Bela, apa kamu adalah salah satu penikmat film Korea bergenre horor? Selain film bergenre romatisnya yang menarik dan laris manis di pasaran, film Korea bergenre horor juga menarik untuk kamu tonton.

Karena Popbela selalu mengerti mau kamu, berikut kami rangkum 7 film horor Korea terbaik dan terbaru paling Popbela rekomendasikan yang harus kamu tonton, meskipun sekali!

1. The Closet (2020)

https://www.youtube.com/embed/xK1F-XinMeI

Film ini berkisah tentang Sang Won (Ha Jung Woo) dan anaknya, I Na (Heo Yool), yang pindah ke rumah baru mereka. Namun, kejadi aneh muncul ketika di rumah itu kerap kali terdengar suara mengerikan yang setelah diselediki berasal dari dalam sebuah lemari. Hingga suatu hari, I Na menghilang tanpa jejak. Ketika itu muncul Kyung Hoon (Kim Nam Gil) yang mengatakan bahwa hilangnya Ina memiliki hubungannya dengan kisah mencekam yang tersimpan di balik lemari itu. Film horor Korea satu ini harus masuk daftar film yang wajib kamu tonton, nih!

2. Train To Busan Presents: Peninsula (2020)

https://www.youtube.com/embed/yVucSRLLeIM

Train to Busan, pencinta film horor Korea pasti tidak asing dengan film yang booming pada 2016 lalu itu. Sebagai keberlanjutan dari cerita sebelumnya, dirilislah seri Train To Busan Presents: Peninsula ini pada Oktober lalu. 

Film horor Korea satu ini berkisah tentang sebuah masa dimana wabah zombie melanda hampir seluruh kota. Jung Seok (Gang Don Won) pun nyaris keluar dari Korea Selatan hidup-hidup. Bukannya melalui masa tenangnya setelah keluar Korea Selatan, Jung Seok justru memutuskan kembali. Misinya, adalah untuk mengambil sebuah truk yang ditinggalkan di tengah Seoul. Dibatasi oleh waktu, Jung Seok mati-matian melarikan diri dari para zombie bringas di sana. 

3. Alive (2020)

https://www.youtube.com/embed/MbfriIAiRZc

Film horor Korea terbaik satu ini juga mengangkat cerita yang kurang lebih sama seperti Train to Busan, yakni wabah zombie di tengah kota. Dibintangi  Yoo Ah In (Oh Joon Woo) dan Park Shin Hye (Kim Yoo Bin), Alive berkisah tentang sebuah wabah misterius yang menginfeksi seluruh kota Seoul secara cepat dan tak terkendali. Wabah tersebut mampu mengubah manusia menjadi zombie yang buas dan agresif pada manusia hidup yang ditemuinya. 

Di tengah kekacauan itu, dua orang yang bertetangga, Oh Joon Woo dan Kim Yoo Bin, bersembunyi dan bertahan hidup di rumahnya masing-masing. Oh Joon Woo yang seorang gamer memanfaatkan teknologi untuk bertahan hidup di tengah kepungan zombi. Sedangkan, Kim Yoo Bin memilih cara tradisional dan memanfaatkan barang-barang disekitarnya untuk membuatnya tetap hidup. 

4. Warning: Do Not Play (2019)

https://www.youtube.com/embed/jqN-ulLqAnM

Film horor Korea selanjutnya adalah Warning: Do Not Play (2019) yang disutradarai oleh Kim Ji Won. Film yang disebut-sebut beralur cerita mirip dengan salah satu film horor Korea legendaris, Sadako. 

Warning: Do Not Play berkisah tentang Mi Jung (Seo Ye Ji), seorang sutradara film ambisius yang sudah mempersiapkan sebuah film horor selama delapan tahun terakhir. Namun, suatu hari Mi Jung mendengar bahwa cerita mistis yang ingin diangkatnya menjadi film itu terlarang. 

Dalam penelusurannya, ia bertemu Jae Hyun (Jin Seon Kyu), seorang sutradara film. Jae Hyun  pun memperingatkan Mi Jung untuk melupakan saja ambisinya membuat film itu. Sayangnya, Mi Jung mengabaikan mentah-mentah peringaran Jae Hyun. Obsesinya itu membawanya ke dalam kasus-kasus janggal yang mengerikan.

