Meski dikenal dengan drama dan film romantisnya yang sangat kental, bukan berarti industri hiburan Korea tak memiliki film bergenre thriller lho. Bahkan film-film horor Korea sering kali sangat seram sehingga membuatmu tak bisa tidur.

Seperti deretan film Korea berikut ini Bela. Mengangkat kisah pembalasan dendam, 9 film Korea sadis di bawah ini dijamin membuat kamu tak bisa bernapas saat menontonnya. Apa saja ya?

1. No Mercy (2019)

https://www.youtube.com/embed/XJ2ieDJutl8

No Mercy adalah film aksi Korea Selatan 2019 yang disutradarai oleh Im Gyeong-taek. Film ini menceritakan tentang kehidupan dua bersaudara bernama Park In-ae (yang diperankan oleh Lee Si-young) dan Park Eun-hye (yang diperankan oleh Park Se-wan). Sejak kedua orangtuanya meninggal, In Ae hidup berdua dengan Eun Hye. Keduanya saling bergantung satu sama lain. 

Suatu hari, Eun Hye menghilang. In Ae berjuang untuk menemukan Eun Hye dan berusaha balas dendam pada siapa saja yang bertanggung jawab atas hilangnya saudara perempuannya tersebut. Film ini dijamin bikin kamu tegang pada adegan In Ae menghukum para penculik adiknya.

2 Mourning Grave (2014)

https://www.youtube.com/embed/HbjYv8N_gP4

Selanjutnya adalah Mourning Grave. Merupakan film horor misteri Korea Selatan tahun 2014 yang dibintangi oleh Kang Ha-neul dan Kim So-eun. Film ini disutradarai oleh On In Chun dan mengangkat tema bullying yang membuat penonton terpaku dengan alur yang menakutkan sekaligus menyentuh.

Film ini menceritakan tentang seorang pemuda yang bernama In Soo (Kang Ha Neul) yang memiliki kemampuan untuk melihat hantu. Suatu hari In Soo kembali ke kampung halamannya dan bertemu hantu perempuan yang bernama Sae Hee. Hantu Sae Hee (Kim So-eun) merupakan hantu yang memiliki kepribadian ganda, hantu Sae Hee yang baik dan Sae Hee yang penuh dendam atas kasus bully yang telah menyiksanya hingga ia meninggal.

3. Missing You (2016)

https://www.youtube.com/embed/WRi9LRemnmE

Aksi balas dendam dalam film Korea tidak semua happy ending, sama halnya pada film Missing You yang bercerita tentang seorang anak bernama Hee-joo (Shim Eun-kyung) yang balas dendam atas pembunuhan ayahnya. Ayahnya merupakan seorang detektif yang mengerjakan sebuah kasus pembunuhan berantai. Pembunuh bernama Ki-bum (Kim Sung-oh) yang pada akhirnya ditangkap akan tetapi dinyatakan hanya bersalah dengan satu kasus pembunuhan.

Pada 15 tahun selanjutnya, Ki-bum dibebaskan dari penjara dan sementara itu detektif bernama Dae-young (Yoon Je-moon) yang bekerja pada kasus asli pembunuhan berantai bersama ayah Hee-joo, belum menyerah untuk menemukan fakta pembunuhan terhadap mantan rekannnya yaitu ayah Hee-joo. Sementara itu, Hee-joo telah menunggu dengan sabar menunggu pembebasan Kim-bum.

4. The Truth Beneath (2016)

https://www.youtube.com/embed/sMOyLx9YqhA

Selanjutnya, ada film yang diperankan oleh artis Seon Ye-jin. Film The Truth Beneath bercerita tentang sepasang suami istri yang mencari putri mereka yang telah diculik. Yeon-hong (Seon Ye-jin) merupakan istri dari Jong-chan (Kim Ju-hyeok), adalah seorang penyiar berita yang sedang mencalonkan diri untuk menjadi anggota dewan. 

Di tengah kesibukan dan gegap gempita kampanye, tiba-tiba putri mereka, Min-jin, hilang. Yeon-hong merasa panik dan menjadi emosional karena suaminya lebih mementingkan kampanye daripada memikirkan putrinya. Dalam film ini banyak sekali kejutan yang membuat kamu penasaran dan teka-teki yang sangat sulit untuk kamu tebak.

5. Missing (2016)

https://www.youtube.com/embed/JCDTwc_u78k

Missing adalah film misteri Korea Selatan tahun 2016 yang dibintangi oleh Uhm Ji-won dan Gong Hyo-jin. Film ini menceritakan tentang dua orang perempuan, Ji-sun (Uhm Ji-won) dan Han-mae (Gong Hyo-jin) yang sama-sama kehilangan anaknya. Ji-sun adalah seorang perempuan karier yang memiliki anak, Da-eun, yang dirawat oleh seorang pengasuh, yaitu Han-mae. Sementara itu, Ji-sun merupakan single parent yang sedang berusaha mendapatkan hak milik atas Da-eun dari mantan suaminya. 

