Setiap individu manusia memiliki karakter fisik yang berbeda-beda berdasarkan gen mereka. Namun, tidak menepis fakta bahwa penilaian stereotip terhadap penampilan fisik orang Asia cenderung fokus pada wajah yang terlihat lebih muda serta menggemaskan. Atau istilahnya, orang Asia pasti cute!

Apakah kamu setuju dengan penilaian umum tersebut? Eits, melansir dari beragam sumber, para ilmuwan di dunia nyatanya memiliki pendapat ilmiah yang menjelaskan bahwa orang Asia memang cenderung terlihat cute. Kira-kira, alasan seperti apa ya, yang mereka beberkan?

1. Ciri fisik menyerupai bayi

5 Fakta Ilmiah yang Menjelaskan Mengapa Orang Asia Terlihat CuteInstagram.com/Koreadispatch

Sebuah anggapan ilmiah menjelaskan bahwa semakin kecil ukuran makhluk hidup, maka semakin menggemaskan penampilan fisik yang dimiliki. Selain itu, ukuran yang lebih kecil membuat makhluk hidup tampak innocent dan helpless sehingga muncul insting pada pihak lain untuk mengasihi dan melindungi.

Tahukah kamu? Berdasarkan penelitian, beberapa ras yang tersebar di Asia nyatanya memiliki ciri fisik menyerupai bayi, meskipun mereka bertumbuh dewasa. Mereka adalah ras-ras di Asia Timur yang meliputi Jepang, Tiongkok, Korea dan Taiwan, serta Asia Tenggara yang meliputi Vietnam, Thailand dan Singapura.

2. Perbedaan komposisi lemak di wajah

5 Fakta Ilmiah yang Menjelaskan Mengapa Orang Asia Terlihat CuteInstagram/ireneisgood

Penampilan wajah maupun tubuh seseorang nyatanya dipengaruhi oleh komposisi lemak, sebagaimana melansir dari jeda.id. Hal tersebut dikarenakan komposisi lemak memengaruhi bentuk bagian tubuh secara spesifik seperti, bentuk mata yang menentukan apakah seseorang terlihat lebih muda atau tidak.

Dalam penjelasan ilmiah, orang Asia memiliki kondisi tubuh yang tidak mudah mengalami penumpukan lemak pada sekitar mata. Alhasil, kantung mata tidak cepat mengendur. Meski begitu, penumpukan lemak pada mulut dapat bersifat dominan namun bermanfaat untuk menutupi garis-garis wajah.

3. Produksi kolagen yang lebih banyak

5 Fakta Ilmiah yang Menjelaskan Mengapa Orang Asia Terlihat Cutecosmo.ph

Kamu tentu mengetahui bahwa produksi kolagen pada kulit sangat menentukan penampilan wajah yang terlihat lebih muda atau sebaliknya. Tentu, produksi kolagen yang bersifat produktif akan memberikan keuntungan untuk kamu yang mendambakan kulit awet muda dan tampak menggemaskan.

Good news! Melansir dari soloops.com, kulit orang Asia, khususnya Korea Selatan, diketahui memproduksi kolagen dalam jumlah yang terbilang lebih banyak. Fakta ilmiah ini membuahkan manfaat yang meliputi proteksi kulit dari paparan sinar UV hingga mempertahankan kondisi kulit yang awet muda.

4. Melanin yang tinggi di bawah kulitnya

5 Fakta Ilmiah yang Menjelaskan Mengapa Orang Asia Terlihat Cutecosmo.ph

Ternyata, orang Asia dapat dikatakan cukup beruntung karena memiliki jumlah kolagen serta melanin yang tinggi di bawah kulitnya. Melanin itu sendiri merupakan pigmen warna yang terletak di bawah kulit dan memiliki peranan penting dalam memengaruhi warna kulit, rambut dan iris mata seseorang.

Tahukah kamu? Melansir dari CNN, jumlah melanin yang tinggi memberi perlindungan kulit terhadap sinar UV yang bersifat merusak. Dengan begitu, proses penuaan dini akibat paparan sinar UV-pun memiliki potensi yang rendah sehingga kulit wajah dapat mempertahankan penampilan yang awet muda.

5. Konsumsi makanan yang sehat

5 Fakta Ilmiah yang Menjelaskan Mengapa Orang Asia Terlihat CuteThekoreaherald.com

Salah satu hal yang paling menarik perhatian dari negara-negara di Asia adalah kultur dan budaya yang beragam. Tentu, ciri khas tersebut ditandai dari aneka ragam makanan yang kaya akan rempah-rempah dan pastinya, sehat. Menariknya, jenis makanan ini turut menentukan penampilan orang Asia.

Melansir dari Viraltalks, konsumsi makanan menghadirkan dampak yang memang berbeda untuk penampilan maupun usia tubuh secara fisik. Apabila makanan yang dikonsumsi cenderung meliputi sayuran berdaun hijau, bawang putih, terung, dan buah kering, maka kulit akan semakin sehat.

Sekarang, kamu sudah mengerti ya, mengapa orang Asia cenderung terlihat cute. Bangga, dong!

Baca Juga: Deretan Penyanyi Cewek Asia yang Punya Karya dan Gaya Nyentrik

Baca Juga: 5 Fakta Ilmiah Mengenai Psikopat, Beda Tipis dengan Orang Jenius?

Baca Juga: Nggak Banyak yang Tahu, 5 Artis Hollywood Ini Keturunan Indonesia!