Apakah kamu sudah punya ide cemerlang untuk memulai usahamu dan menjadi entrepreneur sejati? Kalau sudah, Popbela salut sekali dengan visimu! Paling tidak kamu berhasil menapaki satu langkah menuju kesuksesan. Langkah selanjutnya? Jalankan misi dan siap eksekusi! Eits, jangan terburu-buru, Bela. Memangnya kamu sudah seratus persen yakin idemu ini siap diwujud nyatakan? Sebelum kamu langsung terjun dan mengandalkan peruntunganmu, lebih baik kamu cek dulu di sini apakah idemu sudah siap dieksekusi. 

 

1. Sudah Punya Ide untuk Bisnismu? Cek Dulu di Sini Apakah Sudah Siap Eksekusi!

Menjalankan usaha sendiri itu tak main-main lho, Bela. Meskipun nanti kamu akan mendapat banyak bantuan dan merekrut karyawan, penting bagimu untuk menguasai segala bidang dalam usahamu tersebut. Misalnya, pembukuan, manajemen sumber daya, public relations, hingga produksi. Kamu bisa mencari pengalaman dengan bekerja untuk perusahaan yang serupa dengan bisnismu atau memperhatikan kompetitormu.

 

2. Sudah Punya Ide untuk Bisnismu? Cek Dulu di Sini Apakah Sudah Siap Eksekusi!

Kalau sudah punya pengalaman, apakah kamu sudah cukup mengantongi ilmu yang diperlukan? Apakah kamu tahu harga yang tepat bagi produk atau jasa yang akan kamu tawarkan? Seperti apa kondisi pasar di kotamu atau di Indonesia saat ini? Ide saja tak cukup untuk membangun bisnis yang stabil, Bela. 

 

3. Sudah Punya Ide untuk Bisnismu? Cek Dulu di Sini Apakah Sudah Siap Eksekusi!

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang sudah kamu miliki, apakah kamu sudah tahu apa saja yang kamu butuhkan dan cara mendapatkannya? Misalnya, apakah kamu sudah punya vendor untuk menyuplai produkmu? Bagaimana dengan modal usahamu? Apakah kamu sudah sanggup menggaji karyawan tetap? Kamu harus tahu secara spesifik berapa uang yang bisa kamu alokasikan untuk setiap keperluan. 

 

4. Sudah Punya Ide untuk Bisnismu? Cek Dulu di Sini Apakah Sudah Siap Eksekusi!

Meskipun kamu menganggap idemu luar biasa, kamu harus memastikan orang lain juga beranggapan demikian. Jangan sampai sudah terlalu semangat tapi kamu tak bisa mencari investor karena orang lain menganggap idemu terlalu tinggi dan kurang bisa diwujudkan. 

 

5. Sudah Punya Ide untuk Bisnismu? Cek Dulu di Sini Apakah Sudah Siap Eksekusi!

Mungkin idemu ini sangat berguna pada masa ini. Tapi perhatikan dan pikirkan baik-baik, lima tahun ke depan apakah orang-orang masih membutuhkan barang atau jasa yang kamu sediakan? Atau idemu ini sekadar memenuhi tren sesaat? Banyak lho, usaha yang gagal karena idenya tidak berjangka panjang. 

 

Bisakah kamu menjawab lima pertanyaan di atas dengan mantap? Kalau iya, berarti kamu sudah siap merealisasikan mimpimu selama ini. Selamat berjuang dan semoga berhasil, Bela!