5. The Divine Fury (2019)

https://www.youtube.com/embed/AUlx4sP22D8

The Divine Fury (2019), adalah sebuah film horor Korea yang berkisah tentang Yong Hu (Park Seo Jun) yang memutuskan meninggalkan kepercayaannya pada Tuhan, setelah kehilangan ayahnya di usia muda dalam kecelakaan yang mengerikan. Tumbuh dewasa, Yong Hu pun memilih untuk berprofesi sebagai petarung seni bela diri yang andal. Namun, kehidupannya tiba-tiba berubah ketika muncul luka misterius di telapak tangannya. 

Dia pun datang dan meminta bantuan pada seorang pendeta, Pastor Ahn (Ahn Sung Ki). Bersama Pastor Ahn, Yong Hu berjuang bebas dari luka menyakitkan di tangannya itu. Yong Hu pun dihadapkan dengan sebuah pertempuran berbahaya melawan kekuatan jahat supranatural yang sama sekali tak diduganya. 

6. Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

https://www.youtube.com/embed/KKGJTgnkQA8

Bicara soal film horor Korea, rasanya tak lengkap ya jika tak membahasa film populer yang satu ini!

Gonjiam: Haunted Asylum mengangkat cerita urban legend sebuah rumah sakit jiwa bernama lengkap Gonjiam Psychiatric Hospital, yang dibangun pada tahun 1970-an di kawasan bukit Kota Gwangju, Provinsi Gyonggi Do, Korea Selatan. Rumah sakit ini dulunya difungsikan sebagai rumah sakit jiwa dan pusat rehabilitasi tentara yang mengalami depresi. Namun, pada 1996 rumah sakit ini ditutup setelah tersebar rumor banyak pasien dan perawat yang tewas secara misterius.

Dalam film ini, sebuah tim dari kanal Youtube misteri, Horor Times, memutuskan untuk melakukan penelusuran dan uji nyali di rumah sakit Gonjiam itu. Dipimpin oleh Han Joon (Wi Han Joon), Horor Times pun mengajak enam peserta lain untuk mengikuti program uji nyali yang nantinya akan disiarkan secara live di akun YouTube-nya. Keenam orang ini adalah Charlote Moon (Yee Woon Hun), Ah Yeon (Oh Ah Yeon), Sung Hoon (Park Sung Hoon), Park Ji Hyun (Ji Hyun), Je Yoon (Yoo Je Yoon), dan Seung Wook (Lee Seung Wook). Sayangnya, selama penelusuran di dalam Gonjiam, hal mengerikan tak terduga muncul dan menyerang mereka. 

7. The Wailing (2016)

https://www.youtube.com/embed/jLyQUUqMY0c

Rekomendasi film horor Korea yang terakhir adalah The Wailing (2016). Film ini berkisah tentang Jong Goo (Kwak Do Won) yang menyelidiki sebuah kasus pembantaian keluarga, yang dilakukan oleh keluarganya sendiri di sebuah desa terpencil di Korea, Gokseung. 

Awalnya, ia dan seorang polisi lainnya berspekulasi bahwa pembunuh keluarga tersebut menjadi gila karena mengonsumsi jamur beracun. Namun, tiba-tiba muncul seorang gadis misterius yang menghampiri Jong Goo dan mengatakan bahwa peristiwa ini disebabkan kutukan orang Jepang yang tinggal di atas gunung dekat sana. 

Karena merasa terusik, Jong Gu melakukan akhirnya menginvestigasi rumor yang disebutkan gadis tersebut. Meski tak percaya, tapi ia akhirnya mendatangi rumah orang Jepang misterius tersebut. Sayangnya, setelah mendatangai rumah tersebut, anak Jong Gu yang bersikap aneh dan diduga dimasuki oleh roh makhluk gaib.  Jon Gu akhirnya membawa sang anak ke dukun untuk mengusir kekuatan jahat di tubuhnya. Bukannya membaik, satu demi satu masalah yang membingungkan terjadi di hidupnya. 

Itu dia 7 daftar film horor korea terbaik dan terbaru paling Popbela rekomendasikan, yang harus kamu tonton selama #dirumahaja. Happy watching, Bela!

Baca Juga: Ini 9 Rekomendasi Film Horor Netflix yang Wajib Kamu Tonton

Baca Juga: Butuh Uji Nyali? Tonton 5 Film Horor Indonesia Rekomendasi Seleb Ini 

Baca Juga: Seram Maksimal! 5 Film Horor Asia Ini Dijamin Bakal Bikin Mimpi Buruk