Bela, apa kamu adalah anak kedua dalam keluarga? Dalam keluarga, biasanya anak pertama disebut sebagai anak sulung yang tugasnya adalah menjaga adik-adik dan keluarga. Kemudian, anak terakhir disebut sebagai si bungsu yang biasanya paling dimanjakan. Lalu, bagaimana ya kalau anak kedua? 

Ternyata, anak kedua disebut-sebut juga punya sifat unik yang berbeda dengan anak pertama atau terakhir. Hal ini sejalan dengan pernyataan dari salah satu ahli psikologi, Alfred Adler, yang berpendapat bahwa urutan kelahiran punya pengaruh dalam menentukan kepribadian dari seseorang. 

Penasaran? Simak 9 hal menarik tentang fakta sifat anak kedua di bawah ini, yuk!

1. Lebih Mandiri

Fakta atau Mitos? Ini 9 Sifat Unik Anak Kedua yang Harus Kamu Tahu!freepik.com/katemangostar

Berbicara soal kemandirian, biasanya anak pertama atau si sulunglah yang dibicarakan. Tapi, ternyata faktanya anak kedua juga disebut punya sifat mandiri yang tidak kalah dengan si sulung. Hal ini lantaran anak kedua mampu membagi dirinya dari urusan keluarga dan menjadikan ia sebagai sosok yang independen atau mandiri. 

2. Bisa jadi mediator yang baik

Fakta atau Mitos? Ini 9 Sifat Unik Anak Kedua yang Harus Kamu Tahu!Familymeditationottawa.com

Lahir di tengah-tengah, sifat anak kedua ternyata disebut punya sifat cinta damai, sabar, dan toleran. Karenanya, ia bisa menjadi mediator yang baik antara keluarga yang sedah berseteru. Setuju nggak, nih?

3. Punya self-esteem yang cenderung rendah

Fakta atau Mitos? Ini 9 Sifat Unik Anak Kedua yang Harus Kamu Tahu!pexels.com/tessseymourphotography

Dalam keluarga, fakta anak kedua biasanya memiliki atensi yang kurang kuat dari keluarga. Si sulung biasanya akan dibanggakan dan dipercayai karena anak tertua, dan si bungsu akan dimanjakan karena anak terkecil, sedangkan anak kedua berada di antaranya. Hal inilah yang disebut-sebut membuat anak kedua memiliki rasa berharga pada diri sendiri (self esteem) yang rendah.

4. Sering merasa terasingkan

Fakta atau Mitos? Ini 9 Sifat Unik Anak Kedua yang Harus Kamu Tahu!Pexels.com/John Rae Cayabyab

Karena tidak menemukan keunikan dan rasa antusias dari keluarga seperti si sulung dan si bungsu dalam keluarga, anak kedua akhirnya disebut seringkali merasa terasingkan. Mereka pun akhirnya memilih untuk menarik diri dan tertutup. 

5. Perasaannya lebih sensitif

Fakta atau Mitos? Ini 9 Sifat Unik Anak Kedua yang Harus Kamu Tahu!Pixabay.com/Foundry

Karena perasaan emosional di atas, sifat anak kedua akhirnya disebut memiliki perasaan yang lebih sensitif. Mereka akan mudah terbawa perasa emosionalnya, bahkan oleh hal-hal kecil. 

6. Kreatif dan berjiwa bebas

Fakta atau Mitos? Ini 9 Sifat Unik Anak Kedua yang Harus Kamu Tahu!Medicalnewstoday.com

Selanjutnya, fakta anak kedua disebut memiliki kreativitas tinggi dan berjiwa bebas. Karena biasa tidak terlalu mendapat atensi yang tinggi dari keluarga, sifat anak kedua cenderung aktif mengisi waktu luangnya dengan ide kreatif. 

7. Punya sikap tegas

Fakta atau Mitos? Ini 9 Sifat Unik Anak Kedua yang Harus Kamu Tahu!Freepik.com

Meski bukan anak pertama yang diidentikan punya kepemimpinan dan dewasa, faktanya anak kedua ternyata mampu memosisikan dirinya juga sebagai orang yang tegas. Sebagai anak tengah, ia bisa memberikan masukkan kepada kakak dan memberikan nasihat yang terbaik untuk adiknya. 

8. Lihai bernegosiasi

Fakta atau Mitos? Ini 9 Sifat Unik Anak Kedua yang Harus Kamu Tahu!Mallory.com.au

Sifat anak kedua juga disebut mudah untuk bernegosiasi dan memanipulasi lawan bicaranya. Mereka disebut mampu melihat sebuah masalah dari berbagai aspek dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan penilaiannya itu. 

9. Kompetitif dengan saudara

Fakta atau Mitos? Ini 9 Sifat Unik Anak Kedua yang Harus Kamu Tahu!Dok. Internet

Karena tidak memiliki keunikan yang membuatnya tak mendapat atensi besar dari keluarga, maka membuat anak kedua cenderung kompetitif kepada saudaranya. Mereka bisa sekuat tenaga memperlihatkan kemampuan atau kelebihannya di depan orang tua. Tujuannya, untuk mendapatkan atensi dan rasa kasih yang lebih dari keluarga. 

Nah, itu dia 9  fakta dan sifat unik anak kedua yang menarik untuk kamu ketahui. Kira-kira kamu merasa relate nggak, nih?

Baca Juga: 7 Sifat dan Fakta Anak Pertama, Setuju Nggak Nih?

Baca Juga: 5 Kelebihan yang Hanya Dimiliki Anak Ketiga dalam Keluarga

Baca Juga: Apa Itu Sindrom Anak Tunggal? Ini Penjelasannya