Dengan fitur stiker dan lokasi yang beragam, dapat dilihat secara real-time dan kronologis, serta nggak mengganggu estetika timeline pribadi, menjadikan Instagram Story—atau yang biasa disingkat menjadi Insta-story jadi 'tempat' yang paling sering digunakan untuk mengunggah foto maupun video. Adanya efek dan teknik pengambilan video yang unik juga membuat unggahan jadi lebih menarik.

Namun jika berniat untuk membuat Insta-story jadi lebih seru dan beragam, kamu bisa menggunakan aplikasi third-party yang tersedia di Play Store maupun App Store. Ada lebih banyak stiker, font, dan template desain yang ditawarkan! Mengutip dari Refinery29, ini 6 aplikasi terpilih yang bisa kamu coba.

1. Adobe Spark Post

6 Aplikasi Rekomendasi Buat Instagram Story Jadi Lebih Keren!

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam template yang bisa disesuaikan dengan gaya Insta-story milikmu. Mulai dengan memilih template, tekan 'remix', dan ubah semuanya (foto, palette warna, tata letak, dan efek animasi). Jika sudah selesai, langsung bagikan ke akunmu. Minusnya, aplikasi ini hanya tersedia di App Store, Bela.

2. Ripl

6 Aplikasi Rekomendasi Buat Instagram Story Jadi Lebih Keren!

Aplikasi ini dirancang untuk digunakan oleh pemilik bisnis atau brand, namun kamu dan semua orang bisa menggunakannya, kok. Tekan tombol (+) di bagian bawah layar dan tekan opsi yang berada di tengah untuk memilih ukuran foto yang ingin diunggah. Ketik teks dan pilih gambar yang ingin digunakan. Dari sini, kamu bisa mengubah jenis huruf, mengganti warnanya, dan memilih sendiri animasinya. Kamu pun bisa menambahkan musik. Jika sudah selesai, siap diunggah, deh! Kamu dapat menemuka aplikasi non-berbayar ini di Play Store dan App Store.

3. Hype Type

6 Aplikasi Rekomendasi Buat Instagram Story Jadi Lebih Keren!

Aplikasi yang hanya tersedia di App Store ini bekerja seperti Snapchat. Buka aplikasinya dan kamu akan masuk ke menu kamera. Jika ingin mengambil gambar dari galeri foto, geser ke atas untuk melakukannya dan pilih gambar yang ingin kamu unggah. Kemudian pilih jenis animasi huruf yang ingin kamu gunakan untuk menghiasi gambarmu. Setelah selesai, kamu siap membagikannya ke Insta-story.

4. Over Edit & Add Text to Photos

6 Aplikasi Rekomendasi Buat Instagram Story Jadi Lebih Keren!

Aplikasi bernama Over ini bisa kamu temukan di App Store, Bela. Over memiliki beragam jenis quote dan kalimat inspirasi yang bisa kamu gunakan untuk menghiasi fotomu. Kamu bisa memilih foto, template, grafik, jenis huruf, atau kanvas kosong. Jangan lupa membagikannya ketika sudah selesai!

5. Lumyer

6 Aplikasi Rekomendasi Buat Instagram Story Jadi Lebih Keren!

Aplikasi bernama Lumyer ini menggunakan filter augmented reality untuk menambah animasi seperti kembang api atau hati yang bertaburan pada gambarmu. Kelemahan dari aplikasi non-berbayar ini adalah nggak adanya pilihan desain vertikal, sehingga gambar nggak akan terlihat sepenuhnya saat diunggah di Insta-story. Namun, kamu masih bisa menyesuaikan ukurannya saat sudah masuk ke menu Insta-story. Oh, aplikasi ini tersedia di Play Store dan App Store.

6. Typorama

6 Aplikasi Rekomendasi Buat Instagram Story Jadi Lebih Keren!

Keunggulan aplikasi ini adalah desain huruf yang terlihat profesional. Saat membuka aplikasinya, kamu dapat memilih pengaturan Instagram Story untuk mendapatkan ukuran gambar yang sesuai. Kemudian, pilih jenis huruf dan pilih gambar yang ingin kamu unggah. Dalam aplikasi yang tersedia di App Store ini, nggak ada pilihan animasi, namun desain huruf yang berkualitas tinggi sudah cukup membuat gambarmu jadi lebih menarik.

Yuk, buat Insta-story milikmu jadi lebih seru dan menarik untuk dilihat teman-teman. Jika berencana menjadi selebgram atau content creator, aplikasi-aplikasi ini layak untuk kamu coba, Bela!

BACA JUGA: 5 Aplikasi Smartphone untuk Pasangan yang Bikin Pacar Makin Sayang