Zaman dahulu, ada beberapa bidang pekerjaan yang didominasi oleh kaum wanita. Sebut saja tenaga pendidik, ibu rumah tangga, atau sekretaris. Yang kamu bayangkan pasti sosok wanita, kan? Sementara itu laki-laki berada di ranah seperti teknik sipil, industri, atau perbankan. Nah, seiring berjalannya waktu, kita kira tren pekerjaan yang didominasi oleh jenis kelamin tertentu ini akan lenyap juga. Pekerjaan apa pun akan bisa dikuasai laki-laki dan perempuan secara seimbang. Tapi kenyataannya dalam era modern yang katanya sudah mencicipi emansipasi wanita ini, ada pekerjaan-pekerjaan yang baru bermunculan karena perkembangan zaman dan didominasi oleh jenis kelamin tertentu. Yuk, lihat apa saja bidang kerjanya berikut ini. 

 

1. Wow, Ini Dia 5 Bidang Pekerjaan Modern yang Paling Banyak Digeluti Wanita

Wanita dianggap lebih pandai berkomunikasi dan mendengarkan. Selain itu, wanita juga dinilai punya kemampuan verbal dan persuasi yang lebih baik dari laki-laki. Bahkan penelitian yang dilakukan oleh Public Relations Society of America membuktikkan bahwa jumlah wanita di Amerika Serikat yang bekerja dalam bidang ini mencapai 73 persen dibanding laki-laki. 

 

2. Wow, Ini Dia 5 Bidang Pekerjaan Modern yang Paling Banyak Digeluti Wanita

Perusahaan cenderung mencari staf atau manajer personalia berjenis kelamin perempuan. Ini karena adanya anggapan bahwa wanita lebih pengertian dari laki-laki. Selain itu, wanita juga dipercaya memiliki kepekaan dan empati yang lebih kuat. 

 

3. Wow, Ini Dia 5 Bidang Pekerjaan Modern yang Paling Banyak Digeluti Wanita

Kualitas yang dicari dari seorang staf atau manajer media sosial perusahaan antara lain adalah keluwesan, perhatian untuk detail, komunikasi yang baik, imajinasi, dan kreativitas. Banyak yang beranggapan kualitas-kualitas ini secara alamiah sudah dimiliki oleh wanita. Wanita dilihat mampu berinteraksi dengan netizen dan menyampaikan pesan-pesan perusahaan secara efektif. 

 

4. Wow, Ini Dia 5 Bidang Pekerjaan Modern yang Paling Banyak Digeluti Wanita

Banyak yang bilang bahwa hidup sebagai seorang customer service itu harus banyak sabar. Selain menerima keluhan dan komplain, kamu juga harus menjelaskan berbagai langkah atau prosedur yang cukup rumit pada dari pembeli atau pengguna ketika mau menyelesaikan suatu masalah. Nah, karena wanita pada umumnya lebih sabar dari laki-laki, jadilah pekerjaan ini didominasi oleh kaum Hawa. 

 

5. Wow, Ini Dia 5 Bidang Pekerjaan Modern yang Paling Banyak Digeluti Wanita

Mengekspresikan diri lewat tulisan dan kata-kata sepertinya menjadi cara favorit wanita dalam mengutarakan pikirannya. Kalau laki-laki biasanya bicara secara lugas dan tidak bertele-tele, beberapa wanita cenderung berpikir dengan lebih kompleks dan menarik. Itulah mengapa kebanyakan nama yang kamu lihat terpampang di berbagai toko buku adalah nama perempuan.

Bagaimana dengan bidang pekerjaanmu, Bela? Apakah masih didominasi oleh kaum laki-laki? Atau sama rata? Ingat ya, apa pun pekerjaanmu, lakukanlah dengan penuh semangat dan dedikasi. 

 

BACA JUGA: Terbalik dengan Indonesia, Di Negeri Asing Profesi ini Gajinya Justru Besar