Menjadi idol Kpop, tidak semulus bayangan kita, Bela. Para artis idola Kpop turut menghadapi tantangan dan risiko tersendiri dalam menjalankan pekerjaan mereka di dunia hiburan. Belum lagi, tidak sedikit dari mereka yang memiliki perjalanan hidup keras hingga akhirnya, mampu menggapai impian.

Makanya, tidak aneh jika para artis idola memiliki pemikiran tersendiri mengenai pelajaran hidup. Beberapa di antaranya sampai bikin Popbela terharu, lho! 

1. RM mengenai arti sebuah kebahagiaan

Terharu! Ini 7 Pelajaran Hidup dari Para Idol Kpopkpopping.com

Nama RM tidak hanya sebatas anggota BTS, melainkan sosok leader yang dikenal dengan pemikirannya yang dewasa. Hal tersebut tertuang pada bait-bait lirik ciptaannya yang brillian sekaligus kata-kata yang dilontarkan pada beberapa kesempatan.

Salah satunya adalah pelajaran hidup yang dibagikannya di acara konser BTS pada 2015 lalu. Saat itu, dia menekankan bahwa setiap individu sebenarnya dapat merasakan kebahagiaan dalam masa tersulit sekalipun. Caranya dengan merubah perspektif.

"Happiness is not something that you have to achieve. You can still be happy during the process of achieving something. So, if you change your perspective a little bit, I know many people are going through tough times right now, but this moment could be the most beautiful moment of our lives."

Siapa, sih, yang tidak akan tersentuh dengan kata-kata tersebut? Apalagi kata-kata tersebut tentunya merupakan pelajaran hidup yang diambil dari perjuangannya menuju kesukesan. Well, tidakkah kamu setuju bahwa kata-kata merupakan pemikiran dari pengalaman?

2. Hwasa MAMAMOO mengenai beauty standards

Terharu! Ini 7 Pelajaran Hidup dari Para Idol Kpopkpopping.com

Dengan nama panggung Hwasa, dirinya membangun karier di industri Kpop sebagai anggota MAMAMOO. Tentu, seperti anggota lainnya, Hwasa menunjukkan karakter bermusik yang spektakuler. Begitu juga karakter fisiknya yang selalu memukau.

Namun, Hwasa nyatanya pernah mengalami penolakan audisi semata-mata karena penampilan fisiknya. Menurut agensi musik yang menolaknya, karakter fisiknya tidaklah cukup untuk menjadi artis idola Kpop. Dari situlah, dia belajar satu hal penting.

"And I said, if I don't fit the beauty standards, I'll set my own standards."

Popbela 10000% setuju dengan kata-katanya. Dunia ini memang menampilkan beberapa standar, seperti kulit putih, tubuh ramping, pipi tirus, rambut panjang dan masih banyak lagi. Tapi tidakkah kamu sadar bahwa tubuhmu adalah standar kecantikanmu sendiri?

3. JB GOT7 mengenai kegagalan

Terharu! Ini 7 Pelajaran Hidup dari Para Idol Kpopsomagnews.com

Berbicara mengenai grup musik GOT7, siapa yang tidak mengenal penyanyi, dancer, sekaligus rapper bernama JB? Selama membangun karier di industru Kpop, cowok bernama asli Lim Jae Beom ini telah menunjukkan talenta yang epik.

Akan tetapi, keberhasilannya sebagai artis idola naungan JYP Entertainment ini lahir dari berbagai macam rintangan. Tanpa terkecuali kegagalan demi kegagalan. Namun, pengalaman inilah yang justru mebuat JB belajar dan semakin dewasa. 

""Even if you fail, there's something for you to learn. Because of these reasons, failure can also be a good opportunity."

Memang, kegagalan selalu terasa menyakitkan. Namun, sebagaimana yang disadari JB, satu pintu tertutup maka pintu lain akan terbuka. Dipastikan, waktu yang akan membuktikan hal tersebut. So, don't be sunk in sadness forever. This shall too pass.

4. IU mengenai indentitas diri

Terharu! Ini 7 Pelajaran Hidup dari Para Idol KpopAllkpop.com

Industri musik Kpop memang dikenal dengan nama-nama grup musik, baik boyband maupun girlband. Namun, siapa yang sangka, seorang penyanyi solo perempuan bernama IU dapat mempertahankan popularitasnya  di tengah label umum tersebut.

