Menjadi seorang pemimpin merupakan impian banyak orang. Namun, tak jarang, banyak dari mereka yang mengurungkan impiannya tersebut lantaran merasa tak memiliki karakter serta kemampuan dalam leadership atau memimpin. Nah, kalau kamu salah satunya yang mengira hal tersebut, maka kamu salah besar nih, Bela. Pasalnya, sebuah penelitian menunjukan bahwa karakter serta kemampuan leadership bukanlah hal yang dibawa oleh seseorang dari lahir melainkan sebuah hal yang bisa diciptakan, dibentuk, serta diasah. Oleh karena itu, untuk kamu yang ingin menjadi pemimpin, berlatihlah untuk menciptakan karakter kepemimpinan tersebut. 

Berbicara soal karakter, sebenarnya ada banyak karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Namun, dari banyaknya karakter tersebut, ada 5 karaker yang wajib dipunyai oleh seorang leader. Apa saja?

1. Integritas

Bukan Bos Tapi Leader, Ini 5 Karakter Dasar yang Harus DimilikiPinterest.com/Vogue Germany

Kalau kamu ingin menjadi seorang pemimpin, maka kamu harus memiliki integritas dalam diri. Integritas merupakan sebuah sikap yang konsisten atas prinsip, tindakan, dan nilai-nilai yang dimiliki dalam diri. Biasanya, orang yang berintegritas merupakan pribadi yang jujur dan memiliki karakter yang kuat. Seseorang yang berintegritas juga sangat sadar akan diri mereka sendiri dalam hubungannya dengan orang lain. Oleh karena itu, integritas menjadi poin utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. 

2. Bisa dipercaya

Bukan Bos Tapi Leader, Ini 5 Karakter Dasar yang Harus DimilikiPinterest.com/Fabiscaranzi

Pemimpin sejati ialah seseorang yang dapat dipercaya untuk melakukan hal yang benar. Pemimpin yang bisa dipercaya bukanlah pribadi yang manipulatif. Pemimpin tak akan membiarkan karyawannya untuk berada pada jalur yang salah. Seorang pemimpin yang dapat dipercaya ialah mereka yang mau mendengarkan dengan rendah hati, mau bertanggung jawab, serta bisa diandalkan dalam setiap pekerjaanya.

3. Kecerdasan emosional

Bukan Bos Tapi Leader, Ini 5 Karakter Dasar yang Harus DimilikiPinterest.com/Sporteluxe

Nggak hanya pintar secara intelektual, seorang pemimpin juga harus cerdas secara emosional. Kecerdasan emosional sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk memahami, mengidentifikasi, serta mengelola emosi dalam diri dan orang lain. Kecerdasan emosional sangat penting dimiliki oleh pemimpin karena kemampuan ini sangat membantu untuk menciptakan pola kerja yang efektif dan efisien.

4. Keterbukaan

Bukan Bos Tapi Leader, Ini 5 Karakter Dasar yang Harus DimilikiPinterest.com/Fabiscaranzi

Keterbukaan merupakan karakter penting yang harus dimiliki oleh pemimpin. Karakter ini menjadi penting karena semua hal genting akan terlalui dengan adanya keterbukaan. Semakin terbuka seorang pemimpin, maka akan semakin mudah bagi para anggotanya untuk menyampaikan opini atau ide. Hal ini yang membuat organisasi bisa terus tumbuh dan berkembang. 

5. Suka memotivasi

Bukan Bos Tapi Leader, Ini 5 Karakter Dasar yang Harus DimilikiPinterest.com/Parademag

Pemimpin yang baik ialah pemimpin yang bisa memberi contoh kepada anak buahnya. Nggak hanya itu, pemimpin yang baik juga akan selalu menularkan energi positif. Memotivasi orang lain merupakan salah satu bentuk energi positif yang patut dilakukan oleh pemimpin. Dengan memberikan motivasi, maka pemimpin tersebut secara tidak langsung memberikan semangat kepada anak buahnya untuk mencapai tujuannya. 

Baca Juga: Raih Posisi Kepemimpinan Ini 14 Quotes Inspiratif untuk Millennial

Baca Juga: Ini Lho Tipe Kepemimpinan yang Disukai Anak Muda

Baca Juga: Introvert Juga Bisa Jadi Pemimpin dengan Melakukan 7 Hal Ini