Salah satu anggota girl group MAMAMOO, Hwasa, akhirnya kembali menyapa penggemar lewat album mini solo terbarunya, Maria, yang resmi rilis pada 29 Juni kemarin. Berkat popularitasnya yang besar di dalam dan luar Korea Selatan, penyanyi bersuara emas ini berhasil merajai tangga lagu iTunes di 20 negara hanya setelah 24 jam dirilis. Tak hanya itu, music video (MV) lagu Maria juga sudah ditonton hingga 5,8 juta kali di Youtube, lho! 

Tapi tahu nggak, sih, sebelum merilis album ini Hwasa ternyata sempat berpikir tidak akan berkesempatan untuk merilis album lagi, Bela. Karenanya, album ini punya arti yang dalam baginya.  

Penasaran dengan fakta unik di balik video musik lagu "Maria" dari Hwasa? Simak ulasannya di bawah ini, yuk! 

1. Maria adalah nama lain Hwasa

Disebut Tak Sesuai Standar Kecantikan Korea, Hwasa Rilis Lagu MariaYoutube.com/mamamoo

Tahu nggak sih, ternyata nama Maria yang menjadi judul dari album terbaru Hwasa ini adalah namanya sendiri, lho!  
Hwasa memiliki nama asli yaitu Ahn Hye Jin dan kemudian menerima nama Maria saat dibaptis.  

2. Bercerita tentang konflik batin yang dirasakan seorang perempuan

Disebut Tak Sesuai Standar Kecantikan Korea, Hwasa Rilis Lagu MariaYoutube.com/mamamoo

Dalam video behind the scene-nya Hwasa menceritakan bahwa lagu Maria menceritakan tentang konflik batin yang dirasakan seorang perempuan yang sebenarnya punya hati baik. 

"Lagu utama 'Maria' ini berkisah tentang seorang perempuan cantik dan berhati baik yang berhadapan dengan konflik antara sisi baik dan jahatnya," jelasnya. 

"Aku memberikan seluruh jiwaku pada lagu ini. Karenanya aku tidak lagi punya jiwa sekarang," lanjutnya sembari tertawa. 

3. Tampilkan dua sisi berbeda dari sosok Maria

Disebut Tak Sesuai Standar Kecantikan Korea, Hwasa Rilis Lagu MariaYoutube.com/mamamoo

Dalam klip ini kamu akan melihat Hwasa yang digambarkan sebagai sosok Maria dalam rambut merah dan hitamnya. Ternyata, perbedaan dua warna rambut itu punya arti tersendiri, lho! 

"Haruskan aku menyebutnya perbedaan karakter antara Maria berambut hitam dan Maria berambut merah? Maria berambut hitam adalah sosok seorang perempuan baik, namun sosok Maria itu meninggal dan lahir sebagai sosok Maria yang jahat," jelasnya.  

4. Sering disebut kecantikannya tak sesuai standar, Hwasa sindir haters lewat lirik ini

Disebut Tak Sesuai Standar Kecantikan Korea, Hwasa Rilis Lagu MariaYoutube.com/mamamoo

Dalam lagu Maria, ada banyak lirik yang menggambarkan seseorang yang merasa terus menerus menerima kebencian. Salah satu lirik yang menarik perhatian adalah berikut ini: 

"Kenapa kamu melakukan semua ini? Kamu sudah terlihat cantik" 

Sejak debut, Hwasa memang sudah sering mendapatkan komentar negatif  dari para haters karena penampilan fisiknya yang dianggap tak sesuai denganan standar kecantikan para selebriti di Korea Selatan. Namun, Hwasa akhirnya berhasil menunjukan keunikannya lewat kharismanya yang kuat dan membuatnya sebagai salah satu idol K-POP perempuan terpopuler saat ini. 

5. Lelah dengan tekanan yang diterimanya, Maria digambarkan akhirnya bunuh diri

Disebut Tak Sesuai Standar Kecantikan Korea, Hwasa Rilis Lagu MariaReddit.com

Dalam klip "Maria", kamu dapat melihat scene ketika Hwasa berlari dan meringkuk dari kejaran pensil tajam. Para penggemar kemudian berspekulasi bahwa adegan ini menggambarkan bagaimana Hwasa yang terus menerus menerima kebencian. 

Setelah lelah berlari dan menjadi terlalu ketakutan, Hwasa pun terlihat sudah terbujur kaku di bak mandinya. Hal ini menggambarkan sosok Maria yang akhirnya memilih mengakhiri hidupnya karena terlalu lelah dengan tekanan yang menghampirinya.  

6. Kental dengan elemen pop-latin

Disebut Tak Sesuai Standar Kecantikan Korea, Hwasa Rilis Lagu MariaYoutube.com/mamamoo

Jika kamu sudah mendengarkan lagu Hwasa sebelumnya, "Twit", maka kamu akan merasakan nuansa yang sama dalam lagu "Maria" ini. Namun, perbedaannya terletak pada elemen musik pop-latin yang kental pada lagu  "Maria". Bagian hook pada lagu ini juga dijamin akan membuatmu kecanduan untuk mendengarkannya.  Sama-sama easy listening, kamu sendiri lebih suka yang mana, nih? 

7. Mengaku sangat bergairah saat mengerjakan proyek album terbarunya ini

Disebut Tak Sesuai Standar Kecantikan Korea, Hwasa Rilis Lagu MariaYoutube.com/mamamoo

Di akhir video wawancaranya, Hwasa mengatakan bahwa ia sangat bersemangat menggarap album terbarunya ini. Hwasa juga diketahui ikut menulis lirik dan mengomposeri musik dalam albumnya ini. 

"Saya rasa saya belum pernah bekerja begitu bergairah saat mengerjakan sesuatu sebelumnya. Saya sangat menyukainya hingga di titik itu menyakitkan, karena itu, saya rasa album ini akan tetap ada dalam ingatan saya untuk waktu yang lama," kata Hwasa.

Bagaimana menurutmu lagu terbaru dari Hwasa ini, Bela?

Baca Juga: Sudah Lihat Video Klip Terbaru BLACKPINK? Ini 11 Fakta di Baliknya

Baca Juga: Resonansi dengan Diri, Sheryl Sheinafia Rilis Single “Okay” 

Baca Juga: Demi Donasi, Rich Brian Rilis Klip "Bali" Versi Indonesia