Untuk Bela yang mempunyai hunian kecil, mungkin keinginan untuk memiliki banyak ruang yang fungsional di dalam rumah sangat sulit diwujudkan. Pasalnya, penggunan tembok untuk memisahkan ruang, cukup memakan tempat dan kurang efisien.

Sebagai solusinya, Bela bisa menggunakan sekat atau room separator untuk menciptakan ruangan yang diinginkan tersebut. Selain lebih murah, penggunaan sekat ini juga akan membuat rumah terkesan lebih tertata, fungsional dan juga mampu menciptakan keindahan.

Nah, spesial untuk Bela yang ingin memiliki ruangan dengan pembatas sekat estetis, intip 7 desain dan model sekat ruangan modern dan unik pilihan Popbela ini, yuk!

1. Sekat material besi

7 Desain Sekat Ruang Ini Mempercantik Ruang di Rumahmu Pinterest.com/Alibabab2b

Kalau rumahmu bergaya modern, penyekat dari material besi ini bisa jadi pilihan yang tepat. Penggunaan besi sebagai sekat dinilai lebih kokoh dibanding dengan material lainnnya. Dengan kekokohannya itu, kamu bisa membuat rak atau box untuk meletakkan ornamen-ornamen cantik. Selain itu, material besi juga lebih tahan lama dan perawatannya lebih mudah, lho.

2. Sekat cermin

7 Desain Sekat Ruang Ini Mempercantik Ruang di Rumahmu Pinterest.com/Inkarch

Enggak perlu diragukan lagi, penggunaan cermin memang bisa menciptakan kesan yang luas pada ruangan. Dengan begitu, cermin cocok banget nih, dijadikan sebagai pembatas ruangmu. Selain bisa menciptakan kesan yang luas karena seolah-olah tidak terdapat pembatasan ruang, cermin juga bisa memantulkan cahaya. Dengan cahaya yang terpantul tersebut, permainan tata lampu pun cukup minimal, sehingga budget pengeluaranmu untuk membayar listrik juga tidak membengkak.

3. Sekat batang bambu

7 Desain Sekat Ruang Ini Mempercantik Ruang di Rumahmu Pinterest.com/Civilengdis

Kalau kamu ingin menghadirkan kesan alami di rumah, maka penggunaan sekat dari bambu ini bisa jadi pilihan yang tepat, lho. Penggunan batang bambu ini harus dipersiapkan secara matang ya, karena proses pengerjaan dan pemilihan batang bambu yang sedikit rumit. Agar lebih estetis dan variatif, kamu bisa merancangnya dengan menyusun batang-batang bambu tersebut secara rapi ataupun acak dengan sudut kemiringan dan juga diamater yang berbeda. Desain ini cocok banget untuk rumah yang berkonsep oriental.

4. sekat wadah kayu

7 Desain Sekat Ruang Ini Mempercantik Ruang di Rumahmu Pinterestcom/Civilengdis

Inspirasi selanjutnya untuk menyekat ruang adalah dengan menggunakan wadah kayu. Wadah seperti ini bisa kamu susun menjadi lemari atau kabinet. Sesuaikan warna kayu dengan interiormu, ya. Namun, kalau kamu ingin kesan yang natural, maka biarkan wadah kayu tersebut sesuai dengan warna serta tekstur aslinya.

5. Sekat pipa paralon

7 Desain Sekat Ruang Ini Mempercantik Ruang di Rumahmu Pinterest.com/Decorationhq

Sekat yang satu ini cocok banget untuk kamu yang punya budget minim. Kamu bisa membuat sekat dengan mengkreasikan sisa pipa paralon. Kalau kamu mau membuat sekat yang rapat, gunakan pipa paralon yang berdiameter kecil. Namun, kalau kamu mau sekat ruangan yang lebih terbuka, kamu bisa menggunakan pipa paralon dengan diameter yang lebih besar. Supaya lebih variatif dan menghasilkan kesan ruangan yang modern serta dinamis, kamu bisa mengombinasikan dua pipa paralon dengan ukuran diamater yang berbeda.

6. Sekat tirai

7 Desain Sekat Ruang Ini Mempercantik Ruang di Rumahmu Pinterest.com/Eagleeye

Salah satu sekat yang sangat sederhana namun tetap fungsional adalah sekat tirai. Untuk membuatnya, kamu bisa mengombinasikan warna serta lapisan tirainya. Mulai dari tirai yang transparan hingga tirai berpola bisa kamu jadikan pilihan. Namun, kalau kamu ingin menciptakan kesan mewah, kamu bisa menggunakan tirai berpola sebagai sekat ruanganmu.

7. Sekat tumbuhan

7 Desain Sekat Ruang Ini Mempercantik Ruang di Rumahmu Pinterest.com/Heathernest

Selain besi dan kayu, kamu juga bisa menggunakan tumbuhan hidup sebagai sekat, lho. Kamu dapat memanfaatkan tanaman hidroponik sebagai sekat ruangan dengan membuat taman vertikal mini. Selain tampak menyegarkan ruangan, tanaman yang kamu pilih bisa bermanfaat untuk bahan makanan, deh!

Itulah beberapa desain dan model sekat ruangan modern dan unik pilihan Popbela. Kamu suka yang mana?

Baca Juga: 7 Desain Kreatif untuk Mengakali Kamar Mandi Kecil

Baca Juga: Bikin Khusyuk, Ini 7 Desain Musala Minimalis dalam Rumah

Baca Juga: 10 Desain Dapur Minimalis Dari Berbagai Tema Buat Pasutri Muda