Nama Aghniny Haque seakan nggak asing lagi di jagat hiburan Indonesia. Perempuan kelahiran 8 Maret 1997 ini telah membintangi beberapa film layar lebar populer sejak 2018 silam, membuatnya masuk ke dalam jejeran artis pendatang baru yang cukup sukses. Bisa sebutkan film-film yang pernah dibintanginya?

Kamu baru mendengar atau hanya sekadar tahu nama? Kalau begitu, mari berkenalan lebih lanjut dengan Aghniny di artikel ini. Psst, perempuan bergaya tomboy ini dulu merupakan atlet nasional, lho!

1. Sebelum jadi aktris, Aghniny adalah atlet Taekwondo

7 Fakta Perjalanan Karier Aghniny Haque, dari Atlet Jadi AktrisInstagram.com/Aghninyhaque

siapa sangka jika perempuan berusia 22 tahun ini rupanya seorang atlet beladiri nasional. Benar, Aghniny merupakan seorang atlet Taekwondo terlatih dan menjadi bagian dari Timnas Taekwondo sejak tahun 2011. 

Aghniny pernah mempersembahkan medali perunggu untuk Indonesia dari pertandingan di SEA Games 2013 dan medali emas dari pertandingan Islamic Solidarity Games (ISG) 2013. Namanya sendiri pernah masuk peringkat enam besar dunia, lho. Jadi, jangan macam-macam dengan Aghniny, ya!

2. Cedera dan dalam masa penyembuhan

7 Fakta Perjalanan Karier Aghniny Haque, dari Atlet Jadi AktrisInstagram.com/Aghninyhaque

Sayangnya, Aghniny mengalami cedera yang membuatnya harus beristirahat sejenak dari dunia beladiri. Perempuan asal Semarang ini mengalami cedera pada kedua lututnya. Lutut kirinya mengalami robek meniskus, sedangkan lutut kanannya mengalami robek anterior cruciate ligament (ACL). Ia pun didegradasi dari pelatnas pada tahun 2016. Aghniny harus menjalani perawatan untuk sembuh jika ingin kembali berlaga.

3. Beralih profesi menjadi aktris

7 Fakta Perjalanan Karier Aghniny Haque, dari Atlet Jadi AktrisInstagram.com/Aghninyhaque

Karena sedang dalam masa penyembuhan, Aghiny mencoba menyibukkan dirinya dengan beralih profesi menjadi seorang aktris, sebuah dunia baru bagi dirinya. Latar belakangnya sebagai atlet beladiri membawanya ke casting untuk film laga komedi berjudul Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 atau 212 Warrior. Ternyata, Aghniny lolos casting dan mendapatkan peran sebagai Rara Murni. Film tersebut tayang pada bulan Agustus 2018.

4. Karier di dunia seni peran terus berlanjut

7 Fakta Perjalanan Karier Aghniny Haque, dari Atlet Jadi AktrisInstagram.com/Aghninyhaque

Film pertama Aghniny adalah Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212, dan itu nggak menjadi film terakhir, masyarakat Indonesia melihat bakat seni peran dirinya. Setelah itu, Aghniny mendapat banyak tawaran untuk bermain film layar lebar, sinetron di televisi, dan sebagainya Setelah bermain film, Aghiny bermain di sinetron Rhoma Irama: Cinta dan Do'a yang tayang di Indosiar tahun 2018. Dalam sinetron ini, Aghniny berperan sebagai Hilda.

Kemudian, ia pernah diundang menjadi bintang tamu dalam program acara Waktu Indonesia Bercanda yang ditayangkan di NET. Episode dirinya tersebut tayang pada tahun 2018 silam.

5. Bermain 3 film di tahun 2019

7 Fakta Perjalanan Karier Aghniny Haque, dari Atlet Jadi AktrisInstagram.com/Aghninyhaque

Tahun 2019 seakan menjadi momen baik untuk Aghniny. Pasalnya, Aghiny mendapatkan lebih banyak tawaran untuk bermain film layar lebar, menandakan jika bakatnya sudah dilirik oleh para sineas Indonesia. Pada tahun 2019, Aghniny main dalam 3 film layar lebar  populer, yakni Taufiq: Lelaki yang Menentang Badai yang disutradari oleh Ismail Basbeth, Wedding Arrangement yang disutradarai oleh Archie Hekagery dan Habibie & Ainun 3 yang disutradari oleh Hanung Bramantyo.

Pada film Taufiq: Lelaki yang Menentang Badai, Aghniny berperan sebagai Megawati Soekarnoputri. Sedangkan dalam film Wedding Arrangement, Aghniny berperan sebagai Sarah, perempuan yang menjadi kekasih dari pemeran laki-laki utama bernama Bian (diperankan oleh Refal Hady). Lalu pada film Habibie & Ainun 3, Aghniny mendapatkan peran sebagai Arlis, salah satu kawan dari kampus Ainun semasa muda.

6. Aghniny turut bermain teleseri

7 Fakta Perjalanan Karier Aghniny Haque, dari Atlet Jadi AktrisInstagram.com/Aghninyhaque

Nggak hanya disibukkan dengan bermain di layar lebar, Aghniny juga mendapat tawaran untuk bermain di televisi seri di tahun 2019. Ia bermain dalam sebuah televisi seri berjudul Detektif Cinta yang tayang di NET. Pada televisi seri ini, Aghniny berperan sebagai Vita Pramesti.

7. Sudah ada 2 film yang akan tayang 2020

7 Fakta Perjalanan Karier Aghniny Haque, dari Atlet Jadi AktrisInstagram.com/Aghninyhaque

Lalu, bagaimana karier Aghiny di dunia hiburan tahun 2020? Tenang saja, sudah ada bocorannya, kok! Aghniny akan bermain di salah satu film layar lebih berjudul KKN di Desa Penari yang rencananya akan tayang bulan Maret 2020. Film ini bercerita tentang kegiatan KKN (kuliah kerja nyata) sekumpulan mahasiswa di salah satu daerah di Jawa Timur pada tahun 2009. Ini merupakan kisah nyata yang dipublikasikan sebelumnya melalui cuitan akun Twitter @SimpleM81378523 alias “SimpleMan”.

Nggak hanya itu! Kabarnya Aghniny turut bermain di film berjudul Generasi 90an Melankolia. Bersama Ari Irham, keduanya akan menjadi pemeran dalam film yang diangkat dari salah satu buku karya Marchella. Film ini dijadwalkan tayang pada tahun 2020.

Saat ini, perempuan yang sering dibilang mirip Putri Marino ini disibukkan dengan kariernya yang melesat di dunia hiburan. Namun, Aghniny mengaku merindukan kehidupan sebagai atlet Taekwondo. Perempuan muda ini pun masih menyimpan rasa penasaran pada film laga. Semoga ke depannya kita bisa menyaksikan Aghniny di film laga maupun di lapangan pertandingan, ya!

Baca Juga: #IAMREAL: Kepercayaan Diri dan Makeup di Mata Aghniny Haque