Di masa dengan mobilitas tinggi sekarang ini, apartemen menjadi hunian favorit kalangan millennial yang lebih banyak menghabiskan waktu di ibukota. Namun saat menyewanya, banyak yang nggak mengindahkan penawaran layanan asuransi apartemen. Padahal dilansir dari Refinery29, ini adalah kesalahan yang nggak boleh dilakukan oleh pemilik apartemen, lho!

Asuransi apartemen adalah layanan untuk melindungi benda-benda yang dimiliki pemiliknya. Ketika terjadi hal yang nggak diingkan pada hunian dan barang-barangmu yang ada di dalam, layanan ini dapat membantu meringankan masalah itu. Saat mendapatkan penawaran ini, jangan lupa memeriksa beberapa poin ini, ya.

1. Rencana perlindungan yang ditawarkan

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Mengambil Rencana Asuransi ApartemenUnsplash.com/Brandon Griggs
 

Rencana perlindungan standar dari sebuah asuransi apartemen adalah melindungi propertimu dari pencurian, vandalisme, atau kerusakan yang disebabkan api maupun banjir. Barang-barang milikmu yang berada di dalam dan di luar apartemen sejarak 100 meter masuk ke dalam perlindungan. Rencana ini sangat memudahkanmu kalau sedang berlibur, bahkan pindah dari apartemenmu yang sekarang ini.

2. Melakukan pemeriksaan inventaris

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Mengambil Rencana Asuransi ApartemenUnsplash.com/Eduard Militaru

Sebelum memutuskan mengambil rencana asuransi, lakukan pemeriksaan inventaris apartemen agar kamu tahu seberapa besar kisaran harga benda-benda milikmu, dan itu juga berpengaruh pada besaran asuransi yang akan kamu bayar. Jadi, mulai mendaftar benda-benda milikmu secara terperinci dan kisaran harganya, Bela.

3. Perlindungan kewajiban

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Mengambil Rencana Asuransi Apartemenunsplash.com/Grovemade

Sangat penting untuk double-check rencana asuransi termasuk peindungan kewajiban. Ini berarti kamu juga akan dilindungi secara finansial, bahkan jika seseorang terluka di tempat tinggal atau kamu secara nggak sengaja merusak apartemen sendiri. Kamu akan terlepas dari kemungkinan kehilangan batas perlindungan, bahkan jika ada klaim diajukan kepadamu.

4. Gadget bisa nggak terlindungi asuransi

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Mengambil Rencana Asuransi Apartemenunsplash.com/Sasha&Dasha Bakani

Sekali kamu mengajukan rencana asuransi, pastikan untuk memeriksa kontrak, apakah peralatan gadget turut terlindungi dalam pasal kerusakan yang nggak disengaja. Elektronik seperti smartphone, software, dan laptop, berada di bawah naungan perlindungan tambahan, yang memiliki batas asuransi lebih tinggi. Jadi, jangan hanya berasumsi kalau laptopmu sudah terlindungi, ya.

5. Hal yang sama berlaku pada perhiasan mahal

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Mengambil Rencana Asuransi Apartemenunsplash.com/beastydesign
 

Perhiasanmu umumnya tergolong dalam kategori barang pribadi dan masuk rencana asuransi, namun perlindungannya nggak terlalu signifikan. Jika menjaga benda berharga di apartemen, adalah pilihan yang bijak untuk membeli perlindungan tambahan untuk perhiasan, di mana kamu akan diberikan batas spesifik pada klaim perhiasan. Ini juga berlaku pada benda dengan harga tinggi seperti benda antik, collectibles, dan karpet.

Melewatkan asuransi apartemen sudah menjadi sebuah kesalahan yang nggak boleh dilakukan. Kalau kamu berencana mengambilnya, jangan lupa untuk mengecek poin di atas, ya!

BACA JUGA: Asuransi Nggak Melulu Hanya Bahas Soal Perlindungan Masa Depan, Cari Tahu 3 Fakta Menariknya Yuk!