Bagaimanapun juga, kehidupan selalu menghasilkan pro dan kontra terhadap segala sesuatu yang terjadi di dunia nyata. Namun, tahukah kamu? Cerita imajinasi dalam drama Korea pun melahirkan hal serupa sampai-sampai membelah penonton menjadi dua tim.

Yup, satu tim mendukung kisah asmara fiktif antara kedua karakter utama. Tim lainnya secara terang-terangan menolak akhir bahagia tersebut, yang artinya akan membuat tokoh karakter kedua atau second lead berakhir dengan kisah cinta yang tragis.

Fenomena ini terjadi pada beberapa judul drama Korea hits di bawah ini, Bela! Apakah kamu sudah menonton satu atau bahkan, semuanya? Yuk, kita intip satu per satu.

1. Startup

https://www.youtube.com/embed/BemKyzbLDDc

2020 | Pemain: Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, Kim Seon Ho

Fokus pada dunia startup di era modern, seorang tokoh karakter bernama Seo Dal Mi berupaya untuk membangun perusahaannya sendiri melalui program yang diadakan oleh Sandbox. Di sinilah, Seo Dal Mi bertemu dengan kedua pria yang akan merebut hatinya.

Satu adalah seorang pria sukses bernama Han Ji Pyeong yang merupakan cinta pertamanya. Satunya lagi adalah Nam Do San yang hadir sebagai seorang pengembang sekaligus pria yang akan memberi comfort dan cinta kasih di masa kini Seo Dal Mi.

Tidak aneh, drama Startup ini pun langsung membelah penonton menjadi dua tim, yaitu tim Dosan sebagai pendukung first lead dan tim Ji Pyeong sebagai pendukung second lead. Bagaimana dengan kamu?

2. Reply 1988

https://www.youtube.com/embed/c-EMf3JdxUA

2015 | Pemain: Hyeri, Park Bo Gum, Kim Jung Hwan

Mengangkat kisah kehidupan masyarakat di era 1988, drama Reply 1988 memperkenalkan lima sahabat yang terdiri dari Sung Deok Sun, CHoi Taek, Kim Jung Hwan, Sung Sun Woo, dan Ryu Dong Ryong, yang memiliki karakter dan keluarga yang berbeda-beda.

Namun, persahabatan mereka nyatanya turut mengalami percintaan yang cukup rumit, yaitu cinta segitiga antara Sung Deok Sun, Choi Take, dan Kim Jung Hwan. Belum lagi, pergumulan asmara ini berlangsung sejak masa SMA hingga masa kerja.

Kira-kira, siapakah yang berakhir menjadi pasangan Sun Deok Sun? Atau lebih tepatnya, dengan siapakah kamu berharap Sung Deok Sun berakhir? Choi Taek atau Kim Jung Hwan?

3. My First First Love

https://www.youtube.com/embed/tc9YvtGE16s

2019 | Pemain: Jung Chae Yeon, Ji Soo, Jung Jin Young

Sebagaimana judulnya, drama Korea yang turut disiarkan secara eksklusif pada Netflix ini mengangkat kisah mengenai cinta pertama. Namun, di sini, dua sahabat pria bernama Yun Tae dan Seo Do Hyun nyatanya menyukai perempuan yang sama, yaitu Han Song Yi.

Sayangnya, berbeda dengan Seo Do Hyun yang berani mengekspresikan perasaannya secara terbuka, Yun Tae nyatanya memilih untuk memendam perasaannya seorang diri. Hal inilah yang akhirnya memberi peluang lebih bagi Seo Do Hyun untuk melakukan PDKT.

Meski begitu, tidak ada yang mengetahui betul isi hati Han Song Yi. Apakah ia menyukai Seo Do Hyun yang ekspresif atau Yun Tae yang tidak memberi tanda apapun?

4. Extraordinary You

https://www.youtube.com/embed/a_1Tf3Rhf6E

2019 | Pemain: Kim Hye Yoon, Rowoon, Lee Jae Wook

Menghadir kisah romansa dalam drama ber-genre fantasi, Extraordinary You memperkenalkan Eun Dan Oh sebagai karakter perempuan tambahan di sebuah komik. Di dunia komik inilah, Eun Dan Oh harus menjalani peran sebagai tunangan Baek Kyung.

Namun, setiap kali dunia komik berhenti untuk memberi ruang gerak bagi dirinya menjadi diri sendiri, Eun Dan Oh menemukan dirinya jatuh cinta pada seorang pemain figuran yang tidak diperhitungkan dalam dunia komik, yaitu Haru. Disinilah, cinta segita terjadi.

Sebagian penonton mengharapkan dunia komik pada drama ini runtuh agar Eun Dan Oh dapat menjalin kasih dengan Haru. Sebagiannya mendukung hubungannya dengan Baek Kyung. Siapakah yang kamu dukung?

5. Strong Woman Do Bong Soon

https://www.youtube.com/embed/ysJzkl-SU1Q

2017 | Pemain: Park Bo Young, Ji Soo, Park Hyung Sik

Sebagaimana judul drama Korea yang dihadirkan, drama ini memperkenalkan tokoh karakter bernama Do Bong Soon yang memiliki kekuatan yang melebihi kapasitas manusia normal. Hal inilah yang akhirnya membuat seorang polisi bernama In Guk Doo jatuh cinta.

Akan tetapi, In Guk Doo harus menerima kenyataan bahwa dirinya mendapat saingan seorang CEO bernama Ahn Min Hyuk. Pasalnya, sejak bekerja sebagai bodyguard-nya, Do Bong Soon harus menghabis waktu lebih lama bersama Ahn Min Hyuk.

Pertanyaannya, apakah kebersamaan tersebut akan membuahkan benih-benih cinta antara Do Bong Soon dengan Ahn Min Hyuk? Atau In Guk Doo telah berada dihatinya?

Hayoo... Bela, kamu berada di tim yang mana, nih?

Baca Juga: Startup: Bukan Drama Korea Biasa, Ini 5 Pelajaran Terkait Dunia Kerja!

Baca Juga: Record of Youth hingga Startup, Ini 5 Lokasi Syuting Drama Korea Hits!

Baca Juga: Siap-siap Baper, Ini 5 Drama Korea Super Romantis