Bumi semakin tua, alam semakin rapuh, hewan kehilangan tempat tinggal dan pepohonan nggak punya tempat untuk berakar. Jika isu lingkungan ini dibiarkan, akan memengaruhi keberlangsungan kehidupan manusia. Karena itu, kita perlu melestarikan dan melindungi alam yang memberi kehidupan.

Kesadaran mencintai alam ini sangat dirasakan oleh artis Indonesia yang ternama ini. Bahkan, sebagian di antaranya mewujudkan perasaan itu dengan aktif mengikuti gerakan atau komunitas perlindungan alam. Siapa saja?

1. Nadine Chandrawinata

Inspiratif! 7 Artis Indonesia yang Aktif dalam Kegiatan Melestarikan Alaminstagram.com/nadinelist

Perempuan yang baru saja sah menjadi istri dari Dimas Anggara ini sering terlihat bermain di alam bebas, tepatnya di pantai dan laut. Bukan tanpa sebab, kecintaannya pada alam telah tumbuh dalam dirinya sejak dini. Ia pernah membentuk gerakan ramah lingkungan bernama Sea Soldier pada tahun 2015. Gerakan ini ditujukan untuk mengajak masyarakat melestarikan keanekaragaman hayati di bawah laut. Sebelumnya, Nadine pernah aktif dalam gerakan Lingkungan Hidup Kita Hijau pada tahun 2009.

2. Hamish Daud

Inspiratif! 7 Artis Indonesia yang Aktif dalam Kegiatan Melestarikan Alaminstagram.com/hamishdw

Terkenal memiliki jiwa petualang, Hamish Daud memiliki ketertarikan pada lingkungan laut. Aktor sekaligus suami dari penyanyi Raisa ini turut aktif bergerak mengampanyekan Indonesia Ocean Pride, menggalakkan kesadaran masyarakat luas pentingnya menjaga laut serta ekosistem yang hidup di dalamnya.

3. Tasya Kamila

Inspiratif! 7 Artis Indonesia yang Aktif dalam Kegiatan Melestarikan Alaminstagram.com/tasyakamila

Mantan penyanyi cilik yang baru saja menyelesaikan pendidikan S2 ini pernah ditunjuk sebagai duta peduli lingkungan, loh! Ia pernah turun langsung ke sebuah kegiatan untuk menanam pohon Trembesi di sekitar jalur Pantura. Selain itu, ia juga merintis Green Movement, yayasan nirlaba yang bergerak di bidang lingkungan, mimpi yang selalu ia ingin wujudkan.

4. Joe Taslim

Inspiratif! 7 Artis Indonesia yang Aktif dalam Kegiatan Melestarikan Alaminstagram.com/joe_taslim

Jago akting, atlet bela diri, aktor Joe Taslim pun selalu memerhatikan isu-isu lingkungan yang selalu berkembang setiap harinya, khususnya pada pelestarian hewan yang perlu dilindungi. Pria kelahiran Palembang, 23 Juni 1981 ini sendiri menaruh perhatian pada Harimau Sumatera, spesies yang hampir punah karena adanya pihak nggak bertanggung jawab melakukan penjualan bagian tubuhnya secara ilegal. Ia kemudian dinobatkan sebagai Sumatera Tiger Warrior oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada tahun 2004. Kabarnya, Joe pernah terjun langsung ke situs harimau di kawasan hutan Bukit Rimbang Baling, Riau.

5. Nadya Hutagalung

Inspiratif! 7 Artis Indonesia yang Aktif dalam Kegiatan Melestarikan Alaminstagram.com/nadyahutagalung

Artis, model, sekaligus pembawa acara ini memiliki gaya hidup yang ramah lingkungan, yaitu mengurangi penggunaan plastik yang susah diuraikan oleh alam. Dengan gerakan kecil dari dirinya sendiri, Nadya membantu menjaga kelestarian alam di sekitarnya. Ibu dari tiga anak ini pun pernah diangkat sebagai duta Earth Hour untuk WWF Singapura, mengajak masyarakat negara itu untuk mematikan listrik selama satu jam demi hemat energi.

6. Nicholas Saputra

Inspiratif! 7 Artis Indonesia yang Aktif dalam Kegiatan Melestarikan Alamtribunnews.com

Sama seperti Joe Taslim, aktor Nicholas Saputra juga menaruh perhatian khusus pada isu lingkungan, terutama keadaan hewan-hewan yang dilindungi. Ia sendiri sering terlihat menjelajah di alam dan menghabiskan waktu bersama hewan favoritnya, Gajah. Dalam akun Instagram miliknya, Nicholas cukup sering berada di wilayah konservasi gajah dan aktif melakukan hal itu sejak tahun 2005. Salah satu wilayah konservasi yang ia pernah kunjungi adalah Gajah Tangkahan di Sumatera Utara.

7. Nugie

Inspiratif! 7 Artis Indonesia yang Aktif dalam Kegiatan Melestarikan Alaminstagram.com/temanbaiknugie

Seakan memang menjadi wujud kepeduliannya pada alam dan kehidupan, penyanyi Nugie sering mengangkat tema itu ke dalam lirik laginya. Drummer dari grup band The Dance Company ini juga pernah dinobatkan sebagai Duta WWF untuk Penyelamatan Hiu dan Ekosistem Laut. Selain itu, pria ini juga aktif menggalakkan gerakan diet kantong plastik dan bersepeda untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Kesibukan di dunia hiburan nggak menghalangi perhatian dan niat mereka untuk selalu bergerak melindungi alam. Semangat mereka bisa jadi inspirasi yang patut dicontoh, Bela!

BACA JUGA: Deretan Artis Perempuan yang Patut Dijadikan Role Model dalam Hidup Kamu