Ada sebuah ungkapan yang berbunyi bahwa gagal merencanakan sama saja dengan merencanakan kegagalan. Untuk itu, bagi kamu yang ingin memulai langkah dalam dunia bisnis, perencanaan adalah hal penting dan utama yang harus kamu persiapkan. Membuat perencanaan bisnis nyatanya tak serumit yang kamu bayangkan, kok. Kalau tak percaya, coba praktikkan 5 hal di bawah ini ya Bela!
 

5 Langkah Membuat Perencanaan Bisnis Masa Depan yang Menguntungkan

Dalam menyiapkan rencana bisnis, kamu harus tahu luar dalam bidang yang akan kamu geluti. Tahap pertama ialah menentukan jenis usaha apa yang akan  kamu jalankan. Ini tentu saja penting karena berkaitan dengan strategi selanjutnya. Jenis usaha dagang atau jasa tentu memiliki karakteristik dan strategi yang berbeda-beda. Mengetahui jenis usaha dan mendalaminya akan membuatmu fokus dalam memulainya.
 

5 Langkah Membuat Perencanaan Bisnis Masa Depan yang Menguntungkan

Setelah kamu mengenal dengan baik jenis usahamu, selanjutnya tentukan visi apa yang akan kamu raih. Visi bisa diartikan sebagai pandangan jauh tentang tujuan dan sasaran suatu usaha. Hal ini harus dimiliki oleh pebisnis skala besar hingga skala kecil. Visi yang jelas dibutuhkan agar nantinya tak kesulitan dalam merancang alur bisnisnya. Perencanaan bisnismu juga harus dibuat dengan bahasa dan kalimat yang mudah saja ya, supaya gampang dimengerti.
 

5 Langkah Membuat Perencanaan Bisnis Masa Depan yang Menguntungkan

Ini juga harus jelas, siapa target pasar produk yang kamu tawarkan. Seberapa besar jangkauan pasar yang akan kamu bidik lewat usahamu. Perhatikan juga kebutuhan konsumen yang ingin kamu hadirkan kalau produkmu hadir sebagai solusi untuk mereka. Kalau perencanaan bisnismu ditujukan untuk investor misalnya, maka kamu harus menyusun rencana bisnis itu dengan lebih serius, mendalam dan profesional. Tentu saja bahasa yang kamu gunakan juga harus disesuaikan dengan target.
 

5 Langkah Membuat Perencanaan Bisnis Masa Depan yang Menguntungkan

Selain mengenali jenis usahamu, kamu juga harus paham betul produkmu yang masuk ke dalam produk pengganti atau substitusi, produk mewah atau produk kebutuhan utama. Nah, soal keunikannya, silahkan bertanya pada dirimu sendiri. Kalau mau laku, ya produk yang kamu tawarkan harus punya keunikan. Kenapa konsumen harus percaya pada produkmu dan apa yang akan membuat mereka setia, harus kamu temukan dulu jawabannya.
 

5 Langkah Membuat Perencanaan Bisnis Masa Depan yang Menguntungkan

Media penjualan akan berguna untuk menjaring banyak konsumen. Kalau target pasarmu anak muda kekinian yang suka bersosialisasi di media sosial, maka kamu bisa menggunakan media sosial sebagai tempat promosi. Pun soal pembiayaan juga harus kamu pikirkan. Dari mana anggaran dan bagaimana skema untung ruginya. Tujuanmu bisnis untuk mencari uang kan?
 
Begitulah 5 langkah praktis dalam membuat perencanaan bisnis, Bela. Sudah tertarik untuk mencobanya?
 

BACA JUGA: Ingin Membuka Bisnis Tapi Masih Sibuk Kerja? Terapkan 5 Cara Ini