Sepanjang tahun 2019, ada banyak bisnis atau usaha baru muncul serta berkembang. Sebagian di antaranya merupakan bisnis yang dirintis oleh artis Indonesia. Namun di tahun yang sama, beberapa bisnis artis mengalami kebangkrutan yang menyebabkan gulung tikar. Bisa kalian tebak, Bela, bisnis artis siapa saja yang tutup di tahun 2019?

Setelah mengamati dunia usaha para Artis, Popbela telah merangkum daftar usaha milik mereka yang telah tutup di tahun 2019. Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

1. Teh Manis Bali milik Tamara Bleszynski

Deretan Bisnis Kuliner Artis yang Bangkrut di Tahun 2019Instagram.com/Tehmanisbali

Mantan istri dari Mike Lewis ini telah terjun ke dunia bisnis dan menyasar usaha kuliner. Salah satu bisnisnya adalah warung makan bernama Teh Manis yang berlokasi di Jalan Batu Mejan, Echo Beach, Canggu, Bali. Warung makan ini menyajikan hidangan Nusantara dengan harga yang terjangkau. Nuansa tempat makan ini terbilang keren dan Instagram-able, disertai dengan pemandangan yang menyejukkan mata. Nggak heran jika Teh Manis ini jadi restoran yang wajib dikunjungi saat liburan ke Bali.

Namun sayangnya, pada tanggal 29 November 2019, Tamara mengumumkan secara resmi melalui akun Instagram pribadinya kalau Teh Manis tutup. Kabar ini sangat mengejutkan dan mengundang kesedihan banyak orang. Akan tetapi kabar baiknya, Teh Manis Bali telah buka kembali pada tanggal 17 Desember kemarin! Ibu dari 2 anak ini mengumumkannya di Instagram pribadinya dengan mengunggah video singkat. Wah, semoga Teh Manis sukses selalu, ya!

2. Kuenya Ayu milik Ayu Ting Ting

Deretan Bisnis Kuliner Artis yang Bangkrut di Tahun 2019Instagram.com/Kuenyaayu

Berdiri sejak tahun 2018, Kuenya Ayu merupakan salah satu dari sekian banyaknya bisnis kue artis yang sempat viral. Membuka cabang pertamanya di Bekasi, dilanjutkan dengan pembukaan berbagai kota di Jakarta dan sekitarnya. Toko Kue milik Ayu Ting Ting ini mendapat sambutan baik di kalangan para penggemar sang penyanyi dangdut. Namun, banyak juga yang memberikan ulasan kurang baik pada kuenya.

Akun Instagram resmi Toko Kuenya Ayu mulai berhenti mengunggah konten pada bulan Juli 2019. Diduga bisnis Ayu Ting Ting ini mengalami kebangkrutan. Sebab selain akun media sosial yang sudah nggak aktif, toko Kuenya Ayu mulai tutup satu per satu. Bagaimana menurutmu, Bela?

3. Roti Mama Nia milik Nia Ramadhani

Deretan Bisnis Kuliner Artis yang Bangkrut di Tahun 2019Instagram.com/Rotimamania

Nia Ramadhani turut bergabung dalam bisnis kue artis dengan membuka toko roti bernama Roti Mama Nia. Sayangnya, sejak awal pembukaan toko rotinya tersebut, Nia mendapatkan cibiran dari berbagai pihak, salah satunya berasal dari food blogger. Bahkan, cibiran itu menuai kontroversi karena beberapa food blogger memberikan ulasan kurang baik dengan kalimat yang frontal. Secara garis besar, ulasan itu berbunyi jika roti dari Roti Mama Nia memiliki rasa yang kurang sedap dan dibanderol dengan harga cukup mahal.

Selang setahun, toko Roti Mama Nia mulai menutup beberapa cabangnya. Nggak hanya itu, akun Instagram resmi bisnis ini mulai berhenti mengunggah konten per bulan Juli 2019. Karena hal ini, netizen menduga kalau bisnis Nia Ramadhani mengalami kebangkrutan.

