Waktu masih di bangku kuliah, apakah kamu pernah kesulitan menghapal materi untuk ujian? Kebiasaan buruk tersebut bisa saja terbawa hingga sekarang, terutama ketika kamu mengingat hasil meeting atau apa saja yang harus kamu selesaikan hari ini. Sebenarnya, melatih otak untuk terus berpikir dan mengingat adalah cara paling tepat untuk meningkatkan memori jangka pendek dan jangka panjang. Gimana caranya?

Rutin Lakukan 3 Hal Ini Supaya Bisa Tingkatkan Daya Ingatmu

Flash card merupakan kumpulan kartu yang bisa kamu buat sendiri dari kertas. Tulislah hal-hal yang perlu kamu ingat di kertas tersebut, misal kata-kata baru ketika kamu belajar bahasa asing. Baca sekumpulan kartu tersebut tiap hari sehingga otak kamu terbiasa memahami kata-kata tersebut.

Rutin Lakukan 3 Hal Ini Supaya Bisa Tingkatkan Daya Ingatmu

Menghubungkan sesuatu yang baru dengan hal yang telah kamu ketahui sebelumnya bisa meningkatkan daya ingat. Hal ini sangat berguna ketika kamu ingin menghapal nama seseorang. Coba hubungkan nama tersebut dengan hal yang kamu pikir berkaitan, sehingga kamu lebih mudah mengingatnya.

Rutin Lakukan 3 Hal Ini Supaya Bisa Tingkatkan Daya Ingatmu

Membaca informasi secara sekilas dan cepat seperti membaca buku dengan teknik scanning biasanya efektif jika kamu ingin mendapatkan informasi secara cepat, namun nggak efektif jika kamu ingin menghapal sesuatu. Kamu bisa memejamkan mata dan mengulang informasi yang baru kamu baca untuk mengingatnya, persis seperti yang kamu lakukan saat menghapal pelajaran dulu.

Jangan sampai lupa lagi, Bela.
 

BACA JUGA: Sering Lupa? Gunakan 9 Trik Ini untuk Meningkatkan Kapasitas Memorimu!