Jujur saja, hal yang sulit dari mengelola gaji atau pendapatan adalah mengatur pengeluaranmu sendiri. Niatnya ingin menabung, tapi penghasilanmu selalu habis sebelum sempat menyisihkannya. Bahkan terkadang, kamu nggak tahu ke mana saja uang itu pergi. Sepertinya kemarin baru belanja sebesar ini, kenapa habisnya sebanyak itu? Hmm....

Besar pasak daripada tiang nggak akan membuat kehidupanmu lebih sejahtera dari sebelumnya, Bela. Kamu nggak dapat menabung untuk persiapan masa depanmu, sulit untuk menghabiskan pendapatanmu untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, dan nggak dapat membuat kemajuan untuk keadaanmu sendiri. Tapi jangan khawatir. Kamu bisa mengelola pendapatan dan pengeluaranmu dengan aplikasi pengatur keuangan ini.

1. Monefy

Biar Nggak Boros, Coba Install 8 Aplikasi Keuangan Ini

Aplikasi keuangan Monefy memberikan kemudahan untuk mengatur keuanganmu. Dengan tampilan yang sederhana, kamu dapat mengelola fitur sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu dapat membuat akun berbeda untuk kategori-kategori tertentu jika ada pemisahan uang atau pendapatan, mencatat perpindahan uang antar kategori itu, serta mengelompokkan pengeluaran sesuai dengan kategorinya (seperti makanan, tagihan, liburan, dan sebagainya). Aplikasi Monefy juga akan membuat persentase pengeluaran sehingga kamu dapat melihat besaran pengeluaran dari setiap kategori sesuai dengan periode yang kamu inginkan.

Kamu dapat mengunduh aplikasi Monefy secara gratis, atau menggunakan fitur premium yang dikenakan biaya.

2. Money Lover

Biar Nggak Boros, Coba Install 8 Aplikasi Keuangan Ini

Jika lebih suka mencatat pengeluaran secara harian, mungkin kamu mau mencoba aplikasi Money Lover. Sama seperti aplikasi pengatur keuangan pada umumnya, kamu dapat mengelompokkan pengeluaranmu pada kategori yang berbeda. Namun uniknya, kamu dapat menjadikan aplikasi Money Lover sebagai pembuatan budget-mu sendiri. Kamu dapat mencatat pemasukan dan menganalisis pengeluaran sesuai dengan periode yang diminta. Kamu dapat mengunduhnya secara gratis atau menggunakan versi premium jika menginginkan fitur lebih tanpa batas.

3. Finansialku

Biar Nggak Boros, Coba Install 8 Aplikasi Keuangan Ini

Selain mencatat pengeluaran dan pemasukan, aplikasi Finansialku memiliki fitur ‘rencana keuangan’. Jadi, kamu dapat membuat perencanaan anggaran untuk keperluan tertentu, seperti pendidikan, liburan, dan membeli kendaraan. Cukup mengisi data mengenai barang yang ingin kamu beli atau keperluan yang sedang disiapkan, aplikasi Finansialku akan menghitung total biaya yang akan kamu butuhkan dan mencatat perkembangan tabunganmu untuk menggapai keinginanmu.

Kamu dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis. Jika ingin menggunakan versi berbayar, kamu memiliki kesempatan untuk berkonsultasi dengan konsultan keuangan secara online. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang sedang menyiapkan keuangan untuk masa depanmu.

4. Wallet

Biar Nggak Boros, Coba Install 8 Aplikasi Keuangan Ini

Keunggulan dari aplikasi keuangan Wallet adalah fiturnya yang dapat tersambung dengan rekening bank milikmu. Jadi, kamu dapat menjaga dan mengelola uang dalam tabunganmu setiap saat. Wallet telah tersambung dengan beberapa bank ternama di Indonesia. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot lagi mencatat transaksi perbankan secara manual. Selain itu, aplikasi Wallet menyediakan fitur yang memudahkanmu untuk membuat daftar belanja dan tagihan bulanan. Kesemua data itu dapat kamu ekspor ke dalam berbagai jenis file dengan fitur cloud sync. Kamu pun dapat membuat perencanaan keuangan jika sedang berencana membeli sesuatu.

Aplikasi ini menawarkan fitur gratis dan fitur premium yang dapat kamu bayar setiap bulan atau sekali untuk seumur hidup.

5. UangKu

Biar Nggak Boros, Coba Install 8 Aplikasi Keuangan Ini

Aplikasi buatan dalam negeri ini meghadirkan fitur yang memudahkanmu untuk menargetkan nominal tabungan dan besaran pengeluaran setiap bulan. Uangku juga dapat menghitung batas maksimal pengeluaranmu setiap periode yang kamu tentukan. Bagi kamu yang baru saja mulai belajar mengatur keuangan, aplikasi buatan dalam negeri ini cocok untuk kamu.

6. Mint

Biar Nggak Boros, Coba Install 8 Aplikasi Keuangan Ini

Aplikasi Mint memberikan fitur all-in-one di dalamnya. Kamu dapat mengatur rekening bank, tagihan bulanan, serta dapat mengelompokkan budget-mu ke dalam beberapa kategori berbeda. Keseluruh data tersebut akan aplikasi ini tampilkan dalam bentuk bagan atau grafik yang mudah dibaca. Jadi, kamu dapat mengetahui kategori yang menjadi pengeluaran terkecil dan terbesarmu. Uniknya, aplikasi Mint juga akan mengirimkan notifikasi jika ada pengeluaran atau tagihan yang membengkak!

7. My Finance

Biar Nggak Boros, Coba Install 8 Aplikasi Keuangan Ini

Dengan aplikasi My Finance, kamu dapat merencanakan budget untuk kebutuhan masa depanmu, mengatur tagihan, mengelola beberapa akun berbeda, dan melihat riwayat transaksi secara lengkap. Semua fitur dapat kamu gunakan dengan mudah dan terbaca dengan jelas karena dikemas dengan warna-warna menarik.

8. TemanBisnis

Biar Nggak Boros, Coba Install 8 Aplikasi Keuangan Ini

Khusus untuk kamu yang fokus dalam mengatur keuangan bisnis, mungkin patut mencoba aplikasi TemanBisnis. Dalam aplikasi ini, kamu dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran yang terjadi dalam usahamu. Kamu pun dapat mengelompokkan uang tersebut ke dalam beberapa kategori berbeda untuk memudahkan pelacakan transaksi. Aplikasi TemanBisnis pun menghadirkan fitur yang membantumu mencatat transaksi kredit.

Karena didesain untuk pebisnis, aplikasi ini memiliki fitur penghitungan laba-rugi, utang-piutang, dan pertumbuhan kas. Selain itu, TemanBisnis menyediakan konten edukatif mengenai pengelolaan bisnis. Jadi bagi kamu yang baru saja memulai usaha, coba unduh aplikasi ini.

Masih banyak lagi aplikasi pengatur keuangan yang dapat kamu unduh secara gratis di Google Play Store maupun iTunes App Store. Jika kesulitan membuat pencatatan keuangan bulanan secara manual, mungkin ini saat yang tepat bagimu mencoba bantuan aplikasi keuangan ini, Bela.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Menguras Uang dan Sebaiknya Kamu Hentikan Sekarang