Karyawan yang suka berganti-ganti pekerjaan atau berpindah-pindah kantor akan dianggap tidak berkomitmen atau tidak setia. Tapi itu dulu, Bela. Zaman sekarang, di mana generasi milenium atau mereka yang lahir di tahun 80 dan 90an ramai-ramai memasuki dunia kerja, tren di dunia kerja sudah jauh berubah. Supaya kamu lebih yakin apakah tren ini pantas kamu coba, silakan catat empat alasan ini! 

1. Berganti-ganti pekerjaan bisa membuatmu berkembang lebih cepat

Tren Baru di Dunia Kerja yang Bisa Kamu Coba: Ganti Pekerjaan Setiap 3 Tahun!lifewiththemovies.blogspot.com

Pekerjaan baru selalu menuntutmu untuk mempelajari ilmu dan kemampuan baru secara cepat. Kamu akan menjadi seorang fast learner yang lebih cepat beradaptasi dan mengembangkan diri. Patty McCord, mantan manajer personalia untuk Netflix, mengatakan bahwa mereka yang sering berganti-ganti pekerjaan sering berada di luar zona nyaman mereka dan hal ini baik untuk melatih kemampuan mereka berinovasi. 

2. Kamu akan memberikan usahamu yang terbaik bagi perusahaan 

Tren Baru di Dunia Kerja yang Bisa Kamu Coba: Ganti Pekerjaan Setiap 3 Tahun!

cinemablographer.com

Karena waktumu dalam sebuah perusahaan akan cenderung singkat, tentunya kamu lebih termotivasi untuk meninggalkan kesan bahwa kamu adalah seseorang yang kompeten dan profesional. Kalau kamu memilih bekerja pada sebuah perusahaan untuk waktu yang lama, kamu akan lebih santai dalam perjuanganmu mencapai goal-mu. Berbeda ketika kamu hanya akan 'mampir' sebentar, kamu pasti bekerja lebih giat supaya pada saat kamu meninggalkan perusahaan tersebut, kamu telah berhasil mencapai tujuanmu. 

3. Mereka yang bekerja lebih dari dua tahun di sebuah perusahaan cenderung digaji lebih sedikit

Tren Baru di Dunia Kerja yang Bisa Kamu Coba: Ganti Pekerjaan Setiap 3 Tahun!thecurlyecho.wordpress.com

Menurut Forbes, kalau kamu bekerja di perusahaan yang sama selama lebih dari dua tahun, kamu akan mendapat penghasilan 50% lebih sedikit dibanding mereka yang berganti-ganti pekerjaan. Angka ini didapatkan dari jumlah akumulasi gaji yang kamu peroleh seumur hidupmu. Kalau kamu punya banyak pengalaman berkat berpindah-pindah kerja, kamu jadi punya kekuatan dan alasan yang solid untuk meminta gaji yang besar. 

4. Kamu bisa bertahan dalam situasi apa pun 

Tren Baru di Dunia Kerja yang Bisa Kamu Coba: Ganti Pekerjaan Setiap 3 Tahun!inessentials.com

Penelope Trunk, penulis dan pebisnis sukses, berpendapat bahwa dengan berganti-ganti pekerjaan, kamu akan melatih kemampuanmu mendapatkan pekerjaan secara cepat. Berbeda ketika kamu bekerja terlalu pada sebuah perusahaan, kamu jadi sangat bergantung pada pekerjaanmu itu. Jika suatu saat kamu harus meninggalkan perusahaan tersebut karena alasan apa pun, akan sulit bagimu untuk kembali bersaing dan bertahan di lingkungan yang baru. 

Itu dia alasannya kenapa kamu harus mencoba berganti pekerjaan setiap tiga tahun. Kamu tertarik nggak, Bela? Beritahu Popbela tentang pendapatmu, ya! ​

 

BACA JUGA: 3 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Nggak Dapat Cuti Akhir Tahun