Nggak hanya dapat diakses melalui smartphone, salah satu aplikasi chat terkenal, WhatsApp, juga dapat kamu akses melalui laptop atau PC. Dengan begitu, kamu nggak perlu bolak-balik melihat antara layar smartphone dan laptop ketika sedang chatting disela-sela waktu kerja. Cukup buka jendela WhatsApp pada layar komputer dan kamu dapat chatting dengan nyaman. Untuk mengakses aplikasi ini dari komputer, kamu memerlukan barcode. Bagaimana cara melihat barcode WhatsApp?

Barcode adalah sebuah cara yang dimiliki sistem tertentu untuk menunjukkan data yang dapat terbaca oleh mesin, dan salah satu cara membacanya adalah dengan memindai atau melakukan scan. WhatsApp memiliki barcode yang perlu dipindai agar kamu dapat mengakses aplikasi chatting itu pada komputer. Ini cara melihat barcode WhatsApp miliki kamu sendiri.

1. Akses aplikasi WhatsApp pada komputer. Kamu dapat install dengan mengunduh WhatsApp Web, atau mengaksesnya langsung melalui situs web.whatsapp.com.

Cara Melihat Barcode WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

2. Jika sudah meng-install aplikasi atau mengakses situs Web WhatsApp, kamu akan langsung menemukan barcode WhatsApp yang perlu kamu scan.

Cara Melihat Barcode WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

3. Ambil smartphone-mu dan buka aplikasi WhatsApp di dalamnya. Tekan ikon titik tiga pada pojok kanan atas di aplikasi WhatsApp.

4. Kemudian, pilih 'WhatsApp Web'. Aplikasi tersebut akan langsung membuka kamera belakang untuk memindai barcode.

Cara Melihat Barcode WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

5. Arahkan smartphone pada barcode yang terlihat di layar komputer. Pastikan kamera menghadap tepat pada barcode WhatsApp itu. Jika sudah terpindai sempurna, tunggu WhatsApp Web memproses data-datamu.

6. Jika sudah terpindai, WhatsApp Web akan memunculkan tampilan daftar chat yang sama seperti pada smarpthone-mu. Kamu sudah bisa chatting melalui WhatsApp di komputer! Bahkan, kamu bisa berkirim gambar, video dan dokumen kerja dengan temanmu melalui aplikasi ini. Kamu pun dapat chatting di WhatsApp Group kantor dengan lebih mudah.

Cara Melihat Barcode WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Inilah cara melihat barcode WhatsApp milikmu. Pastikan komputer memiliki koneksi internet yang stabil karena sama seperti pada smartphone, kamu perlu mengakses aplikasi chatting tersebut dengan koneksi internet.Jika ada gangguan koneksi internet, barcode WhatsApp nggak dapat muncul dan kamu nggak bisa login menggunakan WhatsApp Web.

Selain itu, pastikan kamera belakang pada smartphone dapat bekerja dengan baik. Sebab, scan barcode WhatsApp hanya dapat melalui kamera belakang. Nggak perlu kamera dengan resolusi tinggi, kok. Cukup aplikasi kamera bawaan dari hp yang nggak mengalami error dan dapat berfungsi dengan baik.

Setelah selesai menggunakan WhatsApp Web, kamu dapat logout untuk keluar dari akun WhatsApp milikmu. Jika ingin mengaksesnya kembali, cukup buka aplikasi atau situs Web WhatsApp dan pindai barcode-nya kembali.

Cara Melihat Barcode WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Namun kalau kamu terus mengakses WhatsApp melalui perangkat tersebut, dan komputer tersebut nggak diakses oleh orang lain, kamu nggak perlu logout dari akun WhatsApp milikmu. Jadi saat mengakses aplikasinya di komputer atau WhatsApp Web, akun chat-mu akan otomatis terbuka. Juga, kamu nggak perlu cara melihat barcode WhatsApp sendiri setiap kali ingin mengaksesnya.

Baca Juga: Cara Mudah Download Aplikasi WhatsApp di Laptop