Kamu yang baru saja memulai bisnis pasti sekarang sedang sibuk-sibuknya mempromosikan produk barumu. Salah satu yang kamu pikirkan pertama kali pasti biaya untuk mempromosikan iklannya. Tapi jangan khawatir, ada kok cara-cara gratis untuk memperkenalkan produkmu ke khalayak luas. Yuk, simak caranya di bawah ini.

1. Berguna Banget, Ini Dia 10 Ide Mengiklankan Bisnis Baru Tanpa Biaya Sama Sekali

Internet marketing sekarang lebih menjanjikan dari apapun. Biayanya pun hampir tidak ada karena fitur-fitur gratisan masih tersedia. Memang kamu harus berusaha untuk mendapatkan follower. Jadi, undang teman-temanmu untuk bergabung di fanpage media sosial bisnismu atau buat konten-konten menarik yang bisa jadi viral.

2.Berguna Banget, Ini Dia 10 Ide Mengiklankan Bisnis Baru Tanpa Biaya Sama Sekali

Kamu tidak akan rugi! Jika produkmu memang menarik dan memiliki manfaat, maka orang yang kamu beri sampel akan menjadi advertiser gratisan yang bisa menyukseskan promosi bisnismu. Dari mulut ke mulut, kamu bisa mengiklankan bisnismu tanpa harus membayar mereka. Pastikan sampel yang kamu berikan memang produk terbaikmu, ya.

3.Berguna Banget, Ini Dia 10 Ide Mengiklankan Bisnis Baru Tanpa Biaya Sama Sekali

Kamu pasti punya teman yang terkenal entah itu di media sosial maupun dunia nyata. Cobalah meminta tolong pada mereka untuk menggunakan produk atau layanan bisnismu dan minta mereka mempublikasikannya di media sosial. Metode endorsement sering kali berhasil karena orang akan lebih percaya dengan produk baru pada orang lain yang sudah memakainya.

4. Berguna Banget, Ini Dia 10 Ide Mengiklankan Bisnis Baru Tanpa Biaya Sama Sekali

Jangan hanya dibuat, kamu pun harus menyebarkannya setiap bertemu orang baru. Perkenalkan dirimu dan sekilas tentang bisnismu, jangan menggunakan gaya MLM yang panjang dan membosankan. Kamu cukup jelaskan secara singkat dan katakan kamu senang bertemu dengan mereka. Kartu nama akan sangat berguna karena bisa memperluas jaringanmu.

5. Berguna Banget, Ini Dia 10 Ide Mengiklankan Bisnis Baru Tanpa Biaya Sama Sekali

Di sana kamu bisa mendengarkan diskusi dan pengalaman orang-orang yang sudah malang-melintang di bidangnya. Ambil pelajaran positif maupun negatifnya. Belajar dari kegagalan-kegagalan yang mereka alami lebih penting dibandingkan belajar tentang kesuksesannya saja. Biarkan pikiranmu terbuka untuk menerima segala informasi.

6. Berguna Banget, Ini Dia 10 Ide Mengiklankan Bisnis Baru Tanpa Biaya Sama Sekali

Jika ada kompetisi atau event yang berkaitan dengan bisnismu, jangan segan untuk ikut serta. Bisnismu akan lebih mudah dikenal setelah memenangkan sebuah kompetisi atau ikut serta dalam sebuah event besar. Ini bisa jadi ajang promosi gratis untuk memperbesar nama bisnismu selain kamu akan memperoleh pengalaman yang banyak.

7. Berguna Banget, Ini Dia 10 Ide Mengiklankan Bisnis Baru Tanpa Biaya Sama Sekali

Reseller akan menjadi tangan-tanganmu untuk melakukan promosi, mereka juga punya kepentingan untuk menyukseskan bisnis ini. Jadi akan sangat menguntungkan untukmu jika banyak reseller yang ingin bergabung menjadi bagian dari bisnismu ini. Berikan komisi yang layak pada mereka, terutama di awal agar tetap setia menjualkan produkmu.

8. Berguna Banget, Ini Dia 10 Ide Mengiklankan Bisnis Baru Tanpa Biaya Sama Sekali

Ini klasik, but it still works! Tentu kamu tahu kan bagaimana cara membuat diskon? Yang pertama kali pelanggan lihat adalah besaran diskonnya lebih dulu tanpa mempertimbangkan harga, jadi kamu bisa bermain disitu. Tapi antisipasi pelanggan yang jeli juga, jadi sebagai pebisnis baru kamu harus tetap memasang harga yang kompetitif.

9. Berguna Banget, Ini Dia 10 Ide Mengiklankan Bisnis Baru Tanpa Biaya Sama Sekali

Datanglah ke acara amal atau apapun yang ramai didatangi orang, lalu donasikan produkmu secara cuma-cuma di sana. Selain menunjukkan rasa sosialmu yang tinggi, orang-orang juga akan lebih mengenal produkmu sekaligus menaruh simpati pada bisnismu. Jadi jangan buru-buru memperhitungkan kerugian karena tidak ada pemasukan karena sebenarnya ada pemasukan, tapi dalam jangka panjang.

10. Berguna Banget, Ini Dia 10 Ide Mengiklankan Bisnis Baru Tanpa Biaya Sama Sekali

Jika kamu punya teman dengan usaha serupa dan bisnisnya sudah lebih besar, kamu bisa memperkenalkan produkmu melalui temanmu itu. Misalnya kamu berbisnis kue dan temanmu punya kafe yang sudah laris dan terkenal, titipkan saja beberapa jenis kuemu di kafenya untuk menunjang promosimu tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Sudah dapat inspirasi untuk memajukan bisnis yang baru kamu mulai? Jangan lupa ya Bela, setelah besar nanti buatlah sebuah komunitas untuk pelangganmu, semacam fans base agar ikatan kalian tetap terjaga. Good luck bisnisnya!

 

BACA JUGA: Begini Jadinya Hasil Kue Buatan Lulusan Arsitektur yang Beralih Jadi Pastry Chef