Setidaknya sejak 2008, IU telah sukses berkarier di dunia Kpop. Selama itu juga, dia membuktikan talenta bermusik dan aktingnya. Namun, sebagaimana melansir dari Soompi, IU membeberkan bahwa kesadaran akan karakter dirilah yang membuatnya mampu.

"The standard of what is ‘good’ is too ambiguous. Since you can’t make everyone happy, you should find something that is uniquely you. Then, what you have to do is to discover the people who like that unique aspect of you. Words that I like, my thoughts. If there are people who listen to and enjoy my work because they like those words and thoughts too, that’s when I think perhaps it’s a job well done"

Itu artinya, kamu mungkin merasa bahwa tidak hanya kamu saja yang hebat dalam satu hal. Namun, kamu bisa sukses apabila kamu menemukan keunikanmu. Atau tepatnya, sesuatu yang dapat ditonjolkan. So, be yourself and find who you really are!

5. Suho EXO mengenai sikap pantang menyerah

Terharu! Ini 7 Pelajaran Hidup dari Para Idol Kpopwww.twitter.com/weareoneexo

Seperti yang kamu ketahui, EXO merupakan satu dari beberapa nama grup musik Kpop yang berjasa dalam meningkatkan popularitas kultur negeri ginseng. Hal tersebut berhasil dicapai berkat kerja keras para anggota yang dipimpin oleh Suho.

Yup, penyanyi berzodiak Gemini ini memang dikenal sangat bijaksana, baik, serta penuh dedikasi dan kerja keras. Tidak hanya itu, tahukah kamu? Suho merupakan satu dari nama-nama artis Kpop yang dikenal tidak mudah menyerah dalam meraih impian.

"Honestly, I had wanted to give up a lot of times. But I worked hard. I think, the reason why I could manage to endure everything in at least 7 years was because I believed I would succeed if I worked hard enough.

Benar! Kamu tidak salah membacanya. Suho setidaknya menghabiskan waktu 7 tahun masa trainee sampai akhirnya berhasil meraih apa yang telah dicapainya sekarang. Jadi, apapun yang kamu cita-citakan, jangan berhenti! It's okay to take a break but don't leave it!

6. Jisoo BLACKPINK mengenai kerja keras

Terharu! Ini 7 Pelajaran Hidup dari Para Idol Kpopid.pinterest.com

Bersama BLACKPINK, Jisoo selalu menampilkan performa musik yang tidak pernah mengecewakan para penikmat musik. Bagaimana tidak? Sama halnya dengan anggota BLACKPINK lainnya, Jisoo selalu tampil optimal dalam bernyanyi maupun menari.

Tentu, optimalisme tersebut lahir dari kerja keras seorang Jisoo. Mulai dari masa trainee hingga proses berkarier di masa kini. Dirinya mengakui bahwa kerja keraslah yang menjadi kunci kesuksesan sekaligus kepuasaan dalam meraih sesuatu.

"We live in a world where we have to work hard to get what we want."

Dengan kata lain, tidak ada yang namanya jalan pintas. Bahkan untuk para artis idola seperti Jisoo, menjadi seorang penyanyi dan mencapai popularitas tidak semudah membalikkan tangan. Seperti profesi lainnya, it's all about working hard, non stop.

7. Yoona mengenai rasa percaya diri

Terharu! Ini 7 Pelajaran Hidup dari Para Idol KpopDok. Internet

Sebagai bintang Kpop senior, Yoona tentu menyadari bahwa dirinya memiliki andil untuk menginspirasi para junior dan penggemar dunia. Untuk itulah, sebagaimana melansir dari Soompi, Yoona sengaja memberikan pesan khusus untuk anak muda yang bermimpi.

"As someone who went into society at the age of 18, I have something I want to tell young women of that age. I hope that you will have a confident attitude. However, you need to moderate as you could come off as arrogant. Confidently speak your thoughts. I hope you all will become people who treasure yourselves and say things that you want to do. When you look back on it later, there will definitely be things you gain from it.”

Terharu banget, ya! Dari pengalaman hidup mereka yang tidaklah mudah, para artis idola membagikan pelajaran hidup untuk kamu. Eits, jangan hanya dibaca, tapi praktekkan juga.

Baca Juga: Tak Melulu Soal Cinta, 'Hospital Playlist' Suguhkan 8 Pelajaran Hidup

Baca Juga: 12 Quotes Ini Akan Menyemangatimu Untuk Berbisnis

Baca Juga: Ini 7 Cara Ampuh Agar Idol K-Pop Notice Kamu di Media Sosial