WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan singkat yang paling banyak dipakai oleh seluruh masyarakat dunia. Baik untuk menjaga kehidupan pribadi dengan keluarga dan teman, membicarakan hal-hal profesional, hingga melakukan transaksi jual-beli, semua terjadi dan terhubung melalui WhatsApp. Namun, tahukah jika saat ini kamu bisa mengobrol menggunakan WhatsApp dengan cara yang lebih nyaman?

Jika kamu seorang pekerja yang berkutat dengan PC maupun laptop, akan sangat merepotkan jika harus berganti dari layar PC ke layar smartphone ketika ingin membalas WhatsApp. Tentu saja, kamu sebenarnya nggak boleh kelihatan "bermain hp" saat sedang kerja, bukan? Alternatifnya, kamu bisa mengakses WhatsApp melalui laptop dengan cara install WhatsApp Web. Apa itu dan bagaimana cara menggunakannya?

Pengertian dan Fungsi WhatsApp Web

Melansir dari Quora, WhatsApp Web merupakan versi aplikasi WhatsApp yang dapat diakses melalui komputermu. Pengembang WhatsApp memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk tetap dapat menerima dan mengirimkan pesan dari WhatsApp yang terpasang di komputer, dan itu tersinkronisasi penuh dengan aplikasi yang ada di smartphone. Jadi, kamu dapat melihat percakapan dari dua gawai secara bersamaan.

Selain berkirim pesan, kamu pun dapat mengirimkan data dalam bentuk apapun melalui WhatsApp Web, seperti gambar, video, bahkan dokumen kerja. Kamu dapat mengatur notifikasi jika ada pesan masuk dan jika kamu menonaktifkan fitur centang biru, peraturan yang sama juga berlaku pada WhatsApp Web-mu.

Cara Mengunduh dan Instalasi WhatsApp Web di Laptop

Jika ingin memasang aplikasi WhatsApp Web di komputer atau laptopmu, ada beberapa cara download WhatsApp di laptop dengan mudah. Simak langkah yang bisa kamu ikuti disini:

Cara Mudah Download Aplikasi WhatsApp di Laptop

1. Kunjungi situs resmi

Cara Mudah Download Aplikasi WhatsApp di Laptop

Kunjungi https://www.whatsapp.com/download/ dan temukan link untuk mengunduh aplikasi WhatsApp Web yang sesuai dengan gawaimu. Jika menggunakan Mac, klik link untuk mengunduh aplikasi yang kompatibel dengan Mac. Jika menggunakan Windows, klik link untuk mengunduh aplikasi yang bekerja untuk Windows. Ada dua pilihan, 64 bit dan 32 bit, pilih sesuai dengan kondisi spesifikasi komputer/laptop.

2. Klik WhatsApp.exe

Cara Mudah Download Aplikasi WhatsApp di Laptop

Setelah selesai mengunduh, klik WhatsApp.exe dan file tersebut akan memproses dan memunculkan tampilan barcode.

3. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone-mu, kemudian klik ikon titik tiga pada ujung kanan atas, dan pilih WhatsApp Web. Aplikasi akan mengakses kamera untuk memindai barcode di laptop/pc.

Cara Mudah Download Aplikasi WhatsApp di Laptop

4. Setelah scan sukses, WhatsApp Web akan terbuka dan memunculkan tampilan deretan chat yang sama seperti pada smartphone-mu. Kamu sudah bisa menggunakannya untuk berkomunikasi dengan lebih nyaman.

Cara Mudah Download Aplikasi WhatsApp di Laptop

5. Jika sudah selesai menggunakannya, kamu bisa klik ikon titik tiga pada bagian atas daftar chat, dan pilih "Log Out" untuk keluar dari aplikasi. Langkah ini penting kamu lakukan jika laptop yang digunakan bukan milik pribadi (milik kantor)

Cara Mudah Download Aplikasi WhatsApp di Laptop

Jika ingin menggunakannya lagi, cukup klik 2x pada ikon aplikasi WhatsApp Web di laptop dan ulangi langkah 4-5.

Alternatif selain mengunduh dan menginstal WhatsApp Web

Mungkin kamu nggak dapat menginstal WhatsApp Web di laptop karena gawai tersebut bukan milik pribadi. Namun jangan khawatir, kamu masih dapat mengakses dan menggunakan WhatsApp dari laptop, kok. Caranya sebagai berikut:

Cara Mudah Download Aplikasi WhatsApp di Laptop

1. Buka browser-mu, dan ketik web.whatsapp.com, lalu tekan 'Enter' pada keyboard. Kamu akan langsung masuk ke menu WhatsApp Web dan menemukan barcode yang siap di-scan.

Cara Mudah Download Aplikasi WhatsApp di Laptop

2. Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp dari smartphone-mu. Klik ikon titik tiga pada ujung kanan atas, dan pilih WhatsApp Web. Arahkan kamera belakang untuk memindai barcode.

Cara Mudah Download Aplikasi WhatsApp di Laptop

3. Setelah sukses memindai, WhatsApp Web akan terbuka dan menampilkan deretan chat seperti yang ada pada hp-mu.

Cara Mudah Download Aplikasi WhatsApp di Laptop

4. Jika sudah selesai menggunakan WhatsApp Web, klik klik ikon titik tiga pada bagian atas daftar chat, dan pilih "Log Out" untuk keluar dari akun WhatsApp-mu.

WhatsApp Web pada dasarnya memiliki fitur yang sama seperti yang kamu lihat melalui hp. Bahkan, terasa lebih nyaman karena kamu dapat menggunakan shortcut keyboard untuk membalas pesan, seperti copy-paste jika ada teks yang panjang harus kamu ketik dan kirimkan pada teman! Lebih mudah, bukan? Kamu dapat meng-install WhatsApp Web di laptop, atau membukanya melalui browser. Keduanya tergantung pada kebutuhan dan kondisi laptop yang kamu gunakan.

Itulah cara download aplikasi WhatsApp di laptop yang bisa dengan mudah kamu coba. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: Cara Membuat Akun WhatsApp Tanpa Beli Nomor Baru