Melihat makin melonjaknya jumlah pasien positif corona atau COVID-19 di Indonesia, membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan imbauan untuk membaca sebuah doa, yaitu Qunut Nazilah. Lalu, apa itu doa Qunut Nazilah?

Doa Qunut Nazilah sendiri adalah doa yang disunahkan untuk dibaca saat shalat lima waktu. Doa ini berisikan permintaan tolong kepada Allah agar musibah yang sedang menimpa kita segera berakhir. 

1. Doa Qunut Nazilah Beserta Artinya

Inilah Doa Qunut Nazilah untuk Mencegah MusibahFreeimages.com

Berikut doa Qunut Nahzilah yang bisa kamu baca saat shalat fardhu:

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya, Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya, tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Tata Cara Membaca Doa Qunut Nazilah

Inilah Doa Qunut Nazilah untuk Mencegah MusibahDok. Internet
  1. Kamu bisa membaca doa ini dalam keadaan setelah ruku' pada rakaat terakhir shalat fardhu.
  2. Saat waktu shalat Dhuhur dan Ashar, kamu bisa membaca doa Qunut Nazilah dengan suara pelan.  
  3. Sedangkan, saat waktu Magrib, Isya', dan Subuh, kamu bisa membaca doa Qunut Nazilah dengan suara keras atau Jahriyah. 
  4. Ketika dibaca saat shalat berjamaah, Imam akan membaca lafadz doa Qunut Nazilah dengan mengganti kata untuk diri sendiri "ni" (mutakallim wahdah) menjadi "na"  untuk artian "kita"(mutakallim ma’al ghair ). Setelah itu, makmum akan mengaminkannya.

Yuk, mulai membaca doa Qunut Nazilah ini sebagai upaya meminta pertolongan kepada Tuhan agar musibah virus COVID-19 ini segera berakhir, Bela!

Baca Juga :

Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Virus Corona  
Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  
7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona