Kasus penipuan nyatanya sudah memakan banyak korban, bahkan di kalangan artis. Misalnya saja Kevin Aprilio yang mengaku telah merugi sampai Rp8,5 miliar karena tertipu sebuah bisnis. 

Selain itu, putra mendiang Deddy Dores, Calvin Dores, ternyata sampai harus menjadi supir ojek online (ojol) karena terlilit hutang ayahnya yang sangat besar. 

Nah, selain Kevin dan Calvin Dores, ternyata ada artis-artis lain yang pernah menjadi korban penipuan dengan jumlah kerugian yang tak sedikit, lho! Penasaran? Simak di bawah ini, yuk!

1. Galih Ginanjar dan Barbie Kumalasari

Ada Yang Sampai Jadi Ojol, Ini 7 Artis Yang Pernah Alami PenipuanDok. Internet

Pada 2016 lalu, Galih Ginanjar dan istrinya, Barbie Kumalasari ternyata pernah melapor ke pihak berwajib karena kasus penipuan. Ya, saat itu Galih dan Kumalasari merasa ditipu oleh seorang agen artis bernama Rinaldy Chang.

Kumalasari menuturkan, awalnya ia dijanjikan akan mendapat 20% dari penghasilannya setiap tampil di televisi. Namun, sampai 3 pekerjaan diterimanya, belum sepeser pun uang masuk ke dalam rekeningnya. Hal itulah yang akhirnya membuat Galih dan Kumalasari mantap melaporkannya ke pihak berwajib.

2. Hengky Kurniawan

Ada Yang Sampai Jadi Ojol, Ini 7 Artis Yang Pernah Alami PenipuanInstagram.com/hengkykurniawan

Mantan aktor yang kini aktif sebagai Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan ternyata juga pernah mengalami hal serupa. Pada 2016 lalu, Henky melaporkan rekan bisnisnya, Hendric Kusnadi ke pihak berwajib atas dugaan penipuan dan penggelapan uang.

Awalnya, Hengky dan Hendric bersama-sama membangun bisnis penyewaan mobil sampai 1,5 tahun. Namun ternyata, ada dua mobil Hengky dan uang sebesar Rp250 juta yang belum juga kembali. Meski Hengky sudah memberi kelonggaran waktu, ternyata Hendric justru menghilang dan sulit dihubungi. 

3. Sandy Harun

Ada Yang Sampai Jadi Ojol, Ini 7 Artis Yang Pernah Alami PenipuanDok. Internet

Aktris senior ini juga pernah mengalami nasib naas. Sandy yang saat itu ditawari ikut berbisnis batu bara justru harus menelan kerugian sampai Rp700 juta.

Meski awalnya untung besar, di putaran kedua Sandy justru hilang kabar dengan pelaku dan tidak mendapat untung sepeser pun. Setelah diusut, ternyata pelaku sudah mendekam di dalam penjara. 

4. Cynthiara Alona

Ada Yang Sampai Jadi Ojol, Ini 7 Artis Yang Pernah Alami PenipuanInstagram.com/cynthiara_alona

Selanjutnya ada aktris dan juga model, Cynthiara Alona yang mengaku tertipu sampai Rp533 juta. Hal itu terjadi saat Cynthiara berniat membeli dua unit apartemen di daerah Lenteng Agung, Jakarta yang sedang dalam tahap pembangunan. 

Sudah membayar lunas, ternyata Chynthiara harus dikejutkan dengan kondisi bangunan yang terbengkalai dan nomornya yang diblokir oleh pelaku. Atas kasus ini, Chyntiara pun akhirnya melaporkannya ke kepolisian. 

5. Annisa Bahar

Ada Yang Sampai Jadi Ojol, Ini 7 Artis Yang Pernah Alami PenipuanDok. Internet

Penyanyi dangdut, Annisa Bahar ternyata pernah mengalami penipuan yang dilakukan rekan sesama artisnya, Sandy Tumiwa. Sandy terbukti menipu Annisa dan puluhan orang lainnya lewat bisnis multilevel marketing (MLM) yang dijanjikannya bersama tersangka lainnya, Cici. 

Selain itu, ternyata Annisa juga pernah mengalami penipuan investasi emas online di tahun 2012. Karena hal itu, Annisa mengaku harus merugi sampai Rp1,5 miliar. Angka yang nggak sedikit ya Bela!

6. Kevin Aprilio

Ada Yang Sampai Jadi Ojol, Ini 7 Artis Yang Pernah Alami Penipuan

Keyboardist  band Vieratale, Kevin Aprilio ternyata juga pernah mengalami penipuan besar-besaran saat berbisnis. Kevin yang kini sukses sebagai pengusaha ternyata pernah merugi sampai Rp8,5 miliar karena tertipu bisnis trading Forex atau perdagangan valuta asing. 

Karena hal itu, Kevin harus mengganti seluruh kerugian nasabahnya. Kevin bahkan harus menjual aset-aset miliknya dan bekerja keras untuk mencicil hutang-hutangnya. Meski begitu, Kevin mengaku tidak akan membawa masalah ini ke jalur hukum dan berpasrah pada kuasa Tuhan. 

7. Calvin Dores, Putra Deddy Dores

Ada Yang Sampai Jadi Ojol, Ini 7 Artis Yang Pernah Alami PenipuanInstagram.com/dorescalvin

Royalti yang ditinggalkan almarhum Deddy Dores selama aktif sebagai penyanyi ternyata tidak mampu untuk menutup seluruh hutang yang dimilikinya. Hal itu akhirnya membuat sang putra, Calvin Dores harus banting stir menjadi sopir ojek online (ojol) untuk melunasi hutang sang ayah.

Calvin mengaku tidak malu atau merasa terbebani saat harus menjadi ojol. Ia merasa pendapatannya sebagai supir ojol cukup untuk mencicil hutang yang melilitnya. Sebagai tambahan pendapatan, Calvin juga membuka bisnis jual beli motor bekas kecil-kecilan di rumahnya. 

Baca Juga: Dinilai Merendahkan, Ini Kronologi Kasus Iis Dahlia VS Ojol