Setiap tahunnya, ajang pengahargaan Academy Awards atau yang populer disebut Piala Oscar memang selalu menarik untuk dibicarakan, ya! Mulai dari jajaran nominasi di dalamnya, sampai harga goodie bag yang ternyata punya nilai fantastis. 

Penasaran? Simak 9 fakta seru Piala Oscar 2020 yang nggak boleh kamu lewatkan di bawah ini!

1. Tidak Adanya MC

Goodie Bag Rp3 M Sampai Kontroversi, Ini 7 Fakta Seru Piala Oscar 2020Hollywoodreporter.com

Sejak tahun lalu, pihak penyelenggara Piala Oscar memang memilih untuk meniadakan MC dalam acara ini. Hal ini mulai berlangsung sejak kontroversi yang menjerat calon MC dari Piala Oscar tahun lalu, Kevin Hart. 

Jelang penampilannya sebagai MC, Kevin justru tersandung masalah karena pernyataan homofobiknya di media sosial. Ia pun meminta maaf dan menarik diri sebagai MC dari Piala Oscar.

2. Kontroversi #OscarSoWhite

Goodie Bag Rp3 M Sampai Kontroversi, Ini 7 Fakta Seru Piala Oscar 2020Dok. Internet

Sejak 5 tahun lalu, tepatnya pada 2015, penyelenggaraan Piala Oscar selalu dibarengi dengan ramainya tagar #OscarSoWhite di media sosial. Tagar ini sendiri adalah bentuk kritik untuk Piala Oscar karena dinilai hanya memberi kesempatan untuk film produksi orang kulit putih yang bisa masuk dalam ajang bergengsi tersebut. 

Selain itu, banyak pihak yang menyoroti tidak adanya nominasi untuk aktor, aktris, dan nominasi lainnya yang diisi oleh orang selain kulit putih. Hal inilah yang menyulut kritik dari banyak pihak termasuk banyak aktris, aktor, sutradara, hingga pengamat film dunia. 

3. Habiskan Biaya Sampai Rp601 Miliar

Goodie Bag Rp3 M Sampai Kontroversi, Ini 7 Fakta Seru Piala Oscar 2020Swarovskigroup.com

Jadi ajang penghargaan yang paling dinantikan sejak 1929, ternyata Oscar tahun ini menelan biaya yang sangat fantastis, yaitu sekitar $44 juta atau sekitar Rp601 miliar! 

4. Red Carpet Senilai Ratusan Juta

Goodie Bag Rp3 M Sampai Kontroversi, Ini 7 Fakta Seru Piala Oscar 2020Dok. Internet

Salah satu momen paling berkesan di Piala Oscar adalah segmen red carpet-nya. Tahu nggak sih, ternyata red carpet yang legendaris di Piala Oscar juga punya harga yang fantastis, lho! 

Punya ukuran sekitar 46 meter, red carpet ini dipatok seharga Rp337 juta. Karena ini jugalah, pihak penyelenggara juga tak lupa menyiapkan belasan penjaga untuk menjaga agar karpet ini tak sampai rusak. 

5. Goodie Bag Seharga Rp3 Miliar!

Goodie Bag Rp3 M Sampai Kontroversi, Ini 7 Fakta Seru Piala Oscar 2020Dok. Internet

Goodie bag, barang satu ini juga jadi perhatian saat perhelatan Piala Oscar setiap tahunnya. Dilansir dari Forbes, tahun ini Oscar menyediakan beragam barang mewah dalam goodie bag yang dibagikannya. Mulai dari beragam produk mandi dengan daun emas 24 karat dan amethyst dari Hotsy Totsy Haus, sampai voucher perawatan kecantikan dengan dokter Konstantin Vasyukevich. Wow!

6. Frozen II Secara Mengejutkan Tak Masuk Nominasi

Goodie Bag Rp3 M Sampai Kontroversi, Ini 7 Fakta Seru Piala Oscar 2020Mamamia.com.au

Film karya Disney sebelumnya memang digadang-gadang akan masuk dalam nominasi Best Animated di Piala Oscar. Tapi ternyata, secara mengejutkan film karya sutradara Chris Buck dan Jennifer Lee ini tak berhasil masuk dalam nominasi. Karena hal ini, banyak penggemar film Frozen yang mengaku kecewa. Apa kamu salah satunya?

8. Parasite, Film Asia Pertama yang Jadi Film Terbaik di Oscar

Goodie Bag Rp3 M Sampai Kontroversi, Ini 7 Fakta Seru Piala Oscar 2020cultura.id

Boyong seluruh kru dan pemainnya di Oscar 2020, Parasite akhirnya berhasil menjadi film terbaik di ajang bergengsi ini. Bukan cuma itu, film garapan sutradara Bong Joon Ho ini juga berhasil masuk dalam 5 nominasi lainnya, salah satunya adalah Best Pictures. Congratulation!

Baca Juga: Tak Ada Frozen II, Ini Daftar Lengkap Pemenang Piala Oscar 2020