Iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia membuat banyak penghuninya merasakan beberapa pengaruh besar, termasuk salah satunya dalam hal membangunan rumah. Rumah yang dibangun di daerah beriklim tropis harus memerhatikan beberapa aspek. Tujuannya, agar tercipta hunian yang tak hanya mampu menyesuaikan suhu panas yang menjadi ciri dari iklim tropis, tetapi juga mampu menciptakan hunian dengan sirkulasi udara yang cukup sehingga terasa adem, Bela. 

Dengan sirkulasi udara yang lancar, maka penggunaan listrik akan lebih hemat, nih. Tidak perlu terlalu sering menggunakan pendingin ruangan, bukan? Selain itu, desain rumah tropis juga sangat cocok dikombinasikan dengan elemen alam, seperti penggunaan tanaman, untuk tampilan yang lebih sejuk dan estetis. 

Nah, untuk kamu yang ingin renovasi atau membangun rumah, nggak ada salahnya memilih desain tropis ini. Kalau kamu bingung dengan desainnya, berikut Popbela berikan 7 desain rumah tropis yang bisa menjadi inspirasi.

1. The Tangga House

Bikin Adem Mata, Ini 7 Inspirasi Desain Rumah Tropis yang Menyejukkan Dok. Archello.com

Desain pertama yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah desain karya dari Guz Architects ini. Terletak di Singapura, rumah ini memiliki jendela yang lebar disertai dengan kantilever yang lebar pula. Desain kaku jenis ini justru memberikan ruang untuk udara dan angin melintasi tiap ruang rumah. Manfaatkan pula atap kantilever sebagai taman untuk menambah kesejukan.

2. Bartlett Residence

Bikin Adem Mata, Ini 7 Inspirasi Desain Rumah Tropis yang Menyejukkan Dok. Sarcoarchitects

Terletak di Costa Rica, rumah karya SARCO Architects ini benar-benar menyesuaikan dengan iklim tropis. Hal ini bisa terlihat dari penggunaan atap jengki yang mampu membantu pembuangan air hujan secara lebih baik. Nggak hanya itu aja, struktur rumah yang satu ini juga sangat cocok dengan lingkungan tempat bangunan ini berdiri.

3. Distort House

Bikin Adem Mata, Ini 7 Inspirasi Desain Rumah Tropis yang Menyejukkan Dok. TWS & Partners via Architecture Art Designs

Penggunaan kayu pada desain rumah tropis yang satu ini terinspirasi dari gaya arsitektur Indonesia, lho. Selain itu, kayu yang digunakan juga mampu menghadirkan kesan tropis yang terlihat konvensional tetapi tetap terlihat elegan. Pemilihan cat putih yang mendominasi dinding, juga sangat pas dikombinasikan dengan elemen kayu. Sehingga, rumah terlihat cerah dan sangat nyaman untuk dihuni.

4. The Sun House

Bikin Adem Mata, Ini 7 Inspirasi Desain Rumah Tropis yang Menyejukkan Dok. Archiexpo

Masih karya dari Guz Architects, rumah yang satu ini juga bisa kamu jadikan inspirasi, nih. Dengan penggunaan konsep yang terbuka disertai dengan kisi kayu, rumah ini terlihat tampak jauh lebih elegan di balik nuansa tropis yang dimilikinya.

5. Minimalistic Open Walls

Bikin Adem Mata, Ini 7 Inspirasi Desain Rumah Tropis yang Menyejukkan Dok. Philip Johnson via Architecture Art Designs

Untuk kamu yang mempunyai lahan besar atau tinggal di pedalaman, maka desain yang satu ini bisa kamu masukkan ke dalam pilihanmu. Rumah yang didesain oleh Philip Johnson ini sangat cocok untuk kamu yang menjadikan rumah sebagai tempat berdiam diri dengan suasana yang damai serta santai. Untuk tembok, kamu juga bisa menggunakan kaca sehingga cahaya yang masuk pada siang hari akan lebih banyak dan akan menghemat penggunaan listrik.

6. Whiten Paradise

Bikin Adem Mata, Ini 7 Inspirasi Desain Rumah Tropis yang Menyejukkan Dok. Prestige Landscape Construction

Sering digunakan sebagai desain umum di komplek perumahan, desain yang satu ini nggak boleh diacuhkan, lho. Meskipun tampak biasa, tetapi apabila kamu bisa mengombinasikannya dengan tepat, maka desain rumah ini akan jauh lebih cantik. Sebagai saran, kamu bisa menggunakan tanaman hias perdu untuk memperindah desain yang monoton.

7. Chameleon House

Bikin Adem Mata, Ini 7 Inspirasi Desain Rumah Tropis yang Menyejukkan Dok. Daniel Koh via Architecture Art Designs

Desain karya Daniel Koh ini cocok banget untuk kamu yang ingin rumah serba terbuka. Penggunaan kaca dengan atap rumah tinggi akan membuat rumahmu semakin sejuk. Nggak hanya itu, pemilihan material batu alam untuk dinding yang berpadu dengan tanaman gantung, akan menambah eksotisme desain rumah.

Itulah beberapa desain rumah tropis yang bisa kamu jadikan inspirasi. Mana yang paling kamu suka?

Baca Juga: Hunian Rasa Alam, Ini 7 Ide Desain Rumah dengan Elemen Batu Alam

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Sederhana dengan Luas 36 Meter Persegi

Baca Juga: Ilusi Lebih Luas, Ini 7 Ide Desain Kamar Mungil dengan 2 Tempat Tidur