Berakhirnya tahun 2018 juga menjadi akhir untuk boygroup asal Korea Selatan, Wanna One berkarier. Berdasarkan pernyataan resmi dari agensi yang menaungi Wanna One, Swing Entertaiment, Wanna One nggak akan memperpanjang kontrak dan resmi bubar. Grup yang terbentuk dari acara Produce 101 ini sudah memiliki banyak penggemar dari sebelum debut mereka di pertangahan tahun 2017 lalu. Nggak heran jika banyak penggemar yang nggak mau Wanna One bubar, bahkan sampai membuat petisi.

Grup yang terdiri 11 anggota yaitu, Kang Daniel, Park Jihoon, Lee Daehwi, Kim Jaehwan, Ong Seongwu, Park Woojin, Lai Kuanlin, Yoon Jisung, Hwang Minhyun, Bae Jinyoung dan Ha Sungwoon. Mereka akan kembali ke agensi masing-masing dan akan berkarier sesuai kebijakan agensi asli mereka, apakah akan keluar sebagai boygroup lagi, penyanyi solo, atau sebagai aktor. Sebelum benar-benar ditinggalkan oleh Wanna One, yuk intip perjalanan karier mereka selama 1,5 tahun ini.

1. Awal Debut

Bubar di Akhir Tahun, Ini 7 Perjalanan Karier Wanna Onecreativedisc.com

Wanna One resmi debut pada tanggal 7 Agustus 2017 dalam showcase debut yang bertajuk “Wanna One Premier Show-Con”. Wanna One menjadi idol group Korea pertama yang mengadakannya di salah satu stadion terbesar di Korea, Gocheok Sky Dome yang berkapasitas 25 ribu orang.  Single debut yang berjudul “Energetic” langsung merajai berbagai tangga lagu Korea begitu dirilis.

2. Menjadi model berbagai brand

Bubar di Akhir Tahun, Ini 7 Perjalanan Karier Wanna Onejepretpress.wordpress.com

Popularitas Wanna One memang nggak perlu diragukan lagi. Wanna One terpilih menjadi model produk kecantikan, Innisfree khusus nya pada masker wajah ‘Jeju Volcanic Color Clay Mask’. Penjualan produk tersebut meningkat sebesar 300% terutama produk yang digunakan oleh salah satu anggota Wanna One, Ong Seong Woo ‘Baegopayo Pack’. Selain menjadi mode produk kecantikan, Wanna One juga menjadi model di antaranya softlens dan parfum. Hal itu menjadikan mereka mendapat predikat “Top Brand Value Among Kpop Boygroup” selama berbulan-bulan.

3. Aktif di acara tv

Bubar di Akhir Tahun, Ini 7 Perjalanan Karier Wanna Onetwitter.com/wannaone_th

Selain aktif dalam bermusik, Wanna One juga memiliki acara tv yang bernama “Wanna Go”. Wanna Go adalah acara tv yang mengisahkan tentang keseharian Wanna One hingga masa-masa liburan mereka.

4. Banjir Penghargaan

Bubar di Akhir Tahun, Ini 7 Perjalanan Karier Wanna Onetwitter.com/wannaone_twt

Wanna One telah mengantongi puluhan penghargaan musik dari menempati posisi pertama di acara musik seperti Show Champion dan M-Countdown, lalu untuk kategori penghargaan besar seperti Wanna One yang berhasil menang sebagai grup pendatang baru terbaik di lima acara penghargaan musik, dan yang baru-baru ini tercapai adalah mereka terpilih sebagai boygroup terbaik 2018 di acara penghargaan bergengsi Mnet Asian Music Awards 2018.

5. Tur Dunia

Bubar di Akhir Tahun, Ini 7 Perjalanan Karier Wanna Onetwitter.com/wannaone_twt

Nggak banyak grup Korea yang bisa melaksanakan tur dunia hanya dalam waktu satu tahun debut. Tetapi Wanna One menjadi salah satu grup yang melakukannya. Pada tahun ini mereka sudah mengadakan tur ke berbagai negara seperti Chicago, Melbourne, Atlanta, Hongkong, dan masih banyak lagi termasuk Jakarta. Wanna One sudah dua kali mengunjungi Indonesia dalam tur mereka.

6. Jadwal yang padat

Bubar di Akhir Tahun, Ini 7 Perjalanan Karier Wanna Oneyoutube.com

Popularitas nggak selalu membuat publik vigur bahagia. Ada kalanya mereka lelah dalam menjalani profesi tersebut. jadwal yang terlalu padat membuat mereka sulit untuk mendapat waktu istirahat yang cukup. Mereka harus mengunjungi banyak agenda dalam satu hari hingga larut malam atau bahkan hingga pagi lagi. Leader dari Wanna One, Kang Daniel pernah jatuh sakit akibat kelelahan hingga ia nggak bisa menjalani beberapa agenda sampai waktu yang cukup lama.

7. Good Bye, Wanna One

Bubar di Akhir Tahun, Ini 7 Perjalanan Karier Wanna Onetwitter.com/wannaone_twt

Pada tanggal 31 Desember mendatang, Wanna One resmi bubar dan akan mengadakan konser terakhir mereka di Korea pada bulan Januari 2019 selama dua hari. Wannable, sebutan bagi para penggemar Wanna One, pasti akan merasakan kehilangan dan rindu kebersamaan Wanna One.

Terima kasih Wanna One, semoga karier mereka tetap terang meski nggak lagi berkarier sebagai satu grup yang sama.

Baca Juga: Ini Alasan Wanna One Terkenal Banget Dalam Waktu Singkat