4. Semarang WifeCake milik Chelsea Olivia

Deretan Bisnis Kuliner Artis yang Bangkrut di Tahun 2019Instagram.com/Semarangwifecake

Chelsea Olivia merupakan salah satu artis yang gemar membuka bisnis kuliner, dan salah satunya adalah Semarang WifeCake yang berlokasi di Semarang. Produk dari usaha ini adalah sebuah kue kombinasi pastry dan cheesecake yang hadir dalam beberapa rasa kekinian dan berbagai ukuran. Semarang WifeCake hanya memiliki satu cabang dan cukup terkenal di Jawa Tengah. Kuenya sendiri menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib untuk kamu bawa pulang.

Sayangnya, akun Instagram resmi Semarang WifeCake mengumumkan kalau toko akan tutup sementara waktu. Pengumuman itu diunggah pada awal tahun 2019 lalu. Banyak yang menduga jika toko kue ini sebenarnya tutup secara permanen karena mengalami kebangkrutan.

5. Princess Cake milik Syahrini

Deretan Bisnis Kuliner Artis yang Bangkrut di Tahun 2019Instagram.com/Bogorprincesscake

Toko kue Princess Cake milih penyanyi cetar Syahrini sempat viral beberapa tahun lalu. Digadang-gadang sebagai salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli saat berkunjung ke Bogor dan Bandung, toko kue ini selalu kebanjiran pembeli di seluruh cabangnya di kedua kota tersebut. Bisnis artis Syahrini ini dapat dibilang sukses di antara artis lainnya. Namun, kesukesan itu seakan tenggelam seiring berjalannya waktu.

Pasalnya, akun resmi Princess Cake Syahrini sama-sama nggak aktif lagi, baik Bogor maupun Bandung. Netizen menduga jika bisnis tersebut mengalami kebangkrutan sehingga tutup di tahun 2019.

6. Bosang Makassar milik Ricky Harun

Deretan Bisnis Kuliner Artis yang Bangkrut di Tahun 2019Instagram.com/Bosangmakassar

Warga Makassar pasti kenal dengan Bosang Makassar, ya? Ini merupakan kuliner artis milik Ricky Harun yang menjadi oleh-oleh wajib dibawa dari kota tersebut. Bosang sendiri merupakan bolu kekinian, kombinasi cheesecake dan pastry yang hadir dalam berbagai rasa menarik. Bosang Makassar mendapat sambutan hangat dari warga kota tersebut, sampai sempat habis dibeli saat awal pembukaan toko.

Namun, Bosang Makassar seakan meredup di tahun 2019. Terlebih akun Instagram resmi toko kue tersebut sudah nggak aktif lagi sejak bulan Juni 2019 lalu. Banyak netizen yang mengatakan jika bisnis kue artis milik Ricky Harun tutup dan menyayangkan kondisi ini.

7. Bakmi RN milik Raffi-Nagita

Deretan Bisnis Kuliner Artis yang Bangkrut di Tahun 2019Instagram.com/Bakmi.rn

Raffi-Nagita merupakan pasangan artis yang terjun bersama ke dunia bisnis. Ada banyak sekali usaha yang dibuka oleh kedua figur publik ini, mulai dari bisnis fashion sampai bisnis kuliner. Salah satunya yang sempat terkenal adalah Bakmi RN. Cabangnya telah buka di berbagai kota dan mendapat sambutan hangat. Banyak yang menyukai setiap menu yang dijual oleh Bakmi RN ini.

Namun kabarnya, Bakmi RN mulai menutup cabangnya satu per satu di tahun 2019 ini. Bahkan, akun Instagram resmi Bakmi RN sudah nggak lagi mengunggah konten sejak Juni 2019. Netizen ramai membincangkan hal ini dan menduga kalau bisnis Raffi-Nagita ini mengalami kebangkrutan.

Itulah daftar bisnis artis yang tutup di tahun 2019. Semuanya merupakan bisnis kuliner yang sempat viral. Ada juga yang kembali buka baru-baru ini. Bisnis artis mana lagi yang mengalami gulung tikar tahun 2019 menurut pandangan kamu, Bela?

Baca Juga: Ada Mantan Supir Angkot, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2019