Niat Puasa Qadha Ramadan dan Tata Cara Menunaikannya Lengkap

Ganti puasa Ramadan yang tertinggal, yuk!

Niat Puasa Qadha Ramadan dan Tata Cara Menunaikannya Lengkap

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Bela, apa kamu salah satu yang sempat bolong puasanya pada Ramadan kemarin? Mungkin karena alasan sakit, dalam perjalanan jauh, ataupun siklus bulanan (menstruasi) pada perempuan. Kalau begitu, kamu wajib untuk mengganti puasamu yang tertinggal, dengan puasa Qadha atau pengganti puasa ramadan, ya.

Hal tersebut dijelaskan dalam firman Allah SWT di surat Al-Baqarah ayat 184 di bawah ini: 

أَيَّامًا مَّعْدُودَاتٍ ۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُ ۚ وَأَن تَصُومُوا خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ  

Artinya: "(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." 

Niat Puasate>

Sebelum melaksanakan puasa Qadha, kamu perlu mengetahui niat puasa Qadha dan tata caranya berikut ini. 

Hal penting saat melakukan puasa Qadha

Ketika ingin melaksanakan puasa Qadha, kamu juga wajib untuk membaca niat puasa Qadha di malam hari sebelum fajar, atau sama dengan saat membaca niat puasa Ramadan, Bela.  

Sesuai dengan riwayat dari Syekh Sulaiman Al-Bujairimi dalam Hasyiyatul Iqna' berikut. 

ويشترط لفرض الصوم من رمضان أو غيره كقضاء أو نذر التبييت وهو إيقاع النية ليلا لقوله صلى الله عليه وسلم: من لم يبيت النية قبل الفجر فلا صيام له. ولا بد من التبييت لكل يوم لظاهر الخبر

Artinya: “Disyaratkan memasang niat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha, atau puasa nadzar. Syarat ini berdasar pada hadits Rasulullah SAW, ‘Siapa yang tidak memalamkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.’ Karenanya, tidak ada jalan lain kecuali berniat puasa setiap hari berdasar pada redaksi zahir hadits,” terang Syekh Sulaiman Al-Bujairimi dalam Hasyiyatul Iqna’.

Jadi, jangan lupa untuk membaca bacaan niat puasa Qadha saat malam hari sebelum datang fajar, ya!

Niat puasa Qadha (Arab, Latin, dan terjemahan)

Kalau begitu, langsung baca niat puasa Qadha di bawah ini, yuk! 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhā’I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta‘âlâ.  

Artinya, "Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah Ta'ala." 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here