Bagi wanita, menjadi sukses dan berhasil dalam karier merupakan prestasi yang sungguh tak ternilai. Pasalnya, dalam dunia karier saat ini masih banyak yang menganut budaya patriarkat, di mana laki-laki lebih berkuasa dalam bidang publik seperti pekerjaan, pemerintahan, dan budaya. Lalu bagaimana caranya agar wanita bisa memecahkan kurungan tersebut dan mengukir prestasi dalam kariernya? Kamu si wanita karier harus mengantongi dulu sembilan hal berikut ini. Yuk, baca terus sampai bawah. 

 

1. Kamu si Wanita Karier, Jangan Harap Bisa Sukses kalau Belum Punya 9 Hal Ini

Kalau bicara soal kerja keras, siapa pun bisa melakukannya. Bahkan hewan pembantu manusia seperti kerbau dan kuda pun bisa bekerja keras. Lalu apa yang membedakan kamu dengan pekerja lainnya? Keyakinan! Kalau kamu percaya bahwa apa yang kamu lakukan ini bukan sekadar pekerjaan, namun sebuah usaha untuk membuat hidup manusia lebih mudah dan berkualitas, dijamin kariermu akan melesat seperti anak panah. 

 

2. Kamu si Wanita Karier, Jangan Harap Bisa Sukses kalau Belum Punya 9 Hal Ini

Wanita itu sudah terbukti tangguh, Bela. Secara fisik dan emosional, kita mendapat cukup banyak tekanan dan masih bertahan. Popbela percaya bahwa setiap wanita itu lahir dengan secercah kegigihan. Namun, kamu sendiri yang harus memilih apakah kamu mau menumbuhkannya atau justru membiarkannya mati begitu saja. 

 

3. Kamu si Wanita Karier, Jangan Harap Bisa Sukses kalau Belum Punya 9 Hal Ini

Seorang wanita perlu ketegasan saat bekerja agar tak dianggap remeh oleh siapa pun. Tunjukkan bahwa kamu memiliki kepercayaan diri dan kecakapan dalam bekerja. Ramah memang wajib, tapi jangan sampai kamu jadi terlalu baik di kantor karena kamu sendiri yang rugi nantinya. 

 

4. Kamu si Wanita Karier, Jangan Harap Bisa Sukses kalau Belum Punya 9 Hal Ini

Teliti dan berhati-hatilah dalam setiap pekerjaanmu. Perhatikan setiap detail. Ingat, kinerja yang baik itu bukan dinilai dari satu proyek yang berhasil kamu selesaikan saja. Tapi dari setiap tugas-tugas kecil yang kamu kerjakan tiap harinya, mulai dari penulisan e-mail, pembuatan proposal, hingga mengatur jadwal agar agendamu tidak saling bertabrakan. Maka, selalu berikan yang terbaik dan teliti lagi pekerjaanmu.  

 

5. Kamu si Wanita Karier, Jangan Harap Bisa Sukses kalau Belum Punya 9 Hal Ini

Jangan hanya mengambil keputusan berdasarkan emosi sesaat atau nafsu yang menggebu-gebu. Sebagai wanita dalam dunia karier yang budayanya masih kental dengan dominasi laki-laki, kita harus memasang strategi sebijak mungkin. Kalau harus memutuskan, tenangkan dulu pikiranmu dan mintalah waktu. Tentu lebih penting keputusan yang tepat daripada sekadar cepat, kan? 

 

6. Kamu si Wanita Karier, Jangan Harap Bisa Sukses kalau Belum Punya 9 Hal Ini

Di era modern ini, wanita bebas memilih jenis pekerjaan apa pun yang mereka mau, tanpa batasan. Mau jadi penerbang, teknisi, kontraktor, dokter, musisi, koki, ibu rumah tangga, atau pebisnis semua bisa dijalani. Yang paling penting adalah passion-mu. Jangan jadikan pekerjaanmu sebagai momok dan sekadar pemberi upah, tapi bekerjalah pada bidang yang kamu cintai sehingga setiap bangun pagi kamu dipenuhi semangat dan energi. 

 

7. Kamu si Wanita Karier, Jangan Harap Bisa Sukses kalau Belum Punya 9 Hal Ini

Jatuh itu pasti. Masalah itu tak bisa dihindari. Terimalah hal ini sebagai suatu fakta dan kumpulkan nyalimu untuk gagal dan terjatuh. Kamu sendiri pasti sudah tahu, yang penting bukanlah berapa kali kamu gagal, tapi berapa kali kamu bangkit dari kegagalan dan berani mengambil risiko yang berbuah sangat manis. 

 

8. Kamu si Wanita Karier, Jangan Harap Bisa Sukses kalau Belum Punya 9 Hal Ini

Di dunia yang penuh kebohongan dan manipulasi, suara yang jujur dan murni adalah permata langka yang didambakan banyak orang. Jadi meskipun terkadang kebenarannya menyakitkan, kamu harus tetap menyuarakan kejujuran demi kebaikan bersama. 

 

9. Kamu si Wanita Karier, Jangan Harap Bisa Sukses kalau Belum Punya 9 Hal Ini

Jangan cepat puas dengan apa yang sudah kamu dapatkan sekarang. Cari tahu apa lagi yang bisa kamu lakukan bagi dunia ini. Keluarlah dari zona nyamanmu dan lihat apa yang ditawarkan dunia untukmu. Hanya dengan cara inilah kamu bisa terus belajar dan mengembangkan diri. 

 

Bagaimana, Bela? Dari sembilan kemampuan di atas, berapa yang sudah kamu kantongi? Masih adakah yang ingin kamu miliki selain sembilan hal tadi? Ceritakan pada Popbela ya, di bagaian komentar!