Kata orang, jangan terlalu percaya dengan foto-foto yang ada di media sosial karena pada kenyataannya nggak seindah yang ditampilkan. Tapi bagaimana dengan pesona yang ditunjukkan seseorang secara langsung? Apakah itu realitas atau juga dibalut dengan tipuan? Baru-baru ini media luar negeri sedang heboh dengan kisah seorang sosialita asal Indonesia yang kebohongannya baru terungkap setelah bertahun-tahun mengarang cerita tentang jati dirinya.

Perempuan bernama Azura Luna yang tinggal di Hong Kong sejak tahun 2003 ini telah memalsukan identitas aslinya demi memenuhi kebutuhan gaya hidupnya yang mewah. Pernah menikah dengan orang Kanada dan bercerai di tahun 2010, Azura terus hidup dengan ‘citra’ yang dibangunnya sebagai seorang sosialita dan filantropi. Merangkum dari berbagai sumber, berikut fakta Azura Luna.

1. Punya banyak nama

Azura Luna, Sosialita Palsu Indonesia yang Jadi Buronan di Hong Kongdok.internet

Azura memiliki nama asli yaitu Enjang Widhi Palupi yang lahir pada tahun 1978. Perempuan asal Jawa Timur ini mengganti namanya menjadi Azura Luna Mangunhardjono. Selain itu, ia juga memiliki beberapa nama samaran seperti Miss M, Alexandra dan Ally. Dirinya pindah ke Hong Kong ketika suaminya saat itu harus bertugas di sana.

2. Memberikan cerita yang berbeda-beda

Azura Luna, Sosialita Palsu Indonesia yang Jadi Buronan di Hong Kongdok.internet

Melansir dari Indonesia Expat, ada begitu banyak kebohongan yang dituturkan oleh Azura, salah satunya tentang identitasnya. Azura mengaku bahwa dirinya merupakan seorang putri dari Indonesia dan mengaku keluarganya termasuk 10 besar keluarga terkaya di Indonesia. Di sisi lain, ia juga pernah mengaku berasal dari keluarga miskin dan ayahnya membutuhkan biaya operasi yang begitu besar. Di lain cerita, ia mengaku orangtuanya meninggal di Timor Timur saat usianya masih 11 tahun.

3. Berawal dari wawancara

Azura Luna, Sosialita Palsu Indonesia yang Jadi Buronan di Hong Kongdok.internet

Aksi buruk Azura selama bertahun-tahun akhirnya terbongkar setelah dirinya melakukan wawancara dengan reporter bernama Suzanne Harrison dari South China Morning Post. Kontaknya nggak bisa dihubungi sehari setelah wawancara dan foto-foto di media sosialnya juga sudah dihapus. Selain itu, semakin banyak pihak yang merasa menjadi korban turut melaporkan kerugian yang mereka alami karena Azura.

4. Deretan utang dan penipuan

Azura Luna, Sosialita Palsu Indonesia yang Jadi Buronan di Hong Kongdok.internet

Ada begitu banyak penipuan yang Azura lakukan, sepertinya yaitu penipuan tas mewah, penipuan dalam membangun bisnis, kabur dari hotel dan apartemen mewah tanpa membayar uang sewa hingga gaji asistennya yang belum terbayar. Bahkan, dirinya sempat mengadakan penggalangan dana untuk amal dengan menjual sebuah lukisan. Nyatanya, ia pernah meminjam lukisan dari temannya untuk sebuah acara dan lukisan tersebut nggak pernah dikembalikan.

5. Meyakinkan calon korbannya

Azura Luna, Sosialita Palsu Indonesia yang Jadi Buronan di Hong KongInstagram.com/almh444

Mungkin ada yang berpikir bagaimana seseorang bisa menipu berkali-kali tanpa ketahuan dalam waktu tertentu. Nggak cuma karangan cerita, Azura dianggap lihai dalam menarik perhatian para korbannya dan percaya dengan apa yang mereka lihat. Azura juga dikabarkan memiliki beberapa kekasih dan membujuk mereka untuk memberikan hartanya atau memenuhi kebutuhan gaya hidupnya.

6. Jadi buronan di Hong Kong

Azura Luna, Sosialita Palsu Indonesia yang Jadi Buronan di Hong Kongdok.internet

Akibat perbuatannya tersebut, Azura Luna dijadikan buronan oleh kepolisian Hong Kong dan Interpol. Bahkan, kepolisian Indonesia bersedia membantu melacak keberadaannya jika Interpol membutuhkan. Sementara ini, Azura diketahui sedang nggak berada di Hong Kong.

7. Dibuatnya situs peringatan

Azura Luna, Sosialita Palsu Indonesia yang Jadi Buronan di Hong Kongazuramangunhardjono.com

Jika kamu mengetik Azura Luna di Google, mungkin kamu akan bertemu dengan situs azuramangunhardjono.com. Entah siapa yang membuatnya, namun situs tersebut seolah dibuat oleh korban atau publik tentang peringatan kepada masyarakat terkait penipuan Azura. Dalam halaman depan situs tersebut juga dimuat foto-foto serta link berita tentang Azura.

Wah, kira-kira Azura sedang berada di mana ya sekarang?

Baca Juga: 10 Potret Fantastis Para Sosialita di Asia, Mewah Abis!