Drummer band Element, Didi Riyadi, baru-baru ini mengumumkan soal rencananya untuk mantap berhijrah. Keputusan besar diambil aktor sinetron bernama lengkap Rahmat Riyadi ini, jelang datangnya bulan suci Ramadan. 

"Yang gue kerjain hari ini beberes dan berbenah adalah merupakan bagian dari perjalanan gue menuju perubahan ke arah yang lebih baik, insha Allah," sebelum ia mengajak penonton channel YouTube miliknya, Ditivi, untuk mengikuti kegiatannya hari itu.

1. Banyak koleksi minuman beralkohol, Didi kini mantap membuangnya

5 Fakta Mengapa Didi Riyadi Putuskan untuk BerhijrahInstagram.com/didiriyadi_official

Keputusan hijrahnya ini dimulai Didi dengan membuang seluruh koleksi minuman beralkohol yang dimilikinya. Padahal, lelaki 38 tahun tersebut mengakui bahwa ia adalah satu pencinta minuman berakohol, khususnya red wine.  

"Ya, adalah gue punya beberapa koleksi minuman beralkohol, terutama gue suka banget red wine. dulu juga pernah minum bermacam-macam jenis, bermacam-macam merek," ujar Didi sembari memperlihatkan sejumlah minuman beralkohol di kulkasnya lewat video yang bertajuk "Menuju Langkah yang Selanjutnya" tersebut.

2. Sudah berkeinginan untuk hijrah sejak Desember 2019

5 Fakta Mengapa Didi Riyadi Putuskan untuk BerhijrahInstagram.com/didiriyadi_official

Menurut Didi, pikiran untuk mulai berhijrah datang sejak Desember 2019 lalu. Sejak saat itu, Didi berpikir untuk berhenti dari kebiasaan-kebiasaan negatif yang dilakukannya. Keinginan dan tekadnya kemudian kian kuat setelah menyadari semakin dekatnya bulan Ramadan. 

"Tepatnya akhir tahun 2019 lalu, Desember. Gue cuma mikir, gue mau sampe kapan gitu terus. Ya, masih belum berubah. Nah, di tahun ini di momentum Ramadan ini, tekad gue semakin kuat dan utuh dan solid untuk ah, udahlah berhentilah," ujar lelaki yang kini tampak berkumis dan jenggot lebat.  

3. Mengakui sering dijuluki "Bad Boy"

5 Fakta Mengapa Didi Riyadi Putuskan untuk BerhijrahInstagram.com/didiriyadi_official

Didi juga tak menampik bahwa dirinya pasti pernah "bandel". Didi bahkan mengakui bahwa dirinya sering disebut "bad boy" oleh teman-temannya. 

“Ya, namanya juga apalagi laki, boys will be boys. I mean, ada bandel-bandelnya pasti. Walau gue enggak bilang gue, ya bandelnya cuma dikit, enggak. Banyak juga yang bilang gue bad boy-lah dengan isitilah apa-apa segala macem yang gitu-gitu,"  aku Didi. 

4. Niat dari diri sendiri adalah kunci

5 Fakta Mengapa Didi Riyadi Putuskan untuk BerhijrahInstagram.com/didiriyadi_official

Menurut Didi, melakukan perubahan besar pada dirinya seperti berhijrah bukanlah perkara mudah. Namun, bagi kakan kandung Tata dari band Dekat ini, niat dari diri orang itu sendirilah yang menjadi kunci.  

"Ya, bukan sesuatu yang gampang dan enggak sederhana itu juga buat gue secara pribadi, lompatannya memang jauh banget. Tapi, kalau gue enggak memulai dan berniat untuk berubah, ya enggak ada. Tidak akan ada yang bisa melakukan itu selain diri gue sendiri, intinya sih itu, kuncinya itu," ujar Didi.

5. Memberi semangat agar orang lain dapat melakukan hal serupa

5 Fakta Mengapa Didi Riyadi Putuskan untuk BerhijrahInstagram.com/didiriyadi_official

Sebagai penutup, Didi memberikan semangat untuk orang-orang di luar sana yang masih ragu untuk berhijrah. Menurut Didi, jika dirinya mampu melakukannya, maka orang lain pun pasti bisa. So, inspiring! 

"So yeah, selamat tinggal masa lalu. Ya, mari kita ubah jadi yang lebih baik. Kalo lo niat, tekad lo kuat, lo pasti bisa. Kalo gue bisa, kenapa lo engga," tutup Didi. 

Baca Juga: Ngaku Naksir Ayu TingTing, Ini 9 Fakta Menarik Didi Riyadi 

Baca Juga: 10 Ratu Sinetron yang Semangat Berhijrah, Semoga Istiqomah Ya!

Baca Juga: #IMS2020: Saat Hijrah, Arie Untung Sempat Memiliki Banyak Haters