Mengelola keuangan memang bukan hal mudah, terutama kamu yang masih berusia 20an dan baru saja memasuki dunia kerja. Terkadang tak terasa uang di rekeningmu sudah habis tak tersisa dan tabungan pun hanya menjadi impian. Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan aturan 50-20-30 ketika mengatur keuanganmu. Tapi apa maksudnya, sih? Popbela akan jelaskan di bawah ini, jadi catat baik-baik, ya. 

Tahu, Nggak? Kamu Bisa Mengelola Uang dengan Aturan 50-20-30 yang Efektif!


Buat anggaran kebutuhan yang hanya menghabiskan 50% dari pemasukan yang kamu dapatkan. Jika ternyata tidak cukup, kamu harus bisa menggunakan siasat jitu lainnya seperti mengurangi anggaran transportasi dengan memilih menggunakan angkutan umum atau naik sepeda. Kamu juga harus pandai mengatur prioritas kebutuhan, mana yang bisa dipangkas. 

Tahu, Nggak? Kamu Bisa Mengelola Uang dengan Aturan 50-20-30 yang Efektif!


Menabung bukan lagi pilihan, tapi sebuah kewajiban. Itu lah yang harus kamu ingat! Kamu bisa menabung dalam bentuk investasi atau menabung di bank seperti biasa. Gunakan rekening yang berbeda agar kamu tak tergoda untuk mengambilnya. 

Tahu, Nggak? Kamu Bisa Mengelola Uang dengan Aturan 50-20-30 yang Efektif!


Tentu kamu punya banyak keingingan entah itu membeli barang-barang yang sedang tren, traveling, ataupun sekedar makan di tempat yang istimewa bersama teman-teman. Boleh saja, tapi pastikan itu tidak melebihi 30% dari total pemasukanmu. Kamu pun harus tegas pada dirimu sendiri, kalau bulan ini kamu membeli banyak barang, bulan depannya kamu harus puasa belanja dulu. Jadi kamu harus sudah membuat daftar dan perencanaan apa saja yang ingin kamu beli, ya. 

Bagaimana? Sudah siap memulai hidup baru dengan aturan 50-20-30 demi masa depan yang lebih baik? Mulai praktekkan dari bulan ini, ya! 

 

BACA JUGA: Hati-Hati! Media Sosial Bisa Hambat Kariermu. Perhatikan 5 Hal ini!