.

1. Gita Gutawa

Mencoba Hidup Normal, Inilah yang Dialami Para Seleb Saat Kuliah di Luar Negeriwww.soulofjakarta.com

Penyanyi muda bersuara emas ini memutuskan untuk kuliah di jurusan Ilmu Ekonomi University of Birmingham. Sebagai satu-satunya mahasiswa yang berasal dari Indonesia, Gita berhadapan dengan teman-teman yang mayoritas berasal dari Eropa. Mereka tentu memiliki budaya dan tata pergaulan yang berbeda. Gita juga harus tinggal di asrama ketika teman-temannya tinggal di apartemen. Nggak jauh berbeda dengan kamu yang merantau, Gita harus mencuci dan memasak sendiri untuk bertahan hidup.

2. Cinta Laura

Mencoba Hidup Normal, Inilah yang Dialami Para Seleb Saat Kuliah di Luar Negeriwww.sumutpos.co

Mengambil dua jurusan sekaligus di Columbia University membuat Cinta harus berjuang lebih keras untuk diterima di kampus tersebut. Sebagai salah satu universitas bergengsi di Amerika Serikat, Cinta harus membuat esai dan bersaing dengan puluhan ribu orang supaya diterima. Gaya hidup Cinta pun juga sama dengan mahasiswa yang merantau di tempat baru.

3. Maudy Ayunda

Mencoba Hidup Normal, Inilah yang Dialami Para Seleb Saat Kuliah di Luar Negeriwww.youtube.com

Diterima di tiga kampus bergengsi, akhirnya pilihan Maudy jatuh pada Oxford University. Alasannya sederhana, karena Oxford University merupakan kampus tertua di Inggris dan Maudy ingin merasakan suasana London. Sama seperti yang lain, Maudy sempat nggak mendapat izin dari keluarga untuk kuliah di sana. Namun akhirnya Maudy mencoba mendafar kembali di tahun berikutnya dan diterima di jurusan Politics, Philosophy and Economic.

4. Vidi Aldiano

Mencoba Hidup Normal, Inilah yang Dialami Para Seleb Saat Kuliah di Luar NegeriPhoto by Richard Gartodus for Esquire Indonesia/www.esquire.co.id

Merasakan kualitas pendidikan di luar negeri nggak hanya melalui kuliah bertahun-tahun. Vidi yang pernah mengikuti summer course di Amerika selama 2 bulan juga bisa merasakan manfaatnya, apalagi dia berkesempatan untuk belajar musik lebih dalam. Namun karena adanya budaya yang berbeda, Vidi sempat kaget ketika tinggal di lingkungan di mana orang-orang Amerika sangat individualis.

Masih semangat untuk berkuliah di luar negeri kan, Bela?

BACA JUGA: Jangan Takut untuk Apply Beasiswa ke Luar Negeri! Lihat Daftar Penyedianya Dulu Saja, Yuk