Zombie dan Drakula bukan Mitos? Inilah 5 Fakta Berdasarkan Sejarah

Apa yang kamu kira khayalan bukanlah mitos belaka, Bela!

Zombie dan Drakula bukan Mitos? Inilah 5 Fakta Berdasarkan Sejarah

Bernostalgia ke masa kecil, kamu pasti telah mendengar banyak cerita bertemakan fantasi yang menghadirkan beragam karakter fiksi. Sebut saja zombie, dracula hingga unicorn. Tentu, kamu yang sudah cukup dewasa meyakini bahwa mereka hanyalah mitos belaka.

Namun, apa jadinya jika ternyata sebuah teori menjelaskan bahwa zombie, dracula, unicorn, dan karakter-karakter fiksi lainnya adalah fakta? Apakah kamu cukup penasaran untuk mengetahui penjelasan yang bisa saja, memutar balik apa yang kamu yakini?

Berikut adalah lima mitos yang ternyata dijelaskan, tidak sepenuhnya merupakan khayalan belaka, melainkan kebenaran. Nah lho, apa saja, ya? 

1. Zombie

Zombie dan Drakula bukan Mitos? Inilah 5 Fakta Berdasarkan Sejarah

Entah kamu pecinta film bertemakan thriller atau tidak, kamu setidaknya familiar dengan cerita mengenai zombie apocalypses, bukan? Yup, kisah saat dunia dilanda oleh virus atau fenomena sejenis lainnya yang membuat manusia berubah menjadi kanibal atau gila seperti terkena rabies.

Merasa tenang kalau hal itu adalah mitos? Tunggu dulu, melansir dari Bright Side, zombie sebenarnya memang ada. Namun, fenomena ini berlaku di dunia binatang. Tepatnya berasal dari suatu jamur bernama Ophiocordyceps unilateralis, yang menyerang semut.

Ketika terinfeksi, otak semut akan langsung diambil alih hingga kehilangan fungsinya. Dampaknya, jamur mengontrol untuk semut meninggalkan sarangnya, memanjat batang tanaman di dekatnya, dan mengunci rahangnya secara permanen di sekitar daun yang ada.

Dari situ, jenis jamur yang disebut dengan istilah zombie-ant fungus akan mengirimkan tangkai panjang melalui kepala semut dan tumbuh menjadi kapsul bulat yang penuh spora. Nah, spora tersebut akan menghujani semut lainnya hingga mereka pun menjadi zombie.

2. Unicorn

Berbicara mengenai dunia khayalan di masa kecil, unicorn kerap dijadikan sebagai salah satu karakter yang biasa dipertontonkan dalam kisah bertemakan fantasi. Dengan rupa kuda yang memiliki tanduk di kepala dan terkadang bisa terbang, anak-anak suka sekali, kan?

Tapi, apakah kamu tahu bahwa unicorn sebenarnya terinspirasi dari binatang serupa yang memang ada di kehidupan nyata? Bukan kuda, melainkan rusa dengan ciri khas fisik yang meliputi tubuh mungil, berkaki empat dan memiliki tanduk pada kepalanya.

Nah, secara genetik, beberapa rusa dapat mengalami kelainan dengan hanya memiliki satu tanduk. Dari situlah, Bright Side mengasumsikan bahwa kemungkinan besar, unicorn  terinspirasi dari kondisi fisik rusa bertanduk satu. Surely, it does make sense, doesn't it? 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here