Suatu ketika Da-eun hilang bersama sang pengasuh. Sang ibu mencari anaknya dengan menelusuri asal-usul dari Han-mae. Satu persatu fakta mulai terkuak. Han-mae ternyata merupakan nama samaran dari Kim Yeon, seorang ibu yang kehilangan bayinya karena sakit liver dan tidak mampu membayar biaya rumah sakit. Lalu diketahui juga bahwa Han-mae memiliki maksud terselubung ketika menawarkan diri sebagai pengasuh Da-eun, yaitu balas dendam.

6. Mother (2009)

https://www.youtube.com/embed/7r5Q0M7vvFk

Film Mother memperoleh banyak pujian dan penghargaan dari berbagai kritikus film dunia.  Mother adalah film drama Korea Selatan tahun 2009 yang disutradarai oleh Bong Joon-ho, dibintangi Kim Hye-ja dan Won Bin. Film ini sendiri mengisahkan tentang Hye-ja (Kim Hye-ja), seorang perempuan petani ginseng dengan kemampuan akupuntur dan telah hidup menjanda sekian tahun. Hye Ja saat ini Hidup bersama putranya bernama Do Joon yang berusia 28 tahun, ia mempunyai keterbelakangan mental yang membuatnya masih sering tidur di ranjang yang sama dengan ibunya. 

Pada suatu hari Do Joon dituduh sebagai pembunuh seorang gadis. Tidak terima putranya diperlakukan semena-mena, Hye-ja akhirnya menempuh segala cara untuk membebaskan putranya. Ada banyak hal yang di lakukan Hye-ja, seperti menghubungi beberapa pengacara yang terkenal di daerahnya, sampai mengumpulkan bukti-bukti bahwa sang anak tidak bersalah. Pada akhirnya, Hye-Ja berhasil mendapatkan jejak sang pembunuh gadis yang sebenarnya.

7. The Five (2013)

https://www.youtube.com/embed/bLxTug9iuEs

The Five adalah film horor thriller Korea Selatan 2013 yang ditulis dan disutradarai oleh Jeong Yeon-shik. Film ini diadaptasi berdasarkan webtoon yang berjudul The 5ive Hearts, yang pertama kali muncul di portal internet Daum pada April 2011. Film The Five Bercerita tentang Eun A (Kim Sun Ah) yang balas dendam atas kematian suami dan anak perempuannya.

Jae Wook (On Joo Wan) merupakan pembunuh berdarah dingin yang telah membantai suami dan anak perempuan Eun A, termasuk penyebab Eun A menjadi cacat. Usai kesembuhan Eun A, ia berencana balas dendam kepada Jae Woo dengan bantuan empat orang yang sedang memerlukan donor organ Eun A. Keempat orang tersebut dapat memiliki organ Eun A dengan satu syarat, jika berhasil membalas dendam kepada Jae Wook. 

8. The Villainess (2017)

https://www.youtube.com/embed/QrhHYH9NoJE

film ini bercerita tentang seorang perempuan pembunuh bernama Sook-hee (Kim Ok-bin), yang sejak kecil sudah dilatih untuk menjadi seorang pembunuh bayaran. Ia lalu direkrut menjadi agen intelijen, yang menjanjikannya kebebasan setelah 10 tahun bekerja. Namun, segalanya tidak menjadi terkendali saat seseorang dari masa lalu, tiba-tiba kembali ke kehidupannya dan membawa kembali masa lalunya yang kelam.

9. Sympathy For Lady Vengeance (2005)

https://www.youtube.com/embed/blAgspkgcZA

Film yang terakhir adalah Sympathy For Lady Vengeance. Film tersebut dibintangi oleh Lee Young-ae sebagai Lee Geum-ja, seorang perempuan yang dibebaskan dari penjara setelah menjalani hukuman untuk sebuah pembunuhan yang tak ia lakukan.

Selama dalam penjara, Geum Ja berbuat baik terhadap napi-napi lainnya. Ia selalu menolong napi-napi yang di-bully oleh para napi senior. Karena pertolongannya, Geum-Ja mendapat julukan "kind-hearted Geum Ja" artinya Geum-ja yang baik hati. Namun, sikap penolong Geum-ja bukan tanpa alasan. Sebab, ia berharap setelah keluar dari penjara, mereka bisa menolong Geum-ja untuk menyelesaikan balas dendamnya.

Bagaimana, penasaran dengan deretan film ini, Bela?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Sadis, 9 Film Korea tentang Pembalasan Dendam Seorang Wanita"

Baca Juga: Ini 9 Rekomendasi Film Horor Netflix yang Wajib Kamu Tonton

Baca Juga: Deretan Film dan Serial Original Netflix yang Rilis Bulan April 2020

Baca Juga: 9 Film tentang Perjuangan Melawan Pelecehan Seksual, Wajib Tonton!