Tepuk tangan kepada Anya Taylor-Joy yang telah membuat permainan catur menjadi lebih seksi dengan kecerdasan dan elegan saling bersanding. Memerankan tokoh jawara catur bernama Elizabeth Harmon dalam serial Netflix,The Queen's Gambit, ia mampu membawa karakternya dengan gemulai namun juga tegas, penuh rasa penasaran namun juga taktis.

Sehingga tidak heran jika serial yang baru rilis 23 Oktober lalu tersebut, berhasil mencetak rekor fantastis. Serial satu ini sukses melesat menjadi serial pendek terpopuler sepanjang sejarah Netflix. Boom!

Simak 7 fakta prestasi The Queen's Gambit yang mencengangkan di bawah ini, yuk!

1. The Queen's Gambit masuk "Top 10" di 92 negara dan No.1 di 63 negara!

Buat Permainan Catur Lebih Seksi, 'The Queen's Gambit' Cetak PrestasiSalon.com

Melansir dari Twitter resmi Netflix Indonesia, @NetflixId, The Queen's Gambit diumumkan meraih prestasi fantastis di akhir tahun 2020 ini. Serial ini berhasil masuk di "Top 10" film terpopuler di Netflix di 92 negara. Selain itu, judul The Queen's Gambit berhasil melesat di urutan pertama judul film paling dicari di 63 negara. Wow!

2. Raup 62 juta akun penonton hanya dalam 28 hari

Buat Permainan Catur Lebih Seksi, 'The Queen's Gambit' Cetak PrestasiPopsugar.com

Prestasi lainnya yang diraih The Queen's Gambit adalah berhasil meraup 62 juta akun penonton hanya dalam 28 hari penayangannya. Namun, cara penghitungan Netflix berbeda dengan kalkulasi industri televisi pada umumnya. Ya, cara perhitungan Netflix adalah tetap menghitung satu akun bahkan jika ia hanya menonton dalam dua menit pertama. Meski begitu, pencapaian The Queen's Gambit ini masih dibawah rekor yang raih The Witcher, yakni 76 juta akun. 

3. Penjualan catur naik 270% berkat The Queen's Gambit

Buat Permainan Catur Lebih Seksi, 'The Queen's Gambit' Cetak PrestasiThemonthly.co.au

Tak berhenti di situ, eBay juga ikut kebanjiran untung dari naiknya traffic dari The Queen's Gambit ini. Melansir dari Metro, eBay mengabarkan bahwa pencarian permainan papan catur di situs mereka meningkat hingga lebih dari 270 persen. Angka ini berhasil diraih hanya dalam 10 hari sejak The Queen's Gambit rilis. 

4. Pencarian “Cara Bermain Catur” di Google meningkat 2x lipat

Buat Permainan Catur Lebih Seksi, 'The Queen's Gambit' Cetak PrestasiVariety.com

Terakhir, The Queen's Gambit juga berhasil membuat pencarian kata kunci "cara bermain catur" melesat. Google mencatat peningkatan hingga 2 kali lipat pada kata pencarian tersebut. Wah, jadi banyak yang ikut ingin jago bermain catur seperti Beth Harmon, nih!

Sinopsis The Queen's Gambit

Buat Permainan Catur Lebih Seksi, 'The Queen's Gambit' Cetak PrestasiButlerscinemascene.com

The Queen's Gambit sendiri merupakan serial adaptasi dari novel bertajuk serupa karya  Walter Tevis. Novel ini pertama kali diterbitkan pada 1983 dan dirilis ulang tahun 2003 lalu. 

Serial The Queen's Gambit sendiri berkisah tentang Beth Harmon, seorang perempuan belia yang memiliki ketergantungan terhadap obat penenang dan alkohol, namun berasumsi hal tersebut membuatnya jago dalam bermain catur. 

Ia memiliki kehidupan yang sulit sejak kecil. Menjadi saksi kematian ibunya sendiri, Beth tinggal di panti asuhan pasca kematian ibunya. Di sinilah ia bertemu dengan penjaga gedung, Mr. Shaibel (Bill Camp) yang mengajarinya cara bermain catur. Hingga akhirnya ia diadopsi oleh sepasang suami istri yang membawanya kepada petualangan menjadi atlet catur profesional kelas dunia.

Penasaran dengan serial yang satu ini? Simak trailer-nya di bawah ini!

https://www.youtube.com/embed/CDrieqwSdgI

Baca Juga: Begini Gaya Anya Taylor-Joy, Pemeran Utama The Queen's Gambit Netflix

Baca Juga: 7 Rekomendasi Serial Netflix yang Wajib Kamu Tonton

Baca Juga: 10 Film Dewasa Netflix yang Tersisip Adegan Panas, Sudah Nonton?