Untuk kamu yang sudah lulus SMA atau sarjana strata satu, mungkin sempat terbesit di pikiranmu untuk melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya. Ide ini tentunya sangat menggiurkan, sampai kemudian langkahmu terhenti karena kamu ragu-ragu. Popbela paham bahwa kamu yang punya mimpi besar bisa menuntut ilmu ke luar negeri kadang jadi takut untuk melangkah karena tidak percaya diri. Entah karena alasan finansial atau akademis.

Padahal, kalau kamu tak pernah mencoba, dari mana kamu bisa tahu hasilnya duluan? Buktinya banyak sekali lho orang-orang yang ketika kuliah S1 kurang menunjukkan performa akademis yang menakjubkan, namun tetap berhasil juga mendapat kesempatan studi ke luar negeri tanpa mengeluarkan uang sepeser pun! Maka kali ini Popbela mau menantang kamu untuk menguji batasan diri. Beranikah kamu mendaftarkan diri ke tujuh lembaga penyedia beasiswa resmi di bawah ini? Langsung klik pada logo beasiswa untuk mencari informasi lebih lanjut, ya!  

 

1. Jangan Takut untuk Apply Beasiswa ke Luar Negeri! Lihat Daftar Penyedianya Dulu Saja, Yuk

Program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan Indonesia ini terbuka lebar bagi kamu yang memiliki keinginan memajukan negara dengan menuntut ilmu setinggi-tingginya. Jangan takut dengan proses seleksi yang ketat karena LPDP membuka empat gelombang setiap tahunnya sehingga kamu pun punya banyak kesempatan untuk mendaftar! Kerennya lagi, LPDP akan mendanai secara penuh seluruh biaya pendidikan dan akomodasi selama studimu. Tunggu apa lagi sih, Bela?

 

2. Jangan Takut untuk Apply Beasiswa ke Luar Negeri! Lihat Daftar Penyedianya Dulu Saja, Yuk

Beasiswa Chevening sangat cocok untuk kamu yang mengincar Britania Raya sebagai tempat tujuan studimu. Program ini sendiri diatur langsung oleh pemerintah Britania Raya dengan kerja sama dengan berbagai universitas terkemuka di sana, jadi kamu tak perlu khawatir lagi dengan reputasi atau birokrasinya. 

 

3. Jangan Takut untuk Apply Beasiswa ke Luar Negeri! Lihat Daftar Penyedianya Dulu Saja, Yuk

Seluruh proses seleksi dan pemberian beasiswa Fulbright diatur oleh AMINEF, lembaga rekanannya di Indonesia. Beasiswa ini dibentuk sebagai wujud kerja sama pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia, jadi kamu tak usah ragu lagi dengan penyelenggaranya. Selain itu, Fulbright juga menawarkan banyak sekali jenis beasiswa sesuai dengan kebutuhan dan jurusanmu. 

 

4. Jangan Takut untuk Apply Beasiswa ke Luar Negeri! Lihat Daftar Penyedianya Dulu Saja, Yuk

Nah, buatmu yang bermimpi sekolah di Jepang, ayo segera bangkit dari tempat tidur dan daftarkan dirimu di Monbukagakusho. Beasiswa yang ditawarkan oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia ini terbuka untuk berbagai macam tingkat pendidikan, lho. Mulai dari D2 (diploma) sampai dengan S3 (sarjana strata tiga)! 

 

5. Jangan Takut untuk Apply Beasiswa ke Luar Negeri! Lihat Daftar Penyedianya Dulu Saja, Yuk

Beasiswa yang satu ini ditawarkan langsung oleh pemerintah Australia untuk siapa pun yang tertarik untuk menimba ilmu di negeri kangguru. Jangan takut dengan kesempatan yang terbatas karena setiap tahunnya Australia Awards membiayai sekitar lima ratus pelajar Indonesia untuk mengenyam pendidikan di sana. Kamu bisa jadi salah satu dari ratusan siswa berbakat yang berpeluang menikmati kuliah gratis di Australia, lho. Tertarik tidak, Bela? 

 

6. Jangan Takut untuk Apply Beasiswa ke Luar Negeri! Lihat Daftar Penyedianya Dulu Saja, Yuk

Jika dari dulu kamu ingin sekali belajar sampai ke Jerman, inilah kesempatan emasmu! DAAD menawarkan berbagai jenis peluang studi mulai dari summer school hingga studi S3. DAAD sendiri adalah bentuk kerjasama pemerintah Indonesia dengan Kementerian Pendidikan Tinggi Jerman.  

 

7. Jangan Takut untuk Apply Beasiswa ke Luar Negeri! Lihat Daftar Penyedianya Dulu Saja, Yuk

Kalau Jerman bukan negeri impianmu, mungkin Belanda adalah tempat tujuanmu. Untukmu yang tertarik sekolah ke negeri kincir angin dan tulip ini, kamu bisa mencoba StuNed. Program beasiswa ini juga terwujud sebagai bentuk kerja sama pemerintah Belanda dan Indonesia. 

 

Bagaimana, Bela? Sudah siap mengambil keputusan dan segera berangkat mengejar pendidikan? Ingatlah bahwa di usiamu yang masih muda ini, kamu harus membuka diri terhadap berbagai pengalaman positif. Jangan biarkan keraguan dan rasa tidak percaya diri menghalangi mimpi besarmu. Percaya deh Bela, tahun ini adalah saat yang tepat untuk mewujudkan harapanmu!